Perbedaan LLG dan RTGS KLIK BCA

16 November 2015 oleh Ted

Hari ini kenalan saya minta tolong di transferkan ke rekening Bank Muamalat miliknya. Biasanya saya melakukan ini menggunakan ATM BCA, namun karena sedang sibuk akhirnya saya putuskan menggunakan internet Banking BCA saja.

Jujur saja, perasaan saya sejak awal sudah kurang enak kalau melakukan transfer antar bank (ke Bank lain yang berbeda) menggunakan internet Banking . Namun berhubung kondisi lagi tidak memungkinkan untuk pergi ke ATM, akhirnya saya coba saja transfer melalui i-banking.

Kalau menggunakan klikbca, maka kita tidak bisa langsung ke menu transfer untuk mengirim uang. Tapi yang perlu dilakukan pertama kali adalah mendaftarkan nomor rekening yang dituju.

Pas di daftarkan nomor rekening tujuan, ada pilihan berikut:

  • Nama Bank:
  • Kota:
  • Kategori Penerima: (Perorangan, Perusahaan, Pemerintah)
  • Penduduk (Ya / Tidak)
  • WNI (Ya / Tidak)
  • Nama Penerima:
  • No Rekening Tujuan:

Mengingat begitu banyak data yang harus diisi, perasaan saya makin ga enak Selain itu, proses konfirmasi nomor rekeningnya juga lebih ribet karena harus di verifikasi terlebih dahulu ke nomor telepon yang di daftarkan pada rekening BCA.

Prosesnya berbeda sekali kalau transfer sesama BCA, yang perlu diisi hanya nomor rekening saja, beres.

Akhirnya saya coba saja teruskan dan mengisi data-data yang sesuai. Nah, giliran mau proses transfer, ada pilihan LLG atau RTGS, apakah itu? apa bedanya?

Apa Itu LLG di Klik BCA

LLG itu singkatan Lalu Lintas Giro: Artinya proses transfer uang menggunakan fasilitas kliring. Biasanya di proses pada saat jam operasional Bank dan juga tidak secara real time atau langsung. Jadi kalau transfer hari ini, kemungkinan 1-2 hari baru masuk dananya.

Apa itu RTGS di KlikBCA?

RTGS adalah singkatan Real-Time Gross Settlement. Sesuai dengan kalimat "Real Time", maka proses transfernya adalah seketika itu juga karena di proses secara elektronik. Mungkin tidak instan, tapi bisa masuk dalam hitungan jam atau menit.

Sayang saja, untuk penggunakan RTGS di klikbca hanya bisa dilakukan untuk transaksi dengan nilai diatas 100 juta rupiah.



Berapa Biaya LLG Klik BCA

Biaya transaksi LLG (Lalu Lintas Giro) = Rp. 5.000,- (Saat artikel ini ditulis)

Berapa Biaya RTGS KlikBCA

Saya belum pernah transaksi dengan cara RTGS, namun kalau dari info yang pernah mencobanya, biaya RTGS adalah Rp. 20.000,-

Tadinya saya belum tahu kalau RTGS harus diatas 100 juta, tapi pada saat saya coba klik, muncul pop up bertuliskan seperti dibawah:



Oleh karena itu, saya tidak jadi melakukan transfer antar bank menggunakan internet Banking KlikBCA.

Alasan utamanya adalah karena prosesnya tidak real time dan terlalu banyak data yang harus diisi. Artinya, kalau saja saya salah mengisi data, maka bisa jadi transferan saya tidak masuk atau terlambat masuk.

Oleh karena itu saya kurang menyarankan transfer antar rekening bank yang berbeda menggunakan fasilitas internet banking. Bukan hanya melalui klikbca, tapi menggunakan internet banking dari bank lain juga kurang saya sarankan.

Kalau mau transfer beda Bank, lebih baik menggunakan ATM. Anda cukup memasukkan kode bank dan juga nomor rekening penerima setelah itu tinggal ikuti prosedur saja.

Selain itu, transfer via ATM lebih real time atau seketika itu juga dananya bisa masuk. Berapa biaya transfer antar BANK lewat ATM? Seingat saya biayanya adalah sebesar Rp. 7.500,-

Demikianlah info artikel: apa perbedaan LLG dan RTGS di klikbca. Semoga bermanfaat salam - gadoga.com




Berlangganan (Free):



Copas emoticon: 😁 😃 😂 😅 😇 😈 😉 😊 😌 😍 😒 😓 😔 😳 😖 😘 😛 😡 😭 😱 😤 😎 👍 🙏

Jika dirasa artikel ini berguna, silahkan di share / dibagikan

Kembali ke atas 🚀

©2009-2017 gadoga.com - V.11.09.7
Disclaimer | Kebijakan Privasi