Tempered Glass Mahal Vs Murah


11 Mei 2018 Oleh Ted

Kali ini kita akan bahas apa sih bedanya tempered glass (TG) yang harga mahal dengan yang murah (yang bagus dengan yang jelek). Langsung saja kita mulai. Untuk perbandingannya sebenarnya saya menggunakan tempered glass kelas menengah-lah bisa dibilang, jadi bukan yang mahal-mahal banget.

Saya akan membandingkan tempered glass merk Nillkin original, harganya kisaran 100 ribuan, akan dibandingkan dengan tempered glass tanpa merk yang harganya hanya belasan ribu rupiah. Untuk tempered glass yang lebih mahal atau yang merk nillkin adalah yang terpasang di handphone. Sedangkan tempered glass yang tidak terpasang adalah yang murah. Ini TG untuk ponsel yang sama, yaitu LG Q6

beda temper bagus jelek

Kelebihan dari tempered glass yang murah adalah harganya lebih terjangkau dan itu adalah satu-satunya kelebihannya.


Kelebihan Tempered Glass Harga Mahal

Temper glass yang lebih mahal dalam hal ini contohnya merk Nillkin, memiliki beberapa kelebihan seperti berikut.

Kelebihan #1: Oleophobic Coating

Kalau Tempered Glass ada keterangannya Oleophobic Coating, itu artinya menggunakan lapisan anti minyak atau anti cairan. Gunanya adalah agar tidak mudah menempel bekas sidik jari, tidak mudah kotor dan lebih mudah dibersihkan.

Langsung saja kita bandingkan. Kita coba teteskan air. Sobat bisa lihat dibawah, tempered glass Nillkin yang terdapat oleophobic coating kalau di tetesi air, diaΒ  akan memberikan efek seperti diatas daun talas. Alias air tidak mudah menempel.

Kalau kita tetesi di atas tempered glass yang murah. Bisa kita lihat air seperti lebih lengket ke kaca.

Bisa juga kita tes pakai spidol. Kalau kita tulis di yang mahal, dia seperti tidak mau menempel:

Sedangkan kalau di yang murah, dia akan menempel (bisa ditulis).

Yang sobat perlu ketahui adalah, pada iklan tempered glass yang murah sering kali dikatakan bahwa produknya sudah pakai Oleophobic Coating, padahal kenyataannya adalah tidak demikian. Dan yang kedua, Tempered Glass yang ada Oleophicnya bukan berarti 100% bebas dari bercak sidik jari, masih bisa menempel tapi jauh lebih mudah dibersihkan dibanding yang tidak pakai.

Selain itu, lapisan ini bisa terkikis atau hilang setelah pemakaian beberapa saat. Agar lapisan Oleophobic tidak cepat hilang, jangan gunakan cairan pembersih yang mengandung Alkohol atau detergent saat membersihkan layar.

Kelebihan #2: Tampilan Lebih Jernih

Kita masuk ke kelebihan kedua dari Tempered Glass berharga mahal adalah, kualitas kacanya terlihat lebih jernih atau cerah. Jadi saat dipasang itu tidak menurunkan kontras atau kecerahan tampilan layar aslinya.
Sedangkan kalau yang murah, terkadang terlihat tidak terlalu jernih.

Kelebihan #3: Ukuran lebih presisi

Kelebihan ketiga adalah, yang mahal ukurannya biasanya lebih presisi dan lebih pas. Dalam beberapa kasus, TG yang mahal bentuknya lebih kompleks dan melindungi bidang layar lebih luas.

Kelebihan #4: Lebih Responsif

Kalau yang mahal itu terasa lebih licin saat digunakan dan juga lebih sensitif. Jadi saat mengusap layar itu terasa halus dan nyaman.

Kelebihan #5: Fitur Anti Glare

Tempered Glass Nillkin punya teknologi Anti Glare. Apa itu? Maksudnya adalah kalau kaca terkena pantulan cahaya dari lampu atau matahari, dia tidak akan memantulkan cahaya terlalu banyak, sehingga lebih nyaman untuk mata. Ini saya tidak tahu apakah gambar dibawah jelas terlihat atau tidak, kalau yang tempered glass mahal saat terkena cahaya lampu, dia tidak terlalu silau.

Sekarang kita bandingkan dengan yang murah, dia lebih memantulkan cahaya, jadi lebih silau dan membuat layar handphone jadi lebih sulit terlihat.

Kelebihan #6: Lebih Awet

Kelebihan yang terakhir adalah lebih awet dan lebih mudah di bongkar pasang. Sobat bisa lihat dibawah, kalau yang murah, seringkali bagian belakangnya itu menggunakan semacam plastic agar bisa menempel di layar handphone. Tapi lapisan plastik ini mudah mengelupas dan juga bisa berubah jadi kusam.

Sedangkan kalau yang mahal dia lebih awet dan tidak mudah rusak, jadi kalau misalnya tiba-tiba bergelembung atau kemasukan udara, kita bisa bongkar pasang untuk memperbaikinya. Kita sudah buat tutorial cara lepas tempered glass lalu pasang lagi. Sobat bisa baca caranya pada artikel berikut: Cara Melepas dan Memasang Tempered Glass (klik disini).

FAQ (Frequently Asked Question)

Apakah tempered glass yg mahal lebih tahan pecah?

Jawabannya adalah, kalau untuk ketahanan dari goresan, maka yang mahal lebih tahan gores. Tapi kalau jatuh, maka baik yang murah maupun mahal tetap bisa pecah juga. Hanya saja, kalau yang mahal saat pecah itu lebih aman karena kacanya tidak berhamburan.Β  Di Nillkin teknologi ini disebut Anti-Explosion, itu maksudnya kalau pecah, pecahannya itu tidak menjadi partikel kecil-kecil yang tajam dan berbahaya, tapi pecahannya masih dalam bentuk atau ukuran yang cukup besar dan aman. Istilah umumnya adalah shatter proof.

Sedangkan kalau yang murah, saat pecah itu bisa berantakan atau berhamburan, tajam dan bahkan malah bisa menggores layar. I

Sebagai info tambahan, hampir semua tempered glass, mau yang murah maupun mahal mengatakan bahwa tingkat kekerasan layarnya ada di level 9H dalam skala Mohs. Apa itu? yaitu skala yang menandakan tingkat kekerasan material. Berlian adalah material yang mendapat skala tertinggi yaitu 10H.

Kalau ada tempered glass yang bilang tingkat kekerasannya adalah 9H, itu hanyalah kalimat promosi saja, atau tidak benar, kenyataannya adalah tingkat kekerasan layar tempered glass hanya berada pada tingkat 7H kebawah.Β  Yang tingkat 9H itu adalah safir, tidak mungkin kan safir dijual semurah harga tempered glass.

Apa itu 2.5d dan 3d?

Pada tempered glass juga sering ditemui istilah 2.5d dan 3d. Kalau 2.5d itu berarti pinggiran layarnya terlihat sedikit melengkung atau tidak tajam. Sedangkan kalau 3d itu jauh lebih melengkung lagi dan digunakan untuk layar yang benar-benar melengkung, misalnya untuk Seri Samsung Galaxy S9. Kalau ada yang jual tempered glass 4D, itu sebenarnya hanya kalimat promosi saja, maksudnya sama seperti temper glass 3D.

KESIMPULAN

Kesimpulannya adalah, apakah layak kita mengeluarkan uang yang hampir 10 kali lipat lebih mahal untuk membeli tempered glass yang lebih baik? Jawabannya adalah tergantung. Menurut saya pribadi, yang paling membedakan antara tempered glass mahal dengan yang murah adalah kenyamanan dalam penggunaannya dan juga tingkat kejernihan layarnya.

Jadi kalau tujuan utamanya hanya untuk melindungi layarnya dari goresan, maka beli yang murah saja sudah cukup kok. Kalau dari pengalaman, meskipun beli tempered glass yang lebih mahal dari Nillkin sekalipun, pas handphone jatuh, tetap saja layar handphone retak.

Dengan kata lain, tempered glass itu hanya efektif untuk melindungi dari goresan saja, tapi kalau handphone jatuh tetap saja tidak terlalu melindungi. Balik lagi, ini dari pengalaman ya.

Sekarang kembali ke kebutuhan sobat, kalau ingin tempered glass yang nyaman digunakan, dalam arti terasa licin saat diusap layarnya dan tidak terlalu cepat kotor, maka belilah tempered glass yang kualitas bagus. Tapi kalau sobat sudah merasa puas dengan yang murah, maka ga perlu beli yang mahal. Kalau masih bingung, sobat bisa menonton videonya dibawah ini:



-tempered glass nillkin review indonesia 9h apa itu amazing h h+-



Berlangganan (Free):



Copas emoticon: 😁 πŸ˜ƒ πŸ˜‚ πŸ˜… πŸ˜‡ 😈 πŸ˜‰ 😊 😌 😍 πŸ˜’ πŸ˜“ πŸ˜” 😳 πŸ˜– 😘 πŸ˜› 😑 😭 😱 😀 😎 πŸ‘ πŸ™

Jika dirasa artikel ini berguna, silahkan di share / dibagikan

Kembali ke atas πŸš€

©2009-2018 gadoga.com - V23.03.8
Disclaimer | Kebijakan Privasi