Apa Itu Klik It? Cara Kerjanya? Cara Pasang? Beli Dimana?


13 April 2016 Oleh Ted

Mungkin sekitar satu tahun yang lalu saya melihat kabel klik it ditawarkan di salah satu pusat perbelanjaan. Saat itu walaupun sudah dijelaskan deskripsi produk pada kemasannya, tapi tetap saja saya tidak mudeng alias gagal paham produk apaan ini he he. Dalam benak saya, kelihatannya keren, tapi tidak terlalu berminat untuk membelinya.

Akhirnya beberapa bulan yang lalu saya berkesempatan untuk mencoba produk "inovatif" ini dan baru hari ini saya menulis tentang klik it.

Barangkali di antara para pembaca ada yang sedang mencari kabel roll atau multi kontak yang berkualitas namun berharga relatif terjangkau. Maka baca artikel kali ini dan mungkin klik it bisa menjadi alternatif bagi kebutuhan anda.

Jadi, apa itu Klik It?

Dia sebenarnya hanyalah kabel extension pengganti kabel roll atau kabel multi stop kontak.

Dalam paket penjualan terdiri dari:

  • Kepala Steker yang sudah tersambung dengan kabel klik it. Panjang kabel beda-beda, ada 3M, 5 M, 10M, dsb.
  • Stop kontak klik it. Ada yang dapat 2 stop kontak, ada yang 3, 5, dsb, tergantung paket penjualannya.

Selain beli paket penjualan, tersedia juga secara satuan seperti stop kontaknya saja atau kabelnya saja.

Bagaimana cara pasang klik it?

Slogan Klik It adalah 3T, yaitu, Taruh, Tekan dan Tancap. Dan cara pasangnya ya cuma seperti itu saja, tinggal taruh kabel diantara bagian stop kontak lalu tekan kebawah. selesai.

Lebih lengkapnya seperti dibawah.

  1. Pastikan steker tidak menancap di outlet listrik untuk menghindari bahaya tersetrum.
  2. Kabel Klik It bentuknya pipih / ceper, seperti mie kwetiau. Letakkan kabel pada stop kontak klik it bagian bawah dengan posisi rata / tiduran. Jangan miring dan jangan menyilang
  3. Taruh stop kontak Klik it bagian atas lalu tekan dengan kuat ke arah bawah. Pastikan stop kontak terpasang dengan kuat.
  4. Klik it siap digunakan.

Jika bingung saya akan beri foto cara pasangnya dibawah. Agar lebih kelihatan, anggap saja jari saya itu adalah kabel klik it. Anda tinggal menyelipkan kabel klik it di antara stop kontaknya lalu di tekan kebawah.



Stop Kontak yang sudah terpasang bisa dilepas lagi dan dipindahkan posisinya. Setelah dilepas pada kabelnya memang akan ada bekas bolongan akibat tancapan dari stop kontak Klik It. Tapi menurut produsennya, lubang kecil tersebut tidak perlu ditutup oleh isolasi listrik karena lubang yang tercipta relatif kecil dan masih cukup aman.

Perhatian: Stop kontak klik it hanya bisa digunakan dengan kabel klik it (kabelnya khusus). Jangan menggunakan stop kontak klik it dengan kabel biasa.

Bagaimana cara kerja klik it?

Satu pertanyaan yang muncul di kepala saya sebelum mencoba produk ini adalah, bagaimana sistem kerjanya? Kok bisa hanya ditempel begitu saja lalu bisa mengalirkan listrik?

Ternyata cara kerjanya sangat sederhana. Rahasianya ada di kabel yang berpentuk pipih / ceper. Sama seperti semua kabel listrik pasti ada yang mengalirkan listrik positif dan negatif.

Namun karena bentuknya pipih jadi lebih jelas pembagian positif dan negatifnya. Pada bagian bawah stop kontak klik it ada seperti besi (berbentuk spt mahkota) yang akan menancap pada bagian + / - kabel. Besi tersebut akan menembus kulit luar kabel dan menempel ke kabel tembaga klik it.

Lebih jelasnya lihat gambar dibawah.



Oleh karena itu, jika besi (yang bentuknya seperti mahkota) pada stop kontak klik it menjadi bengkok, jangan digunakan lagi (atau sebelum digunakan harus diluruskan dulu), karena kalau bengkok nanti menancap di kabel yang salah.

Apa kelebihan klik it?

Kelebihan ini berdasarkan pengalaman pribadi ya, bukan promosi dari pabriknya.

Kelebihan 1:

Stop kontaknya bisa diatur bebas mau di taruh pada jarak berapa sepanjang kabel klik it.

Jadi kalau biasanya kalau kabel roll atau multi kontak colokan listriknya hanya berada di ujung kabel, maka kalau klik it stop kontak-nya bisa diatur apakah dekat dengan steker, di tengah-tengah atau di ujung kabel.

Misalnya, anda colok steker ke outlet listrik, anda bisa mengatur misalnya satu stop kontak akan berada jarak 2 meter dari steker lalu satu lagi di jarak 5 meter dan ada dua stop kontak di jarak 10 meter.

Kelebihan ini akan membuat penataan kabel listrik menjadi lebih rapi (dan ini hal inilah yang gencar di promosikan oleh produsesn klik it)

Kelebihan 2:

Stop kontaknya bisa dicopot pasang

Kelebihan 3:

Ada tombol on - off pada setiap stop kontak. Selain itu jenis tombolnya adalah single throw, double pole. Menurut produsen, jenis stop kontak ini akan mematikan aliran listrik 100% saat kondisi off.

Kelebihan 4:

Menurut saya, Klik It dari segi kabel dan stop kontaknya menggunakan bahan yang cukup berkualitas.

Kelebihan 5:

Memang harga Klik It sedikit lebih mahal dibanding kabel multi kontak pada umumnya. Tapi dengan segala kelebihannya menurut saya harganya relatif terjangkau.

Klik It bisa dibeli / dijual dimana? Harganya berapa?

Saya waktu itu beli di Carrefour. Kalau mau beli online bisa cari di bukalapak.com atau di tokopedia.com. Di online dijual mulai dari 50 ribuan untuk paket steker + kabel 3 meter + 3 buah stop kontak (harga saat artikel ini ditulis).

Kalau beli di pusat perbelanjaan harganya akan sedikit lebih mahal.

Apakah gadoga.com merekomendasikan Klik it?

Yup, saya cukup merekomendasikan produk ini. Dengan segala kelebihan, kualitas dan juga harga yang masih cukup bersahabat, Klik It bisa menjadi alternatif pilihan bagi anda yang membutuhkan kabel extension multi kontak.

Demikianlah info mengenai "apa itu klik it?", cara pemasangannya dan cara kerjanya. Semoga bermanfaat

Note: saya bukan karyawan produsen klik it dan saya tidak dibayar untuk menulis artikel ini. Tadinya hanya ingin menulis sekilas saja tapi kok jadi lumayan panjang ya he he




Berlangganan (Free):



Copas emoticon: 😁 😃 😂 😅 😇 😈 😉 😊 😌 😍 😒 😓 😔 😳 😖 😘 😛 😡 😭 😱 😤 😎 👍 🙏

Jika dirasa artikel ini berguna, silahkan di share / dibagikan

Kembali ke atas 🚀

©2009-2017 gadoga.com - GIG17
Disclaimer | Kebijakan Privasi