APakah Tablet ANdroid Mendukung / Bisa pasang Keyboard & Mouse Wireless?

23 Februari 2016 Oleh Ted.

Sekitar beberapa hari yang lalu ayah saya datang ke tempat kerja saya untuk nitip nge print sebuah tulisan yang dibuat oleh beliau. Dia menulis tulisan yang cukup panjang menggunakan ponsel Android milik dia. Jadi tulisan text-nya perlu saya rubah menjadi file document terlebih dahulu baru saya transfer ke komputer agar bisa di print.

Dalam hati saya, apa beliau tidak pegal dan bosen mengetik sebanyak itu di layar ponsel Android yang terhitung relatif kecil

Setelah sampai di rumah, saya melihat ada tablet Android milik saya yang tidak terlalu sering digunakan, hanya sekali-sekali saja untuk baca Sun-Ken Rock dan One Punch Man . Dalam pikiran saya, sepertinya agak mendingan kalau ayah saya menggunakan tablet untuk menulis karena layarnya lebih besar. Selain itu saya juga penasaran, apakah tablet Android milik saya bisa dipasangkan mouse dan keyboard secara sekaligus sehingga nyaman digunakan.

Dulu saya pernah memasang Keyboard dan Mouse dengan port jenis ps/2 (kabel) pada Phablet Samsung Galaxy Note N7000. Artikelnya bisa dibaca disini.

Tapi kalau dari pengalaman dahulu, jika menggunakan kabel jadi agak sedikit ribet dan kurang praktis. Jadi sekarang pertanyaannya adalah, apakah ponsel / tablet Android mendukung atau support atau bisa dipasang keyboard + mouse wireless?

Jawabannya adalah: BISA, tapi tidak semua tablet / ponsel Android ya. Kalau perangkat Android anda support OTG (On The Go), maka kemungkinan besar bisa dipasang keyboard & mouse wireless.

Catatan: Keyboard Wireless (tanpa kabel) itu ada yang menggunakan Bluetooth dan ada juga yang menggunakan frekuensi 2.4 GHz. Yang akan dibahas disini adalah Keyboard + Mouse yang menggunakan sinyal 2.4 GHz.

Kelebihan keyboard jenis ini adalah harganya lebih murah dibanding keyboard Bluetooth dan juga daya tahan baterainya sangat awet (tidak perlu ganti baterai selama satu tahun penuh).

Tapi kekurangannya, harus menggunakan USB Receiver (harus ada yang dicolok ke tabletnya).

Jika Anda ingin menghubungkan ponsel / tablet Android dengan perangkat Keyboard Bluetooth, baca caranya klik disini.

Cara Menghubungkan Mouse + Keyboard Wireless Pada Tablet Android

1. Beli kabel USB OTG (On The Go)

Kabel ini harganya antara 20 ribu sampai kisaran 50 ribu. Gambar kabel OTG seperti dibawah:



Kabel USB OTG bisa dibeli dimana? Bisa dicari di toko komputer atau di toko aksesoris handphone.

2. Beli Keyboard + Mouse Wireless

Disarankan beli Keyboard + Mouse yang Combo. Artinya sudah satu paket dan hanya menggunakan satu USB Receiver. Jangan beli Mouse Wireless sendiri lalu beli Keyboard Wireless sendiri.

Menurut saya tidak masalah beli yang agak mahal sedikit, karena lebih awet dan seandainya tidak dipakai untuk tablet Anda, bisa digunakan untuk komputer atau laptop.

Saya sendiri menggunakan Keyboard + Mouse Combo merk Logitech tipe mk220. Untuk harganya adalah Rp. 225.000,- pada saat artikel ini ditulis (saya beli di tempat yang lumayan murah, kalau di tempat lain mungkin bisa lebih mahal).



Sedikit review (bukan promo loh), seri mk220 ini sudah saya gunakan selama bertahun-tahun dan awet sampai sekarang. Baterainya juga awet, seingat saya baterainya bisa sampai setahun lebih dengan pemakaian banyak. Sangat beda sekali dengan mouse wireless murahan yang pernah saya beli. Karena saya sudah pernah mendapat pengalaman positif dari tipe ini, maka saya membelikan tipe yang sama untuk ayah saya.

3. Hubungkan USB Receiver ke Tablet Via Kabel USB OTG

USB Receiver berfungsi untuk menerima sinyal dari Keyboard dan Mouse. Oleh karena itu pada point kedua diatas saya menyarankan membeli Mouse + Keyboard yang sudah paket / combo. Karena kalau tidak Combo, maka anda perlu menghubungkan dua USB Receiver (satu untuk keyboard, satu lagi untuk mouse).

Untuk cara menghubungkannya tinggal colok USB receiver ke kabel USB OTG lalu dicolok ke tablet Android.



4. Selesai

Yup, hanya begitu saja. Tidak perlu ada pengaturan khusus, dsb. Keyboard dan Mouse wireless bisa langsung digunakan ketika USB Receiver dihubungkan ke tablet Android.



Catatan (berdasarkan tablet milik saya):

  • Klik kanan mouse tidak berfungsi. Tablet saya jika klik kanan maka fungsinya sama dengan klik kiri
  • Scroll wheel mouse berfungsi
  • Tidak bisa menggunakan kombinasi keyboard Ctrl+C / Ctrl+V untuk copy paste. Jika ingin menyalin, sama seperti Android biasa. Klik dan tahan pada text yang mau disalin lalu klik copy

Update 02 Maret 2016: Saat saya gunakan di perangkat Android saya yang lain, ternyata keyboard sudah mendukung fungsi Ctrl+C (Copy), Ctrl+X (Cut), Ctrl+S (Save), Ctrl+V (Paste), dll. Jadi, sepertinya hal ini bergantung pada perangkat Android yang digunakan.

Tambahan: Salah satu aplikasi office atau pengolah dokumen yang sangat saya rekomendasikan adalah WPS Office. Aplikasi ini dapat mengedit dan buat baru file Microsoft Word, Excel, Text dan juga Powerpoint.

Dengan menggunakan kombinasi keyboard + mouse + aplikasi WPS Office, mengetik dokumen di tablet menjadi sangat menyenangkan dan mudah. Bahkan hampir bisa disamakan dengan menggunakan notebook (tapi tetap lebih nyaman pakai notebook).

Saya harap ayah saya bisa terbantu dengan keyboard + mouse wireless ini. (setelah tulis artikel ini saya langsung akan pergi ke rumah ayah ) Semoga bermanfaat - salam, gadoga.com




Berlangganan (Free):



Copas emoticon: 😁 😃 😂 😅 😇 😈 😉 😊 😋 😌 😍 😒 😓 😔 😳 😖 😘 😛 😡 😱 😤 😎 👍 🙏

Jika dirasa artikel ini berguna, silahkan di share / dibagikan

Kembali ke atas 🚀

©2009-2017 gadoga.com - GIG17
Disclaimer | Kebijakan Privasi