Kok Tuhan Bisa Mati?

21 Desember 2018

Sebenarnya saya sudah sering bahas akan hal ini, tapi karena ini pertanyaan berulang, maka saya buatkan saja artikelnya biar kalau ada yang tanya tinggal saya kasih link ini saja. Pertanyaan yang sering diajukan sbb:

Bagaimana bisa Tuhan dibunuh oleh manusia? / Tuhan orang Kristen kok bisa mati? Aneh!

Penjelasan:

Yesus punya dwi natur, yaitu natur Allah dan natur manusia (tubuh dan jiwa sebagai manusia). Mati berarti tubuh dan jiwa terpisah. Ini lah yg terjadi pada Yesus. Ini bukan Allah yg adalah Roh yang mati. Yesus dalam natur ilahi (Allah adalah Roh) TIDAK MUNGKIN mati. Tapi kematian dialami oleh Yesus sebagai manusia dalam keterpisahan jiwa dan tubuhnya.

Jadi Yesus memiliki punya dua natur. Natur ilahi yg tidak bisa mati. Dan natur manusia yg bisa mengalami kematian karena tubuh dan jiwa terpisah.

Kalau Yesus adalah Tuhan yang maha kuasa, kenapa Dia tidak bisa membebaskan / menyelamatkan diri-Nya sendiri?

Jawab: Karena Tuhan Yesus "mengijinkan" diri-Nya untuk mati dibunuh. Jadi, Yesus mati bukan karena usaha atau kehebatan manusia, tapi karena Yesus dengan rela menyerahkan diri untuk mati dibunuh.

Kita bisa baca pada Matius 26:52-53, ketika Yesus hendak ditangkap dan ada murid-Nya yang hendak membela Yesus dengan mengeluarkan pedang; Yesus berkata bahwa Ia bisa saja memanggil lebih dari dua belas pasukan malaikat untuk membebaskan diri-Nya jika Dia mau. Tapi Yesus tidak melakukan itu, Dia membiarkan diri-Nya ditangkap.

Lalu kenapa Yesus rela mati? Baca artikel berikut: Untuk apa Yesus disalib?

Yesus itu adalah manusia, bukan Tuhan, jangan disembah!

Jawab: Manusia tidak mungkin menjadi Tuhan, itu saya sangat-sangat setuju. Tapi, Yesus bukanlah manusia yang menjadi Tuhan atau mentuhankan manusia, tapi Yesus adalah Tuhan yang jadi manusia.

Sekali lagi, manusia tidak mungkin menjadi Tuhan, tapi Tuhan sangat mungkin dan sangat bisa menjadi manusia. Atau apakah sobat meragukan kemahakuasaan Tuhan?

Artikel terkait: Tidak ada ayat di Alkitab yang menyatakan Yesus adalah Tuhan, sembahlah aku.

Kesimpulan:

  1. Tuhan punya kuasa untuk menjadi manusia
  2. Tuhan punya kuasa untuk menyerahkan nyawa-Nya (sebagai manusia)
  3. Tuhan punya kuasa untuk bangkit dari kematian
  4. Sebagai Allah, Yesus tidak pernah mati. Sebagai manusia, Yesus pernah mati.

Tidak mungkin Tuhan membiarkan Nabi Isa dibunuh / disalibkan!

Jawab: Bagi saya pribadi, Nabi Isa yang ada di dalam Al-Quran dan Yesus yang ada di dalam Alkitab adalah dua pribadi yang berbeda (walau ada kemiripan). Sudah pernah saya bahas pada artikel yang sebelumnya (klik disini).

Saya tahu saya mungkin tidak bisa memberikan jawaban yang memuaskan karena seseorang hanya bisa menerima Tuhan Yesus kalau Allah Roh Kudus bekerja di hati mereka. Penjelasan paling masuk akal sekalipun tidak akan bisa mempertobatkan orang kalau Allah Roh Kudus tidak bekerja.

Kontak: gadogacom[at]gmail.com

Copas emoticon: 😁 😃 😂 😅 😇 😈 😉 😊 😌 😍 😒 😓 😔 😳 😖 😘 😛 😡 😭 😱 😤 😎 👍 🙏

Artikel Lainnya:

 

©2009-2019 gadoga.com NP13
Disclaimer | Kebijakan Privasi