Apa itu WKWKWKWKW LAND


15 Juni 2017 Oleh Ted

Salah satu istilah dari Indonesia yang "mendunia" adalah Wkwkwkwkwk. Sama seperti om telolet om dulu. Tapi ternyata masih ada orang Indonesia sendiri yang tidak tahu arti dari wkwkwkwk. Wajar kok kalau tidak ngerti, bukan karena sobat kuper (kurang pergaulan), tapi karena memang agak ga masuk akal sih artinya he he he


Apa itu WKWKWKW?

Penjelasanya adalah WKWKWKWKW = HA HA HA HA atau kalau orang bule bilangnya LOL / laugh out loud atau tertawa terbahak-bahak. Jadi jika orang mengetik "kata" itu, menandakan orang itu lagi tertawa.

Lah kok bisa dari HA HA HA berubah jadi wkwkwkw? nanti kita "coba" jelaskan.

Lalu, apa itu WKWKWKWKW LAND / COUNTRY?

Beberapa orang luar negeri (biasanya gamers online) sudah mengetahui bahwa kalau ada orang yang mengetik wkwkwkwk saat chat (misalnya di permainan DotA 2), mereka tahu bahwa orang tersebut adalah orang Indonesia.

Saking seringnya orang Indonesia mengetikkan WKWK, orang asing pada akhirnya menyebut orang kita tinggal di WKWKWK Land atau WKWK Country.

Jadi yang dimaksud WKWKWK Land / Country = Negara / Tanah Indonesia.

Darimana asal kata WKWKWK? kapan mulai digunakan?

Saya tidak tahu kapan pastinya, tapi seingat saya kata ini sudah cukup lama digunakan, mungkin sejak 13 atau 14 tahun yang lalu. Saya mengenal kata ini pertama kali saat teman saya (yang adalah seorang gamer sejati) mengirim sms diakhiri kata wkwkwkwkw.

Secara alamiah saya langsung mengetahui bahwa wkwkwk = ha ha ha, darimana saya tahu? Kalau saya pribadi membaca wkwkwk ini seperti WueKaWueKa atau disingkat WAKAKAKAKA yaitu untuk menandakan tertawa terbahak-bahak.

Ada beberapa "teori" tentang bagaimana kata ini bisa muncul, tapi sebenarnya tidak ada yang tahu pasti siapa yang mulai pertama kali. Tapi yang jelas, penggunaan awal kata ini umumnya adalah di kalangan komunitas pemain game online.

Beberapa teori tersebut bisa dibaca di :

www.quora.com/Why-do-Indonesians-use-wkwkwk-for-hahaha

Salah satu penjelasan (misalnya oleh bro Dio) yang ditulis di link diatas adalah seperti ini (secara garis besar):

  • Kita tahu GUE (saya) itu sering disingkat jadi GW. Hal ini dimungkinkan karena GW bisa dibaca GWue.
  • Nah sebelum wkwkwk umum digunakan, para pemain online sering menggunakan kata hue hue hue untuk mengganti kata he he he yang menandakan dia lagi tertawa. Kok bisa berubah dari he he menjadi hue hue? Ga ada alasan khusus sih sebenarnya, biar beda aja, biar lucu atau bisa dibilang cari "sensasi"
  • Nah, tapi mengetik hue hue hue repot dan panjang. Oleh karenanya untuk mempersingkat, di ketiklah hw hw hw hw (sama seperti kata GUE yang disingkat jadi GW).
  • Hanya saja, ternyata walau sudah dirubah jadi HWHWHW, tetap saja masih kurang praktis juga. Oleh karena itu huruf H diganti menjadi huruf K. Kok bisa? Karena ada dua alasan:
    • Gamers online, khususnya yang suka main DotA dsb hampir selalu memegang mouse di sebelah kanan. Nah, jarak dari posisi mouse ke huruf K lebih dekat daripada jarak ke huruf H. Dengan kata lain, lebih cepat mengetik WKWKW daripada HWHW.
    • Seperti alasan sebelumnya, WKWKW bisa juga dibaca wakakakaka yang menandakan tertawa terbahak-bahak.


Selain penjelasan diatas, ada juga penjelasan yang lebih singkat seperti berikut:

  • W = Gw / Wa
  • K = Ketawa

Jadi wkwk = gw ketawa, gw ketawa

Kenapa orang lebih suka mengetik WKWKWKWK daripada HAHAHAHA?

Tidak semua orang, tapi beberapa orang ya. Ada beberapa alasan untuk hal ini, seperti:

  • Ha ha ha atau he he he sepertinya terlalu "biasa" alias terlalu mainstream.
  • Wkwkwk bagi sebagian orang lebih seperti tertawa terbahak-bahak atau ketawa sampai guling-guling, lebih lepas. Jadi orang kadang menggunakan ha ha untuk menandakan tertawa yang biasa saja, sedangkan wkwkwk untuk sesuatu yang sangat lucu (walau ada juga yang mengartikan sebaliknya).
  • Wkwkwk terasa lebih akrab dan tidak terlalu resmi. Jadi kalau mengetik wkwkwk itu biasanya dilakukan oleh sesama teman dekat. Misalnya kalau kirim pesan ke orang tua, lalu ada yang lucu, jarang (malah mungkin ga pernah) mengetik wkwkwkwk, tapi biasanya pakai ha ha ha atau he he he.

Saya sendiri sih kadang ngetik wkwkwk, kadang ha ha kadang he he, kadang cuma pakai emoticon. Alasannya? ga ada alasan khusus sih, ya yg lagi terlintas saja mau ketik apa, ya saya tulis itu


-apa itu wkwkwkwkwkw land country adalah pengertian asal kata artinya-



Berlangganan (Free):



Copas emoticon: 😁 😃 😂 😅 😇 😈 😉 😊 😋 😌 😍 😒 😓 😔 😳 😖 😘 😛 😡 😱 😤 😎 👍 🙏

Jika dirasa artikel ini berguna, silahkan di share / dibagikan

Kembali ke atas 🚀

©2009-2017 gadoga.com - GIG17
Disclaimer | Kebijakan Privasi