Belajar Tulisan Jepang (Hiragana dan Katakana) Dengan Mudah

13 Februari 2016 Oleh Ted

Sekitar dua bulan yang lalu saya mulai belajar bahasa Jepang. Ada beberapa hal yang membuat saya tertarik dengan negeri sakura ini. Beberapa hal tersebut adalah:

  • Saya suka anime Jepang
  • Saya suka Manga (seperti One Punch Man )
  • Saya menyukai karakter orang Jepang yang pantang menyerah
  • Saya menyukai semangat orang Jepang.
  • Beberapa alasan lainnya

Karena alasan-alasan tersebutlah saya menjadi tertarik dengan bahasa Jepang dan ingin mempelajarinya. Pasti akan berguna jika nanti saya pergi kesana.

Namun karena keterbatasan waktu, saya saat ini tidak mungkin mengikuti kursus bahasa Jepang. Jadi untuk saat ini saya belajar sendiri menggunakan informasi dari internet.

Inti dari artikel kali ini sebenarnya saya hanya ingin membagikan dua alamat website yang sangat membantu saya dalam belajar menulis Katakana dan Hiragana.

Sebagai catatan, saya menyukai Jepang bukan berarti saya tidak cinta Indonesia ya

Sejarah Singkat Tulisan Jepang

Sebelum abad ketiga masehi, di Jepang bisa dikatakan tidak ada metode penulisan yang resmi. Kemudian mereka mengadaptasi gaya penulisan dari Cina dan dinamakan Kan-Ji (karena berasal dari dinasti Kan di Cina).

Seiring berjalannya waktu dan semakin berkembangnya karya sastra di Jepang, tulisan Kanji dirasa terlalu sulit karena bentuknya rumit. Oleh karenanya mulai dipikirkan tulisan yang lebih sederhana dan akhirnya muncul huruf Kana (Hiragana dan Katakana).

Huruf Kana merupakan bentuk lebih sederhana dari Kanji. Jika Huruf Kanji terlihat sangat rumit, maka huruf kana kebanyakan hanya mengambil sebagian bentuk huruf Kanji, misalnya huruf kanji yang dipotong setengah lalu disederhanakan, dsb. Namun ada juga huruf Kana yang diciptakan bersasarkan penyebutan huruf Kanji.

Tiga Jenis Huruf Jepang

1. Kanji

Merupakan huruf yang tersulit dan bahkan dikatakan salah satu huruf paling rumit yang ada di bumi ini (karena saking banyaknya).

Pada umumnya satu huruf Kanji melambangkan sebuah makna atau arti tanpa perlu bantuan huruf yang lain.

2. Hiragana

Dikatakan bahwa huruf ini adalah yang paling sederhana dan banyak digunakan oleh Wanita di jaman dahulu. Penulisan Hiragana adalah huruf yang diajarkan pertama kali di Sekolah dasar.

Bahasa Jepang seluruhnya bisa ditulis menggunakan huruf Hiragana. Namun jika seseorang hanya bisa menulis hiragana akan dianggap memiliki pengetahuan yang kurang terhadap bahasa Jepang.

3. Katakana

Huruf Katakana memiliki bentuk yang lebih tajam dan tegas dibandingkan Hiragana. Pada umumnya digunakan untuk menuliskan kata-kata serapan dari bahasa Asing, untuk kata-kata yang baru diciptakan dan juga untuk penulisan nama perusahaan.

Tidak seperti Kanji, Baik Katakana dan Hiragana, keduanya harus dipadukan dengan satu atau lebih huruf kana yang lain agar bisa bermakna. Atau dengan kata lain, satu huruf kana tidak bermakna apa-apa.

Cara Belajar Huruf Jepang

Banyak orang bingung harus belajar huruf apa terlebih dahulu. Apakah Hiragana lebih dahulu atau Katakana, atau malah Kanji?

Kalau berdasarkan pengalaman saya belajar huruf Kana, maka lebih mudah belajar Hiragana dahulu. Setelah Hiragana saya kuasai dan mulai belajar Katakana, pada awalnya saya merasa Katakana kok sepertinya lebih mudah, tapi ternyata tidak demikian .

Secara penulisan Katakana memang mudah, tapi yang membuatnya sedikit sulit adalah karena beberapa huruf memiliki bentuk yang mirip.

Metode pembelajaran saya adalah, satu huruf Jepang setiap hari. Banyak orang yang tidak mau belajar huruf Jepang karena melihat bentuknya rumit dan akhirnya tidak mau mencoba. Tapi dengan hanya belajar satu huruf sehari, menurut saya semua orang akan bisa melakukannya. Kalau kata peribahasa, sedikit demi sedikit menjadi bukit

Yang penting dimulai dari sekarang dan tahun depan anda sudah mengetahui dan bisa menulis 365 huruf Jepang yang terdiri dari campuran Kana dan Kanji.

Tapi kalau kalian diburu oleh deadline (misalnya bulan depan harus pergi ke Jepang) ya di sesuaikan saja dengan kemampuan masing-masing. Misalnya beberapa huruf dalam sehari.

Website Cara Menulis Katakana dan Hiragana

Dibawah ini adalah dua website yang sangat membantu saya dalam menulis huruf Kana. Sedangkan untuk huruf Kanji saya belum ketemu website yang pas alias mudah untuk di mengerti.

Website #1: www.easyjapanese.org

Web ini mengajarkan bagaimana caranya menulis Hiragana dan Katakana lengkap dengan urutannya. Jika kita menulis huruf jepang dengan urutan yang salah (walau hasil akhirnya sama), warga Jepang akan menilai pengetahuan kita tentang bahasa mereka masih sangat kurang.

Di website ini anda bisa belajar huruf Hiragana, Katakana, bahkan ada quis dan permainan untuk membantu anda mengingat huruf jepang.



Kunjungi situsnya klik disini. Setelah itu tinggal pilih menu yang disebelah kiri. Untuk menulis Hiragana, pilih "How to write Hiragana", Katakana pilih "How to write Katakana".

Website #2: Wikibooks

Pada website ini diajarkan cara menghapal huruf Kana dengan bantuan gambar. Contohnya ada seperti dibawah ini:



Demikianlah dua website yang saat ini sangat membantu saya dalam belajar huruf kana Jepang. Bagaimana dengan huruf kanji? Untuk hal itu saya pikirkan nanti saja he he he. Saya pasti juga akan belajar bahasa Kanji, nanti kalau sudah menemukan website yang enak dan cukup mudah akan saya akan infokan di website ini (mungkin ).

Bagi kalian yang sudah merasa jiper (takut) karena melihat huruf kanji yang begitu rumit dan akhirnya malas belajar huruf Jepang, maka saya beritahu satu hal, yaitu: Orang Jepang sendiri banyak kok yang tidak bisa menulis kanji Mereka pada umumnya hanya mengetahui huruf kanji yang umum digunakan saja.

Dan itulah tujuan saya saat ini, yaitu sekedar mengerti bahasa Jepang, tapi saya belum memiliki rencana untuk menjadi ahli. he he he

Demikianlah artikel cara belajar bahasa / huruf Jepang (Katakana dan Hiragana) dengan mudah. Semoga bermanfaat, salam - gadoga.com




Berlangganan (Free):



Copas emoticon: 😁 😃 😂 😅 😇 😈 😉 😊 😌 😍 😒 😓 😔 😳 😖 😘 😛 😡 😭 😱 😤 😎 👍 🙏

Jika dirasa artikel ini berguna, silahkan di share / dibagikan

Kembali ke atas 🚀

©2009-2017 gadoga.com - V.11.09.7
Disclaimer | Kebijakan Privasi