Banyaknya Aplikasi yang Dapat Diinstall Pada Handphone Android

Tanggal 1 Juni 2011

Berikut adalah pertanyaan yang masuk kepada Kami melalui halaman Tanya-Jawab:

Pertanyaan 1: Mau nanya mas, samsung galaxy gio bisa instal aplikasi di memori external gx? Trima kasih.

Pertanyaan 2: Mau nanya mas, samsung galaxy gio bisa diisi aplikasi banyak gx??

Agar pada halaman tersebut tidak terlalu penuh, maka pertanyaan tersebut akan kami jawab pada postingan berikut.

Jawab:

Pertanyaan 1: Pada Samsung Galaxy Gio atau pada handphone Android yang menggunakan sistem operasi Froyo 2.2 keatas sudah terdapat fitur untuk dapat memindahkan aplikasi ke SD Card / memori external. Cara memindahkannya dapat dilakukan sebagai berikut:

  • Kembali ke layar Utama (home screen) dengan menekan tombol HOME
  • Tekan tombol MENU
  • Pilih settings (Pengaturan)
  • Pilih Applications (Aplikasi)
  • Manage Applications (Kelola Aplikasi)
  • Pilih aplikasi yang mau dipindahkan ke SD card
  • Sentuh Move to SD card (Pindahkan ke SD card).

Walaupun demikian, tidak semua aplikasi dapat dipindahkan ke SD Card. Hal bisa jadi disebabkan karena dua hal:

Pertama, pihak pengembang atau pembuat aplikasi berkeputusan bahwa aplikasi buatannya bekerja lebih optimal jika diinstall pada memori telepon atau aplikasi tidak dapat bekerja dengan baik dan crash (rusak) jika dipindahkan ke SD Card, sehingga mereka memutuskan agar aplikasi tidak bisa dipindah ke SD Card.

Kedua, memang pihak pengembang atau pembuat aplikasi belum membuat aplikasi tersebut dapat dipindahkan ke memory card dengan alasan keterbatasan waktu, biaya, tingkat kerumitan atau alasan lainnya. Namun, biasanya pihak pengembang aplikasi akan berusaha agar aplikasi buatannya kedepan bisa dipindah ke SD card. Bila Anda mengunduh (download) aplikasi melalui Android Market, maka Anda hanya perlu menunggu update aplikasi tersebut.

Pertanyaan 2: Banyaknya Aplikasi yang dapat diinstall pada Handphone Android tergantung dari besarnya sisa memori dan juga besarnya aplikasi. Sebagai contoh, free memory internal Galaxy Gio seingat saya sekitar 150 MB lebih. Jadi, jika besarnya Aplikasi rata-rata antara 2 – 4 MB, maka kurang lebih aplikasi yang dapat terinstall sekitar 40 – 70 aplikasi. Kalau untuk Game rata-rata besarnya antara 4 – 8 MB, untuk game yang berat / HD bisa lebih dari 20 MB, jadi banyaknya game yang bisa diinstall tergantung dari besarnya game.

Perkiraan tersebut adalah jika semua aplikasi diinstall pada memori telepon, namun jika dari pihak pengembang aplikasi / game menyediakan pilihan untuk dapat menginstall di SD card, maka Anda dapat memindahkan aplikasi tersebut dari memori telepon ke SD card. Jadi, banyaknya aplikasi yg dapat diinstall lebih bergantung dari besarnya kapasitas SD card yang digunakan.

Sebagai catatan, walaupun aplikasi telah dipindah ke SD Card, namun biasanya akan tetap “memakan” atau menggunakan sedikit memori internal telepon.

Artikel terkait:



Berlangganan (Free):



Copas emoticon: 😁 😃 😂 😅 😇 😈 😉 😊 😋 😌 😍 😒 😓 😔 😳 😖 😘 😛 😡 😱 😤 😎 👍 🙏

Jika dirasa artikel ini berguna, silahkan di share / dibagikan

Kembali ke atas 🚀

©2009-2017 gadoga.com - GIG17
Disclaimer | Kebijakan Privasi