Arti dua checklist biru di WhatsApp

Bagi pengguna WhatsApp yang sudah mengupdate aplikasi ini ke versi terbaru pasti ngeh kalau ada sedikit yang berbeda di tampilan percakapan aplikasi messenger ini. Perbedaan itu adalah munculnya dua tanda ceklist (centang) biru di percakapan. Anehnya hanya dengan orang-orang tertentu saja dua cheklist biru itu muncul. Apa artinya dua ceklist biru di WhatsApp? Berikut penjelasannya arti tanda centang di WA dan perbandingannya dengan Blackberry Messenger:

  • Gambar jam: Pesan belum terkirim (Di BBM juga sama gambar jam kalau belum terkirim)
  • Satu ceklist: Pesan sudah terkirim tapi belum di terima oleh ponsel penerima (Kalau di BBM juga sama, tanda satu ceklis)
  • Dua cheklist warna abu-abu: Pesan sudah berhasil terkirim dan diterima oleh pihak yg dituju (tapi belum dibaca). (Kalau di BBM tertulis D = Delivered)
  • Dua cheklist warna biru: pesan sudah terkirim dan sudah dibaca oleh penerima (Kalau di BBM tertulis R = Read)

Kalau di Group WhatsApp, arti satu ceklis adalah bila pesan sudah terkirim, arti dua check list warna abu-abu adalah kalau semua anggota Group sudah menerima pesan itu. Sedangkan kalau semua anggota Group sudah baca, maka tanda centang akan berubah jadi warna biru.

Tanya: Kenapa kalau ke orang-orang tertentu, tanda ceklist masih abu-abu terus, padahal orang itu sudah baca bahkan balas pesan saya?

Jawab: Fitur ceklis biru muncul pada versi WhatsApp terbaru, yaitu saat artikel ini ditulis versi 2.11.432. Apabila baik ponsel penerima atau pengirim masih menggunakan versi WA yang lama, maka fitur ini tidak ada. Jadi, kalau Anda tidak suka dengan fitur ini, jangan upgrade ke WA yang baru, namun biasanya suatu saat WhatsApp akan menyuruh anda mau tidak mau harus upgrade ke versi terbaru atau Anda tidak akan bisa menggunakannya.

Untuk melihat detil kapan pesan itu dibaca dapat dilakukan dengan cara meng klik lalu tahan pesannya lalu klik huruf (i) dalam lingkaran di bagian atas. Dengan begitu Anda dapat mengetahui kapan pesan itu terkirim (delivered) dan dibaca (read). Lihat gambar dibawah:

Warna abu-abu= terkirim Warna biru = terbaca

Warna abu-abu= terkirim
Warna biru = terbaca

Demikianlah info arti dua ceklist pada aplikasi WhatsApp, semoga bermanfaat


©2009-2017 gadoga.com
Disclaimer | Kebijakan Privasi