Apa itu Nintendo Switch + Spesifikasi



17 Januari 2017

Apa itu Nintendo Switch?



Adalah suatu konsol gaming terbaru buatan Nintendo. Bentuk perangkat ini seperti tablet Android / iPad, namun dapat digunakan dengan tiga skenario berbeda:

  1. Digunakan seperti perangkat game portable dengan cara menempelkan kontroler di sisi kiri dan kanan "tablet" lalu dipegang seperti memainkan gimbot (game watch).
  2. Masih digunakan secara portable dengan cara meletakkan perangkat ini di meja lalu untuk mengontrolnya dilakukan dengan memegang kontroler secara wireless / tanpa kabel
  3. Digunakan di rumah dengan menempatkan Nintendo Switch pada docking (semacam "tatakan") lalu dihubungkan ke layar TV. Alhasil perangkat ini menjadi berubah bentuk jadi seperti konsol game pada umumnya.

Sesuai dengan namanya "Switch" yang artinya beralih / berganti, kelebihan utama dari perangkat game ini adalah kemampuannya untuk dapat digunakan secara portable (bisa dibawa kemana-mana) namun disaat yang bersamaan juga masih bisa digunakan dengan nyaman jika disambungkan dengan TV atau layar lebar.

Salah satu hal yang memungkinkan hal ini bisa terjadi adalah dengan digunakannya kontroler canggih yang dinamakan Joy-Con, akan dibahas nanti pada artikel ini.

Catatan: di Artikel ini Nintendo Switch terkadang saya singkat jadi NS.

Tanggal masuk ke Indonesia dan Harga Nintendo Switch

Saat artikel ini ditulis belum ada kepastian berapa harga dan tanggal rilis di Indonesia. Namun jika di luar negeri, Nintendo Switch akan dijual dengan harga $299 dan tersedia pada bulan Maret 2017. Saat masuk ke Indonesia dan terkena pajak, dsb, estimasi harganya mungkin sekitar 4.5 juta lebih.

Spesifikasi Nintendo Switch

Walaupun sudah diperkenalkan pada tanggal 12 Januari 2017 kemarin, namun karena belum secara resmi tersedia di pasaran dan juga spek Nintendo Switch belum dipublikasikan, maka spesifikasi secara detilnya belum bisa didapatkan. Namun ada beberapa hal yang sudah diketahui:

Layar

Memiliki layar touchscreen 6.2 inchi dan resolusi 1280x720 pixels memang terkesan seperti tidak ada yang spektakuler jika membayangkan ponsel jaman sekarang saja sudah menggunakan layar Full HD bahkan lebih. Tapi jangan dulu kecewa sobat, karena walaupun layarnya "hanya" 720p, namun kenyataannya tetap enak dilihat dan juga tampilannya cukup halus.

Selain itu, ada dua kemungkinan alasan kenapa Nintendo memilih menggunakan layar HD (bukan Full HD), misalnya:

  1. Harga Nintendo Switch sendiri tidak terlalu mahal. Jika menggunakan layar Full HD akan membuat harganya lebih mahal dan juga mempengaruhi faktor lainnya seperti dibawah.
  2. Saat digunakan sebagai konsol game portable (handheld), NS menggunakan daya baterai, dengan hanya berjalan di resolusi 720p akan membuat kinerja prosesor lebih enteng dan hasilnya akan lebih awet batre.

Sebagai catatan, ukuran layarnya sama seperti Nintendo Wii U hanya saja resolusinya lebih baik dari sebelumnya yang hanya 854 x 480 pixel. Jadi, kalau kamu punya Wii U atau pernah pinjam, lihat atau pernah mainkan, paling tidak kamu akan ada gambaran ukuran Nintendo Switch itu seberapa dan juga bagaimana kualitas layarnya.

Jika digunakan sebagai perangkat game di rumah dan di letakkan di docking lalu disambung ke TV, resolusinya akan berubah menjadi Full HD (1080p). Hal ini untuk menjamin pengalaman bermain yang up to date (tampilannya bagus dan halus) dan masih dapat bersaing dengan perangkat konsol game lainnya.

Hanya saja, Nintendo Switch tidak ada fitur "Second Screen" atau tidak bisa digunakan sebagai layar kedua seperti Wii U.

Prosesor

CPU dan GPU nya menggunakan Chipset Nvidia Tegra X1 yang di modifikasi sesuai kebutuhan NS dan lebih bertenaga dibandingkan Wii U. Tapi performanya masih kalah jika dibandingkan dengan Xbox One atau Playstation 4; wajar saja mengingat perangkat ini di desain untuk hemat daya karena dapat digunakan secara mobile / bisa dibawa-bawa.

Prosesornya dapat berjalan dengan kecepatan 768 MHz saat kondisi docking, lebih cepat 60% jika dibandingkan saat dilepas dari dock-nya yang hanya berjalan di kecepatan 307.2 MHz. Hal ini selain untuk menghemat daya saat dibawa berpergian juga disebabkan karena saat disambungkan ke TV, resolusinya akan berubah menjadi 1080p dan hal ini membutuhkan kinerja ekstra dari prosesor.

Saat disambung ke TV, Nintendo Switch akan mengaktifkan kipas tambahan untuk membuat sistem perangkat tetap dingin walaupun berjalan di kecepatan yang dua kali lipat lebih tinggi.

Baterai

Menurut pihak Nintendo, NS bisa dimainkan antara 2.5 - 6.5 jam dengan hanya menggunakan baterainya saja. Tergantung game yang dimainkan. Semakin berat (gambar bagus / sistemnya rumit) game-nya maka semakin cepat habis baterainya. Sebagai contoh, jika digunakan untuk bermain Legend of Zelda: Breath of the Wild, Nintendo Switch bisa digunakan hingga 3 jam non stop.

Asiknya, perangkat ini menggunakan port charger jenis USB type C yang mulai menjadi hal umum (tidak sulit cari kabelnya) dan juga bisa dimainkan sambil di cas tanpa takut rusak.

Joy Con

Adalah nama dari kontroler (stik) Nintendo Switch. Joy Con memiliki andil yang sangat besar dan bahkan bisa dibilang yang paling menarik dari NS. Beberapa kelebihan dari Joy Con:

  • Wireless / tanpa kabel
  • Ukurannya imut-imut, walau begitu masih enak dan cukup ergonomis digenggam. Joy Con bisa ditempelkan / di pasang di bagian kiri dan kanan NS. Tapi bisa juga dilepas dan satu Joy Con bisa digunakan untuk satu orang sementara satunya lagi bisa digunakan untuk pemain kedua. Dengan kata lain, satu perangkat Nintendo Switch dapat dimainkan oleh dua orang dalam 2 player mode.
  • Memiliki motion controller / sensor gerakan. Jadi kita bisa menggenggam Joy Con lalu memainkan game dengan cara menggerakkan tangan kita. Misalnya saat memainkan game tinju, kita harus meniru gerakan memukul.
  • Memiliki fitur HD-Vibration yang akan membuat penggunanya mendapatkan sensasi getaran yang lebih nyata. Misalnya saat kita memegang raket tenis (dalam game) kita bisa merasakan posisi raketnya itu apakah sedang menghadap ke bawah atau ke atas, dsb.
  • Memiliki sensor pendeteksi bentuk dan juga jarak di ujungnya. Sebagai contoh, Joy Con bisa mendeteksi apakah tangan kita membentuk Kertas, Batu atau Gunting dalam permain Rock-Scissor-Paper.

Sebagai catatan, jika sobat tidak suka dengan bentuk Joy Con, maka Nintendo nanti juga akan menjual stik dengan bentuk yang normal / umum (Dinamakan Pro Controller).

Lain-Lain

Untuk urusan konektivitas, Nintendo Switch dilengkapi dengan Wi-Fi dan juga bisa digunakan untuk bermain dengan 8 perangkat yang berbeda secara bersamaan melalui jaringan Wireless.

Kelebihan / Keunggulan Nintendo Switch

Seperti sudah dibahas diatas, ada dua hal yang membuat Nintendo Switch keren (setidaknya bagi saya):

  1. Bisa dibawa kemana-mana
  2. Kontroler Joy Con yang menawarkan sensasi bermain (dan juga jenis permainan) yang berbeda.

Kekurangan Nintendo Switch

Sebenarnya tidak bisa dibilang kekurangan juga ya karena perbedaan kegunaannya. Tapi kalau jika dibandingkan perangkat gaming lain di kisaran harga mirip-mirip, maka kualitas grafis Nintendo Switch bisa dibilang masih kalah. Sekali lagi, hal ini wajar karena NS di desain sebagai perangkat yang bisa dibawa kemana-mana, sehingga di desain agar hemat daya dan se efisien mungkin.

Lebih baik beli Nintendo Switch atau konsol game lain?

Jika sobat adalah tipe orang yang menginginkan tampilan grafis indah, detil, realistis seperti aslinya, maka lebih baik membeli perangkat gaming yang lain.

Tapi jika sobat adalah orang yang suka berpergian, terlalu sibuk dengan pekerjaan kantor / kegiatan, banyak berada di jalan dan jarang berada di rumah untuk main game, maka Nintento Switch bisa jadi adalah perangkat yang tepat untuk sobat.

Selain itu jika sobat suka main game tapi juga mau sekaligus olahraga, maka NS juga bisa mewujudkan hal itu karena memiliki kontroler Joy Con.

Demikianlah info sekilas tentang apa itu Nintendo Switch, berapa harganya (perkiraan) dan spesifikasinya. Semoga berguna - salam, gadoga.com




Berlangganan (Free):



Copas emoticon: 😁 😃 😂 😅 😇 😈 😉 😊 😌 😍 😒 😓 😔 😳 😖 😘 😛 😡 😭 😱 😤 😎 👍 🙏

Jika dirasa artikel ini berguna, silahkan di share / dibagikan

Kembali ke atas 🚀

©2009-2017 gadoga.com - GIG17
Disclaimer | Kebijakan Privasi