Apa / Siapa itu Banda Neira?



23 Desember 2016 Oleh Ted

Apa itu Banda Neira (Naira)?

Jawab: adalah nama sebuah pulau di daerah Maluku, Indonesia.

Menurut sejarah, banyak tokoh penting Indonesia yang dibuang kesana pada saat jaman penjajahan Belanda, diantaranya adalah Muhammad Hatta dan Sutat Sjahrir.

Siapa itu Banda Neira?

Jawab: Adalah nama sebuah grup band.

Jika sobat merupakan pengguna Twitter, maka salah satu trending topic hari ini adalah tentang band Banda Neira. Kenapa jadi heboh? karena pada hari ini band menyatakan secara resmi bubarnya mereka yang ditulis melalui akun instagram.com/bandaneira_official



Band ini terdiri dari Ananda Badudu dan Rara Sekar. Band ini membawakan gaya musik yang minimalis, easy listening tapi saat didengarkan seperti ada atmosfer... emm... gimana ya... seperti "out of this world".. seperti terasa kosong tapi disaat bersamaan feels beautiful...bingung ya Yah, kalau kata fans-nya sih "nelangsa" gitu. Nanti cek saja videonya dibawah. Dibawah ini adalah beberapa fakta menarik mengenai Banda Neira:

1. Menolak Dibilang Duo

Walau anggotanya dua orang, tapi mereka lebih memilih dipanggil "Band", bukan Duo

2. Alasan Pengambilan Nama

Banda Neira diambil dari nama pulau yang terletak di kepulauan Banda. Kenapa mengambil nama ini alasannya adalah karena berdasarkan catatan dari Sutat Sjahrir di bulan Juni 1936, walaupun dia dan Hatta dibuang di pulau tersebut, tapi sama sekali tidak merasa seperti ada di pembuangan, justru mereka merasa tidak asing. Bahkan Sjahrir mengatakan ”Di sini benar-benar sebuah firdaus

3. Merupakan proyek iseng

Pada awalnya Banda Neira merupakan proyek iseng disela-sela kesibukan kerja Ananda Badudu dan Rara Sekar. Mereka berdua bahkan berpikir tidak akan ada orang yang mendengarkan musik mereka. Paling hanya kenalan dan keluarga saja yang dengarkan.

Tapi ternyata dugaan itu salah! Saat musik mereka di upload ke soundcloud, ternyata respon masyarakat cukup baik. Dan buktinya hari ini, saat mereka bubar sampai-sampai menjadi trending di Twitter. Saya yakin justru saat mereka bubar, makin banyak orang yang justru mengenal Banda Neira dan munkin menantikan comeback mereka.

4. Melakukan Musikalisasi Puisi

Dua puisi yang dimusikalisasi (yang saya tahu) adalah Derai-Derai Cemara-Chairil Anwar dan Rindu-Subagio Sastrowardoyo. Sobat perlu cek lagunya, dijamin keren.

5. Rara Sekar Pernah Memposting “Habib Rizieq:  Sebuah Wawancara, Sebuah Kesimpulan”

Walau imut-imut, tapi wanita ini ternyata aktivis Hak Asasi Manusia dan juga merupakan seorang yang pemberani. Dia sibuk melibatkan dirinya dalam persoalan masyarakat. Salah satu "kehebohan" yang pernah dia lakukan adalah mewawancarai Habib Rizieq dengan inisiasi dirinya sendiri dan dengan data serta persiapan yang relatif minim.

6. Tidak Mau Beri Tahu Alasannya Bubar

Walaupun sudah ditanyakan oleh beberapa pihak, tapi Banda Neira tetap bungkam alasannya bubar. Pihaknya hanya mengatakan, setelah pertimbangan yang matang, ini adalah yang terbaik.

7. Fans sudah merasakan "indikasi" akan bubarnya mereka justru saat rilis album

Selesai acara rilis album "Yang Patah Tumbuh Yang Hilang Berganti" di cafe PGP di wilayah Jakarta Selatan pada tanggal 30 Januari lalu, para penggemar yang datang sudah merasakan seperti ada "tanda-tanda". Para fans merasa sedih karena Rara akan pergi study ke New Zealand dan mereka tidak tahu kapan akan bisa mendengarkan Banda Neira lagi. Dan ternyata kekhawatiran itu terbukti sekarang saat Band ini dinyatakan resmi bubar

Fyi, Beberapa Album yang sudah diluncurkan adalah:

  • "Paruh Waktu" (2012)
  • "Berjalan Lebih Jauh" (2013)
  • "Kita Sama-Sama Suka Hujan" (2015) yang merupakan kolaborasi bersama Gardika Gigih, Layur, Jimi dan Sutasuma.
  • "Yang Patah Tumbuh Yang Hilang Berganti" (2016)


Itulah beberapa info mengenai Banda Neira. Jika penasaran, cek videonya berikut:

Jika dirasa artikel ini berguna, silahkan di share / dibagikan



Agar sobat tidak ketinggalan info dan tips berguna lainnya, ikuti media sosial kami (free):

Jika dirasa artikel ini berguna, silahkan di share / dibagikan

©2009-2017 gadoga.com - P13
Disclaimer | Kebijakan Privasi