Cara Mengatasi Jam Tangan Tidak Menyala Setelah Ganti Baterai

16 April 2015 Oleh Ted

Ilustrasi: Jam tangan digital Tejo layarnya mulai redup, suara alarm terdengar kecil dan saat ditekan tombol lampu, angka-angka di layar semakin redup bahkan hilang.

Tejo berpikir untuk segera mengganti baterai arloji. Karena dalam "mode" pengiritan atau mungkin juga karena takut jam tangannya di utak-atik oleh tempat service atau bisa juga karena ada batre jam nganggur yang kebetulan tipenya sama, Tejo memutuskan untuk ganti baterai Arloji sendiri.

Dengan perlahan dan hati-hati Tejo buka case / tutup belakang arloji, lalu diputar baut atau kait yang menahan pegangan baterai. Setelah itu dia perhatikan tipe batre yang digunakan. Karena untuk jam digital bentuk-nya terkadang mirip hanya berbeda ketebalan, misalnya CR2016 lebih tipis dari CR2025. CR2025 lebih tipis dari CR2032, dsb.

Setelah yakin bahwa tipe baterainya sama, segeralah diganti yang lama dengan yang baru. Setelah dikencangkan baut-bautnya, bukannya senang tapi Tejo malah garuk-garuk kepala karena jam digitalnya mati total!

Tejo kemudian berpikir "Ah, mungkin baterai penggantinya yang rusak", segeralah diganti ke batere yang lama, tapi ternyata setelah terpasang arloji miliknya tetap mati. Nah Looo

Apakah Anda pernah mengalami seperti ilustrasi diatas? Bila ya, maka untuk mengatasi jam tidak mau menyala / mati setelah penggantian baterai caranya sangatlah mudah, tapi banyak yang belum mengetahuinya.

Berikut beberapa langkah untuk mendeteksi kira-kira kendalanya ada dimana:

1. Pastikan tipe baterainya sama

Beberapa baterai jam memiliki tampilan fisik yang mirip tapi sebenarnya berbeda, oleh karena itu pastikan menggunakan batre pengganti yang sama persis.

2. Pastikan pengunci baterai terpasang dengan baik dan pas

Lihat pengunci batrenya. Pastikan semua kontak terhubung dengan baik, jangan ada baut atau pengait yang longgar.

3. Short Circuit Kontak RESET Jam

Nah, pada tahap inilah masih banyak yang belum mengetahui trik-nya. Pada arloji digital biasanya terdapat dua buah kontak yang bersebelahan dan ada tulisannya "RESET" atau kadang tulisannya "AC" yang merupakan singkatan ALL Clear.

Yang perlu Anda lakukan adalah menyambungkan kedua kontak tersebut menggunakan media besi, misalnya obeng minus. Jadi kontak yang kiri disambung ke yang kanan dengan perantara obeng besi (atau benda apapun yang penting keduanya tersambung).

Kalau istilah tukang jam, untuk "memantik" arloji. Kalau istilah teknis-nya adalah "short circuit" atau dibuat "korslet". Lebih jelasnya lihat gambar dibawah:



4. Bersihkan Konektor Baterai

Jam tidak mau menyala bisa juga disebabkan karena konektor baterainya kotor. Biasa terjadi karena baterai sudah habis tapi tidak cepat-cepat diganti yang baru sehingga menyebabkan cairan batre keluar dan membuat kotor konektor.

Untuk mengatasinya, bersihkan dengan menggunakan kain lembut di bagian konektor (sambungan yang menempel ke baterai), kerok-kerok sedikit jika ada kerak yang menempel.

Biasanya saya juga menggunakan sedikit minyak kayu putih untuk membersihkan, tapi jangan basah karena bisa merusak IC mesin.

5. Cek Kondisi Baterai

Kalau masih tidak mau menyala juga, kemungkinan kondisi baterainya yang memang kurang bagus. Batre walaupun masih disegel tetap bisa rusak karena perubahan cuaca, panas, dsb. Oleh karena itu Anda kerap menemukan "Expired Date" atau tanggal kadaluarsa di beberapa bungkus baterai.

Demikianlah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan jika jam tangan Anda tidak mau menyala setelah dilakukan penggantian baterai. Semoga bermanfaat salam, gadoga.com



Berlangganan (Free):



Copas emoticon: 😁 😃 😂 😅 😇 😈 😉 😊 😌 😍 😒 😓 😔 😳 😖 😘 😛 😡 😭 😱 😤 😎 👍 🙏

Jika dirasa artikel ini berguna, silahkan di share / dibagikan

Kembali ke atas 🚀

©2009-2017 gadoga.com - GIG17
Disclaimer | Kebijakan Privasi