Review PowerAmp Music Player dan Tips Agar Tidak Memainkan Folder Ringtone

07 Mei 2015 Oleh Ted

Daftar Isi:

Jujur saja saya agak bingung mau kasih judul apa tulisan kali ini Intinya begini, awalnya saya mau menulis salah satu kekurangan aplikasi PowerAmp, yaitu aplikasi music player ini memainkan semua file musik atau suara yang tersimpan di SD card.

Jadi kalau Ada folder ringtone, video atau file suara visual efek dari game yang terinstall maka file tersebut akan muncul di playlist atau daftar lagu poweramp, hasilnya banyak file suara (bukan musik) yang tidak diinginkan dan mengganggu.

Tapi sebelum membahas cara mengatasi hal tersebut, saya akan sedikit me-review tentang aplikasi ini terlebih dahulu.

REVIEW PowerAmp

Apakah Anda tahu aplikasi music player Android yang bernama PowerAmp? Aplikasi ini bisa dibilang adalah salah satu music player Android terbaik dan sudah ada sejak lama hingga saat artikel ini ditulis sudah sering kali mendapatkan update fitur maupun perbaikan kualitas (suara).

Aplikasi ini tidak gratis namun harganya terbilang murah, hanya 12 ribuan saat ini. Disini Anda tidak akan menemukan file apk PowerAmp, crack-nya atau unlocker full versionnya. Kalau Anda berminat bisa membelinya menggunakan kartu kredit atau menggunakan pulsa.

Saya sudah menggunakan aplikasi pemutar musik ini sekitar dua tahunan, dan sebelumnya saya pernah mencoba banyak sekali music player yang berbeda, namun ujung-ujungnya kembali lagi ke PowerAmp. Ada tiga alasan utama kenapa saya memilih aplikasi ini, yaitu:

Kualitas Suara Yang Mumpuni + Equalizer

Alasan utama saya setia menggunakan PowerAmp adalah karena kualitas suaranya. Memang tidak akan sebaik DAP (Digital Audio Player) mahalan, tapi untuk ukuran perangkat Android bisa dibilang cukup baik.

Aplikasi ini dilengkapi dengan Equalizer dan juga Tone / Vol yang bisa digunakan untuk Treble atau Bass Boost (menambah suara Treble dan Bass bias lebih "nendang").

Bila Anda penggemar musik jedag-jedug, R&B, Hip Hop, Rap dan sebagainya, saya rasa akan menyukai output suara bass maupun treble yang powerfull.



Dapat Memainkan Folder

PowerAmp bisa memainkan musik yang ada di folder tertentu saja. Jadi kalau Anda memiliki dua folder musik misalnya satu judulnya: "Musik Indonesia Terbaru" dan satu lagi "Musik Barat", maka aplikasi music player ini bisa hanya memainkan folder "Musik Indonesia Terbaru" saja, dan file yang ada di "Musik Barat" tidak dimainkan. Kalau pemutar musik bawaan Android biasanya tidak bisa melakukan hal tersebut, jadi semua file musik dicampur.

Ada Fasilitas Timer

Fungsi timer adalah untuk mematikan secara otomatis aplikasi PowerAmp dalam jangka waktu tertentu. Berguna misalnya kalau Anda ingin tidur sambil mendengarkan musik dan ingin musik berhenti setelah beberapa saat.

Untuk menggunakan fasilitas timer klik Settings > Klik Timer > Lalu Set rentang waktu dengan menggeser slider yang ada di tengah. Pilihan Waktunya mulai dari 5 Menit sampai 120 Menit.

Kalau ingin lagu terakhir diputar sampai habis (tidak terpotong tiba-tiba saat timer habis), centang "Play Last Song To End".


Kekurangan PowerAmp

Seperti sudah saya ceritakan di awal artikel, salah satu kekurangan PowerAmp adalah saat mendata lagu yang disimpan di ponsel, semua file suara diikutkan atau ditampilkan di playlist (daftar lagu).

Efeknya suara-suara file yang bukan musik, seperti ringtone, Notifikasi, sound efek game (misalnya suara tembakan), dll akan bermunculan dan akan mengganggu karena jumlahnya sangat banyak.

Hal ini dikarenakan PowerAmp menghiraukan file .nomedia di folder suara (hal ini akan saya jelaskan di lain artikel).

Kalau dibilang kekurangan sebenarnya tidak juga, tapi mungkin karena saya tidak tahu bagaimana cara mensiasatinya he he. Untuk mengatasi hal ini sangat mudah, berikut caranya:

Cara 1: Atur agar file yang diputar adalah yang berdurasi panjang

  • Buka PowerAmp
  • Masuk ke Settings (klik Tiga kotak kecil di kanan atas > Settings)
  • Klik "Folders and Library"
  • Klik "Ignore Short Tracks (Notifications, etc)"
  • Pilih durasi. Misalnya kalau pilih 30 (detik), maka semua file suara yang berdurasi dibawah 30 detik tidak akan dimunculkan di playlist.

Cara ini efektif untuk tidak menampilkan file-file notifikasi, ringtone dan juga sound effect dari file game, dsb. Namun file-file yang berdurasi diatas 30 detik tetap akan muncul, misalnya folder video, dsb.

Cara 2: Pilih Folder yang ingin ditampilkan

Kita dapat memilih folder mana saja yang ingin ditampilkan di playlist, caranya sebagai berikut:

  • Buka PowerAmp lalu klik Settings
  • Klik Folders and Library
  • Klik Music Folders
  • Beri centang pada folder yang ingin ditampilkan dan hilangkan tanda centang pada folder yang ingin disembunyikan.



Yup, hanya itu saja. Cara yang sederhana tapi banyak yang belum tahu, saya termasuk salah satunya

Demikianlah review salah satu aplikasi music player terbaik Android dan sedikit "kekurangan"-nya. Bila Anda sudah sering mencoba banyak aplikasi pemutar musik dan belum menemukan yang cocok, tidak ada salahnya mencoba PowerAmp.

Aplikasi ini ada versi Trial-nya, jadi Anda bisa tes kemampuannya dulu selama beberapa hari sebelum aplikasi ini tidak bisa digunakan. Kalau Anda suka, saya sangat menyarankan untuk membeli versi Aslinya, jangan cari bajakan PowerAmp, karena versi crack biasanya bukan versi terbaru dan juga rentan virus.

Dengan membeli yang asli dan secara resmi melalui Google Play Store, Anda telah membantu pembuat aplikasi untuk terus memperbaiki produknya. Selain itu Anda juga tidak akan rugi, karena bila Anda mengganti ponsel atau tablet Android, Anda bisa menginstall PowerAmp Unlocker (Full Version) tanpa bayar ulang lagi, selama Anda menggunakan akun Google yang sama seperti sebelumnya (saat Anda beli).



Berlangganan (Free):



Copas emoticon: 😁 😃 😂 😅 😇 😈 😉 😊 😌 😍 😒 😓 😔 😳 😖 😘 😛 😡 😭 😱 😤 😎 👍 🙏

Jika dirasa artikel ini berguna, silahkan di share / dibagikan

Kembali ke atas 🚀

©2009-2017 gadoga.com - GIG17
Disclaimer | Kebijakan Privasi