Apa Itu SWYPE? Penjelasan dengan gambar

Tanggal 8 Juli 20111

Berikut adalah pertanyaan yang masuk ke gadoga.com melalui halaman Review Samsung Galaxy Mini, berhubung sudah ada beberapa yang menanyakan, maka kami putuskan membuat artikel penjelasan tentang SWYPE:

Mas admin,aq mo tny…Ap sich yg dmksud swype text itu??Trus klo hp merk laen yg ga pke swype text ap pngaruhny?Mksh

Jawab: SWYPE dapat digunakan di berbagai handphone atau perangkat digital yang kompatibel dan tidak dibatasi oleh merk. Untuk penjelasan SWYPE dapat dibaca pada artikel dibawah.

Pengertian SWYPE

SWYPE adalah metode penginputan teks yang digunakan pada teknologi layar sentuh untuk lebih memudahkan dalam pengetikan teks. SWYPE digunakan di berbagai jenis perangkat elektronik mulai dari handphone, Tablet PC, televisi, perangkat game, dll. SWYPE memang lebih terkenal digunakan pada handphone karena layar handphone relatif kecil sehingga dibutuhkan suatu metode untuk meminimalisir kesalahan pengetikan.

Cara Mengaktifkan dan Menonaktifkan SWYPE di Handphone Android:

Buka aplikasi yang membutuhkan input teks, misalnya aplikasi SMS > tekan dan tahan layar pada bagian pengetikan hingga muncul pilihan menu > pilih Input Method (metode masukan):

  • Untuk menggunakan keyboard SWYPE > klik SWYPE pada saat muncul pilihan keyboard (Input Method)
  • Untuk mematikan keyboard SWYPE, pada saat pilihan “Input Method”, pilih keyboard selain SWYPE.

Bila Anda tidak dapat menemukan SWYPE pada pilihan keyboard, coba lihat, apakah keyboard SWYPE sudah diaktifkan atau belum, caranya:

  • Tekan tombol HOME
  • Tekan tombol MENU
  • Klik Settings (pengaturan)
  • Klik Language & Keyboard (bahasa & keyboard)
  • Beri tanda centang pada “SWYPE Keyboard”
  • Bila Anda tidak menemukan pilihan SWYPE Keyboard, berarti perangkat Android Anda tidak memilikinya dan harus menginstallnya terlebih dahulu

Cara penggunaan Keyboard SWYPE

Untuk melakukan pengetikan menggunakan SWYPE, pengguna hanya perlu menggeser jarinya (atau pen stylus) dari satu huruf ke huruf lainnya hingga membentuk suatu kata. Untuk lebih jelasnya dapat memperhatikan gambar di bawah ini.

pengertian swype

Cara menggunakan SWYPE

Diatas adalah contoh penggunaan SWYPE pada handphone Android Samsung Galaxy Mini. Untuk mengetikkan kata “cepat” bila menggunakan keyboard virtual biasa, maka Anda perlu mengklik huruf c + e + p +a + t, namun bila menggunakan SWYPE maka Anda hanya perlu menggeser jari dimulai dari huruf “c“ lalu berurutan ke huruf berikutnya tanpa harus mengangkat jari dari layar. Dengan cara ini, pengguna akan lebih cepat dalam pengetikan sebuah kata. Kelebihan dari SWYPE lainnya adalah pengguna tidak harus 100% akurat menyentuh tombol huruf-huruf yang dilewati, karena Program keyboard SWYPE dapat memprediksi kata yang ingin ditulis.

Untuk dapat menggunakan SWYPE, selain harus menginstall program keyboard-nya, pengguna juga harus menginstall kamus kata-kata SWYPE. Bila tidak diinstall kamus, maka program SWYPE tidak dapat memprediksi kata-kata yang akan ditulis. Misalnya pengguna hanya menginstall kamus Bahasa Inggris dan tidak menginstall kamus Bahasa Indonesia, maka saat hendak menulis kata “cepat” hasil kata yang tertampil kemungkinan besar bukan kata “cepat”, namun hasil kata yang ditampilkan adalah kata dalam Bahasa Inggris, atau kemungkinan sistem tidak dapat memprediksi kata yang ingin ditulis.

Walau memiliki kelebihan, nyatanya masih banyak pengguna yang memilih untuk menggunakan keyboard virtual biasa walaupun pada handphone atau perangkat elektronik yang dimiliki telah dilengkapi dengan SWYPE. Dua alasan utama yang dikemukakan, yang pertama adalah harus belajar lagi untuk menggunakannya dan yang kedua, SWYPE justru kurang nyaman untuk digunakan.

Pengguna yang mengatakan kurang nyaman, pada umumnya adalah pengguna yang sering menyingkat kata-kata, misalnya kata “cepat” ditulis “cpt”, kata “dengan” ditulis “dgn”, dll. Kata-kata singatan secara default tidak terdaftar dalam kamus SWYPE, walaupun kata-kata tersebut bisa ditambahkan ke kamus, namun karena terlalu singkat (hanya terdiri dari 3 huruf atau kurang), sering kata yang muncul atau yang diprediksi tidak sesuai dengan yang diharapkan. Disisi lain, banyak pengguna yang merasakan terbantu dengan aplikasi SWYPE, khususnya bagi mereka yang menggunakan handphone berlayar kecil dan sering melakukan kesalahan bila menggunakan keyboard virtual biasa.

Demikianlah informasi mengenai SWYPE persembahan gadoga.com,



Berlangganan (Free):



Copas emoticon: 😁 😃 😂 😅 😇 😈 😉 😊 😌 😍 😒 😓 😔 😳 😖 😘 😛 😡 😭 😱 😤 😎 👍 🙏

Jika dirasa artikel ini berguna, silahkan di share / dibagikan

Kembali ke atas 🚀

©2009-2017 gadoga.com - GIG17
Disclaimer | Kebijakan Privasi