Cara Aktifkan USB Debugging ANdroid

25 Juli 2015

Apa Itu USB Debugging?

Adalah sebuah pengaturan pada perangkat Android yang berfungsi agar ponsel (atau tablet) dapat terkoneksi baik dengan program Android SDK (Software Development Kit) di komputer saat dihubungkan menggunakan kabel data (USB).

Secara sederhana, kalau Anda mau utak-atik sistem di Android menggunakan aplikasi komputer seperti ANDROID SDK, program root di komputer, dsb, maka USB Debugging harus aktif. Kalau tidak aktif, maka Anda tidak bisa mengubah file system perangkat Android Anda.

Cara Aktifkan USB Debugging Android:

Untuk Android Gingerbread (2.3) Kebawah:

  1. Buka Setting (Pengaturan)
  2. Application (Aplikasi)
  3. Development (Pengembangan)
  4. Centang USB Debugging. (Debug USB)

Untuk Android 4.0 ICS (Ice Cream Sandwich):

  1. Buka Setting (Pengaturan)
  2. Developer option (Pengaturan / Opsi Pengembang)
  3. Klik USB Debugging

Untuk Android 4.1 Keatas:

Untuk versi ini, menu Developer Options disembunyikan, jadi yang harus Anda lakukan sebagai berikut:

  1. Buka Settings / Pengaturan, lalu gulir / scroll kebawah dan klik About Phone (Tentang Ponsel)

  2. Setelah itu pada bagian bawah, klik tulisan "Build Number" (Nomor Bentukan) selama 7 Kali. Setelah 4 kali Anda klik akan muncul tulisan "You are now 3 steps away from being developers" / Tinggal 3 langkah untuk menjadi pengembang > klik terus sampai muncul tulisan "You are now developers!" / Sekarang Anda adalah seorang pengembang! Catatan: Pada beberapa tipe, dibutuhkan klik sampai 10 kali lebih, jadi Anda harus klik sampai ada keterangan bahwa Anda sekarang adalah developer.

  3. Tekan tombol BACK / Kembali (Anda akan kembali ke menu settings / pengaturan), setelah itu klik Menu "Developer Options" / Opsi Pengembang.

  4. Setelah itu, cari dan centang tulisan "USB Debugging" / Debugging USB > Selesai

CATATAN:

Pada beberapa tipe ponsel, untuk bisa mengaktifkan USB Debugging harus menggunakan password terlebih dahulu. Biasanya yang diberi password adalah ponsel-ponsel bundling operator seperti misalnya Andromax yang dijual oleh Smartfren.

Tujuannya tentu saja agar pengguna tidak bisa mengutak-atik sistem Android miliknya. Misalnya untuk unlock ponsel agar bisa menggunakan operator lain yang bukan bundling operator.

Menurut saya wajar saja dikunci karena Smartfren mensubsidi harga ponsel Android yang mereka jual (makanya harga bisa murah), sehingga mereka tidak mau bila pengguna Andromax pakai operator lain (misalnya Esia, Flexi, dsb).

He he, sebenarnya ironi juga saya memberikan tutorial cara masuk USB Debugging tapi screenshotnya menggunakan ponsel Andromax G2 QWERTY yang mana mode tersebut tidak bisa diaktifkan (karena saya tidak tahu passwordnya)

Cara Menonaktifkan Developer Options

Untuk menyembunyikan mode / opsi pengembang, yang perlu dilakukan sebagai berikut:

  • Buka Settings / pengaturan
  • Klik Developer Options / Opsi Pengembang
  • Klik pada tulisan ON / Aktif di kanan atas sampai berubah jadi tulisan OFF / MATI (lihat gambar dibawah)


Demikianlah info cara mengaktifkan Developer Options / Opsi Pengembang dan juga USB Debungging di Android. Semoga bermanfaat Salam - gadoga.com



Berlangganan (Free):



Copas emoticon: 😁 😃 😂 😅 😇 😈 😉 😊 😌 😍 😒 😓 😔 😳 😖 😘 😛 😡 😭 😱 😤 😎 👍 🙏

Jika dirasa artikel ini berguna, silahkan di share / dibagikan

Kembali ke atas 🚀

©2009-2017 gadoga.com - V.11.09.7
Disclaimer | Kebijakan Privasi