Tanya: Apakah tablet Android nyaman digunakan untuk blogging?

19 Maret 2014

Berikut adalah pertanyaan yang masuk melalui halaman Cara Menghubungkan Keyboard Lengkap Dengan Mouse Pada Android:

tablet-android-usb-otg

Indonesia Jaya: 

Salam.
Terima kasih untuk artikel ini, saya memang belum pernah punya tablet android, selama ini pakai netbook dan sekarang rencananya mau beli tablet dan sebelum beli saya ingin cari informasi dulu sebanyak-banyaknya dan akhirnya sampai kesini.
Saya mau tanya:
1. Apakah USB OTG itu sama dengan USB Host?
2. Apakah Samsung Galaxy Tab 3 yang 7 inch tidak ada USB OTG?
3.Apakah tablet murah seperti Acer Iconia Tab B1-A71 bisa pakai USB OTG?
4.Apakah cara pakai notepad di tablet seperti di laptop?
5.Apakah klik kanan di tablet seperti di laptop?
6.Apakah copy paste di tablet seperti di laptop?

Demikian dan terima kasih. God bless you.

Jawab:

1. Sama
2. Saya belum bisa memastikan, tapi setau saya utk Galaxy Tab 3 yang 7 Inch dalam kondisi standar tidak support USB OTG.
3. Saya kurang tahu, yang pasti mahal atau murah tablet tidak menjamin bisa USB OTG atau tidak. Tablet Cina yang murah rata2 support USB OTG.
4. Notepad apa maksudnya? dan sama dalam hal pakai bagaimana? Kalau utk Text Editor di Android banyak macam aplikasinya. Rata2 support file .txt (Notepad). Utk fiturnya sama seperti di laptop (copy, paste, dsb) cuma beda cara pengoperasiannya.
5 dan 6. Klik kanan di tablet tidak ada. utk copy paste, dsb dilakukan dengan cara klik dan tahan pada text yang akan di edit. Tablet tidak support Ctrl+C, Ctrl+V, dsb.

Yang pasti, walaupun Tablet bisa melaksanakan semua fungsi yang laptop lakukan dalam hal mengedit teks, namun tetap lebih nyaman menggunakan laptop (setidaknya bagi saya).

Jadi, kalau mas/mba yang hendak menulis banyak atau melakukan pekerjaan menulis sering, misalnya sedang mengerjakan skripsi, sangat disarankan membeli laptop saja. Tapi kalau hanya jarang2 / hanya sedikit saja menulis, maka pakai Tablet + Keyboard masih ok / tdk masalah. Tq

Indonesia Jaya:

salam. tks mas replynya.
saya sudah cari info, memang kedua tab yang saya sebutkan tidak mendukung otg.

Ya notepad (text editor) itu yang saya maksud, biasanya saya memang simpan username/password di file txt, kemudian copas kalau mau login ke suatu web/forum.

Saya perlunya untuk ngeblog mas, jadi sangat perlu untuk klik kanan (buka tab baru, copy links ) Ctrl A, Ctrl C, Ctrl V. Kalau sudah pasang mouse dan keyboard apakah fungsi-fungsi tersebut tetap tidak bisa dilakukan ?

Demikian dan terima kasih. God bless you.

Jawab:

Kombinasi tombol Ctrl A, C, V tetap tidak berfungsi walaupun sudah menggunakan keyboard + Mouse. Tapi utk melakukan fungsi Copy, Paste, Cut, Select All masih bisa dilakukan namun metodenya berbeda. Contohnya, Kalau menggunakan mouse di Android, maka utk memilih kata (select), maka arahkan kursor ke kata yg mau dipilih, lalu klik dan tahan mouse sebelah kiri, nanti akan ada pilihan: Select dan select all (pilihan yg muncul tergantung os Android yang digunakan). Utk buka Tab Baru juga caranya hampir sama.

Intinya Fungsi Right Click di komputer, kalau di Android dilakukan dengan klik dan tahan beberapa detik. Dan utk kombinasi tombol Ctrl + C, dsb tidak dapat berfungsi.

Mouse kalau di pasang di Android, tombol kanan biasanya berfungsi untuk kembali (Back Button) dan pada beberapa tipe Android fungsinya sama dengan klik kiri.

Kesimpulan: (Apakah tablet Android nyaman digunakan untuk blogging?)

Kalau fungsinya hanya sekedar menulis blog singkat tanpa foto atau dengan foto tapi tidak banyak pengaturan, maka pakai Tablet masih OK.

Tapi kalau utk menulis blog yang panjang, dengan foto yang perlu diatur posisinya, tag pada foto, lalu harus bold atau bikin italic pada beberapa bagian tulisan (intinya banyak melakukan pengaturan blog), maka lebih baik pakai laptop / netbook. Belum lagi kalau traffic tinggi dan harus membalas banyak komentar, akan cukup merepotkan kalau hanya pakai tablet. Ada beberapa alasan misalnya:

  • Dari segi copy paste saja sudah memerlukan setidaknya 2 langkah dan lebih lama (harus tekan pada teks dulu), kalau di PC tinggal klik Ctrl+C, Ctrl+V beres.
  • Untuk memilih teks menggunakan mouse di Android tidak akan seakurat seperti menggunakan mouse di PC.
  • Tampilan web di Android terkadang tidak sama persis saat menggunakan PC, lalu ada beberapa fungsi web yang tidak bisa di akses melalui browser Android.

Tulisan ini berdasarkan pengalaman pribadi. Saya sudah mencoba beberapa tipe Android, mulai dari Samsung Note Series yg dilengkapi Stylus sampai Android TV Box dimana kita bisa langsung colok Mouse + Keyboard USB seperti layaknya komputer. Namun, tetap saja terasa kurang nyaman digunakan untuk bekerja atau menulis artikel, setidaknya hingga saat ini (tahun 2014). Siapa tahu, 2 tahun kedepan (tahun 2016-an) mungkin fungsi Tablet sudah benar2 bisa menggantikan fungsi netbook, baik dari kemampuan maupuan ke efektif-an dalam penggunaan. Salam,gadoga.com

Update 02 Maret 2016: Saat ini perangkat Android sudah mendukung perintah Ctrl+C / Ctrl+V, dsb untuk copy paste, cut, save, dll. Dan kemampuan perangkat Android saat ini sudah berkembang pesat.

Sekarang pertanyaannya apakah saat ini sudah bisa menggantikan Netbook / Laptop? Dalam beberapa sisi sudah bisa mulai menggantikan, misalnya untuk mengetik file Microsoft Word saat ini sudah bisa menggunakan aplikasi Android WPS Office yang sangat baik dari segi fungsi, kecepatan dan fiturnya. Tapi kalau untuk hal-hal lain, masih belum bisa 100% menggantikan.



Berlangganan (Free):



Copas emoticon: 😁 😃 😂 😅 😇 😈 😉 😊 😌 😍 😒 😓 😔 😳 😖 😘 😛 😡 😭 😱 😤 😎 👍 🙏

Jika dirasa artikel ini berguna, silahkan di share / dibagikan

Kembali ke atas 🚀

©2009-2017 gadoga.com - GIG17
Disclaimer | Kebijakan Privasi