Apa Itu Fidget Cube?


Tanggal 08 April 2017 oleh Ted



Saat ini Fidget Cube merupakan permainan yang cukup populer. Tapi apakah fungsinya, apa tujuan utama diciptakannya fidget cube?

Fidget kalau diterjemahkan ke bahasa Indonesia adalah gelisah. Tapi arti sebenarnya dari fidget atau fidgeting adalah kondisi dimana anggota tubuh seseorang -biasanya tangan atau kaki- yang tidak bisa diam alias gerak terus. Beberapa penyebab fidgeting ada yang karena gelisah, grogi, bosan, iseng, kebiasan, keturunan atau bisa juga campuran dari hal-hal itu. Kondisi ini biasanya dilampiaskan ke barang-barang yang dipegang. Misalnya pencet-pencet pulpen, atau putar-putar barang atau diketuk-ketuk dan lain-lain.

Nah, fidget cube ini diciptakan untuk mengurangi atau men-therapy kondisi itu. Dikatakan juga dengan memainkan fidget cube ini bisa membantu seseorang agar bisa lebih berkonsentrasi. Apakah cara ini berhasil atau tidak, itu dikembalikan ke orangnya masing2. Saya sendiri mencoba memainkan alat ini dan ternyata cukup menyenangkan, tapi karena saya bukan penderita fidgeting akut, jadi ya tidak bisa mengatakan seberapa ampuhnya mainan ini.


Bagian-bagian Fidget Cube

Bentuknya kotak seperti dadu dan memiliki 6 sisi. Yaitu:



1. Click

Fungsinya adalah untuk dipencet-pencet. Ini hampir mirip atau merepresentasikan saat kita mencet-mencet bubble wrap. Ada 5 tombol. 3 tombol menimbukan bunyi saat ditekan dan 2 tombol lagi tidak ada suaranya. Sengaja dibuat tidak bersuara agar misalnya kalau mau memainkan fidget cube di kantor, di kampus atau disekolah saat pelajaran maka kamu bisa memencet tombol yang tidak ada suaranya.

2. Spin

Bagian ini dinamakan spin karena bisa diputar-putar seperti piringan DJ (disk jockey).

3. Glide

Bagian ini berbentuk seperti Joystick konsol game dan terasa seperti..... ya joystik game

4. Flip

Bentuknya seperti saklar lampu. Berguna bagi kamu yang demen banget cetak cetek-in switch lampu

5. Roll

Lalu ada juga bola dari besi yang bisa diputar-putar. Ada fidget cube yang di bagian bolanya bisa ditekan seperti dan ada juga yang tidak - nanti akan dijelaskan lebih lanjut. Di dekatnya ada juga seperti gear atau roda gigi yang bisa diputar.

6. Breathe

Dan bagian terakhir dinamakan breathe / terjemahannya adalah bernapas. Bentuknya cekungan, konon katanya dengan hanya meletakkan ibu jari di cekungan ini bisa membantu menurunkan stress atau kegelisahan.

Jenis-jenis Fidget Cube (Original / Palsu)

Setidaknya ada 3 jenis atau lebih tepatnya 3 kualitas berbeda dari Fidget Cube yang kami ketahui. Berikut cara membedakannya.

Original

Yang pertama adalah yang kualitas original atau yang terbaik berharga $22 atau sekitar 290 ribuan belum termasuk ongkos kirim dari luar negeri. Bisa dibeli melalui situs www.antsylabs.com. Kalau ada yang jual dengan harga dibawah itu, maka bisa dipastikan adalah produk tiruan.

KW1 & KW2

Untuk produk KW-nya sendiri ada dua kualitas. Ada yang bagus ada yang kurang bagus. Berikut beberapa cara membedakan Fidget Cube yang berkualitas mirip original / asli dengan yang palsu / kw.

Untuk yang KW1, bentuk dan kerapihan mirip dengan yang original. Bedanya kalau yang ori lebih terasa berkualitas untuk setiap pencetan dan putaran yang ada. Khususnya di bagian flip, roll dan spin, kalau yang asli terasa sangat konsisten dan sangat enak, sedangkan kalau yang KW1 kadang2 seperti ada yang menyangkut sedikit. Produk KW1 kalau dijual di toko online biasanya sering disebut sebagai Fidget Cube Premium.

Sedangkan untuk perbedaan yang KW1 dan KW2 sebagai berikut:

  1. Kalau yang bagus, di bagian bola besinya (roll) bisa dipencet, sedangkan yang lebih murah tidak bisa dipencet. Lalu untuk gear di sebelahnya kalau yang bagus terasa lebih lancar. Sedangnya yang jelek terasa lebih seret.
  2. Lalu untuk di bagian pencetannya (click). Yang jelek itu terbuat dari plastik dan semuanya berbunyi klik klik. Sedangnya yang lebih baik, tombolnya terbuat dari karet dan ada 3 tombol yang bunyi dan 2 tombol lagi tidak bunyi.
  3. Di bagian Glide, yang bagus pegangannya lebih lebar dan juga terasa lebih kenyal saat digerakkan alias lebih enak untuk dimainkan.
  4. Di bagian flip, kalau yang bagus terasa responsif dan lancar, yang jelek lebih seret.
  5. Dan di bagian breathe, kalau yang jelek, cekungannya tidak terlalu terasa atau kurang cekung.

Kalau mau lebih jelas bisa menonton videonya dibawah:


-apa itu fidget cube adalah-



Berlangganan (Free):



Copas emoticon: 😁 😃 😂 😅 😇 😈 😉 😊 😋 😌 😍 😒 😓 😔 😳 😖 😘 😛 😡 😱 😤 😎 👍 🙏

Jika dirasa artikel ini berguna, silahkan di share / dibagikan

Kembali ke atas 🚀

©2009-2017 gadoga.com - GIG17
Disclaimer | Kebijakan Privasi