Apa itu Game Flappy Bird?

7 Februari 2014

Update:Β Pertanggal 10 Februari 2014, game Flappy Bird sudah tidak dapat diunduh lagi melalui Google Play Store maupun Apple App Store. Berita terkait bisa dibacaΒ disini.

Saat ini game Flappy Bird (Terjemahan: Burung yang mengepak) sedang populer dan cukup banyak diperbincangkan di media sosial, baik di Indonesia maupun di dunia. Saya sendiri pun diberi tahu oleh teman saya dan tertarik untuk mencari tahu lebih banyak lagi setelah melihat profile picture BBM teman yang kurang lebih tulisannya seperti ini:

Gimana cara jelasin game Flappy Bird kalau ada cewe cantik yang tanya?

“Flappy bird itu permainan burung. Kalau burungnya disentuh dia jadi naik, kalau ga disentuh burungnya turun.”

Gitu??

Hmmm.. karena penasaran, akhirnya saya langsung install game tersebut dari Google Play.Β Ternyata game ini adalah aplikasi permainan yang cukup sederhana dengan tampilan yang sederhana namun cukup menantang.

Cara install game Flappy Bird Android:

  • Buka aplikasi Google Play di ponsel/tablet kamu
  • Ketikkan “Flappy Bird” di kolom pencarian > klik enter / search
  • Klik Install
  • Setelah terinstall, klik ikon game > klik play

Selain platform Android, permainan ini juga tersedia untuk ponsel iPhone (iOs) dan bisa didapatkan melalui App Store.

Cara bermain game Flappy Bird:

  • Cara bermainnya sangat sederhana, tugas kamu adalah melewati rintangan yang berupa pipa-pipa seperti pada game Mario Bros.
  • Setiap kali kamu menyentuh layar, maka si “burung” akan mengepakkan sayapnya dan naik (terbang). Kalau kamu sentuh layar dua kali, maka ia akan terbang dua kali lebih tinggi.
  • Kalau kamu tidak sentuh layar, maka burungnya akan turun. Dan kalau tidak disentuh selama lebih dari satu detik, burungnya akan langsung “nyungsep” (terjatuh).
  • Tantangannya adalah bagaimana caranya kamu bisa melewati rintangan tanpa terkena dengan cara mengatur ketinggian terbang si burung. Kalau kena sedikit saja rintangan, maka langsung game over dan mengulang dari awal.

Walau terlihat sederhana, namun game ini ternyata cukup menantang. Untuk melewati 5 rintangan pertama saja rasanya sulit (setidaknya bagi saya :D). Kalau masih bingung, cek gambarnya dibawah.

Cara install game flappy bird

Flappy Bird

Beberapa hal yang membuat saya (dan mungkin pengguna lain) tertarik dengan game ini adalah:

  • Karakter burung yang terlihat lucu
  • Tampilannya “kotak-kotak” seperti game jaman dahulu (retro klasik). Hal ini menimbulkan kesan nostalgia bagi para gamer yang dahulu pernah memainkan game sejenis nintendo, dsb.
  • Memiliki sound effect yang menarik dan pas
  • Ukuran file aplikasi yang tidak besar
  • Cara bermain yang simple namun adiktif. Mudah dipelajari namun memiliki tantangan.
  • Game yang asyik untuk dimainkan / diadu bersama-sama dengan teman / keluarga

Permainan ini sudah ada sejak bulan Mei tahun 2013, namun mulai mendapat sambutan baik / booming pada bulan November 2013. Saat artikel ini ditulis, game ini telah diunduh sebanyak lebih dari 10 juta kali. Sebenarnya, sudah ada beberapa permainan dengan ide yang sama. Saya teringat dulu ada game helikopter sederhana dengan cara bermain yang mirip2 (saya lupa namanya). Game tersebut sudah ada sejak tahun 90-an. Di Facebook juga ada permainan serupa dan sudah ada sejak tahun 2011. Game tersebut bernama Piou Piou (Perancis), gambar dibawah:

Sumber: http://blog.zanorg.com/?perm=423

Sumber: http://blog.zanorg.com/?perm=423

Kalau diperhatikan, memang ada kemiripan, baik dari cara bermainnya, maupun bentuk burungnya yang memiliki bibir “jeber” (besar). Perbedaannya, kalau Piou Piou harus melewati kaktus, Flappy Bird harus melewati pipa dan juga pencapaian pemain dalam game Piou Piou menggunakan jarak yang sudah ditempuh, sedangkan Flappy Bird menggunakan jumlah pipa yang sudah dilewati.

Game Flappy Bird membawa kesuksesan besar bagi penciptanya, Dong Nguyen (asal Vietnam) yang mengatakan bahwa pemasukan perhari dari iklan yang ditampilkan mencapai kurang lebih 500 juta rupiah ($50.000). Wow, jumlah yang fantastis!

Satu hal yang bisa diambil pelajaran dari game ini (khususnya bagi developer game) adalah tampilan game 3D yang “Wah” dengan efek realistis dan juga terlihat rumit tidak menjadi jaminan kesuksesan game. Buktinya game Flappy Bird yang sederhana ini bisa meraih kesuksesan yang luar biasa. Jadi, bagi Anda para pengembang aplikasi Indonesia, jangan jadikan “kesulitan teknis” menjadi alasan, karena yang terpenting adalah ide dan bagaimana dapat menciptakan game yang bisa diperbincangkan dengan sesama teman atau keluarga Anda.

Penasaran dengan game ini? Segera unduh (download) melalui Google Play Android atau Apple App Store. Namun sebelumnya saya mesti memberitahu bahaya dari game Flappy Bird. Bahaya yang pertama adalah kamu bisa saja ketagihan dan menghabiskan waktu lama hanya untuk bermain. Bahaya kedua adalah menyangkut keselamatan. Keselamatan si ponsel maksudnya. Saat saya kesal karena kalah terus, rasanya ingin membanting handphone ha ha ha. Salam,Β gadoga.com



Berlangganan (Free):



Copas emoticon: 😁 πŸ˜ƒ πŸ˜‚ πŸ˜… πŸ˜‡ 😈 πŸ˜‰ 😊 😌 😍 πŸ˜’ πŸ˜“ πŸ˜” 😳 πŸ˜– 😘 πŸ˜› 😑 😭 😱 😀 😎 πŸ‘ πŸ™

Jika dirasa artikel ini berguna, silahkan di share / dibagikan

Kembali ke atas πŸš€

©2009-2017 gadoga.com - V.11.09.7
Disclaimer | Kebijakan Privasi