Cara Download Game dan Aplikasi di Play Store Android untuk Pemula

Sebenarnya saya sudah pernah menulis tutorial cara install aplikasi di Android, namun ternyata masih banyak yang belum mengetahui cara install aplikasi Android dari Play Store (dulu bernama Android Market). Oleh karena itu pada artikel kali ini saya akan mengajarkan caranya lebih detil.

1. Pastikan Anda terkoneksi ke internet

Sebelum memulai, pastikan Anda terlebih dahulu terhubung ke internet. Bisa melalui jaringan telepon atau bisa juga melalui wi-fi. Untuk cara settingnya bisa membaca artikel: Cara Setting Internet Android klik disini

2. Buka aplikasi Play Store

Dari daftar aplikasi, cari lalu klik Aplikasi Play Store, ikon applikasinya seperti gambar dibawah:

install-aplikasi-play-store

3. Buat akun Google

Setelah klik aplikasi Play Store, Anda akan diberikan pilihan untuk membuat akun Google atau memasukkan Akun Google yang sudah ada. Yang dimaksud akun Google adalah akun produk-produk Google seperti Youtube, Gmail, Google+, dll.

3.1 Kalau Anda sudah memiliki Akun Google, klik “Existing / Yang Sudah Ada”  > Masukkan alamat email dan Password Anda lalu klik next (tombol panah di kanan bawah)

3.2 Kalau Anda belum memiliki akun Google, klik “New/Baru”

3.2.1 Setelah itu masukkan nama depan Anda pada kolom “First/Pertama” dan masukkan nama belakang Anda pada kolom “Last/Belakang”, lalu klik tombol panah di kanan bawah.

3.2.2. Tulis nama akun Google (alamat email) yang Anda inginkan lalu klik tanda panah di kanan bawah > tunggu beberapa saat

Kalau ada tulisan ‘The username isn’t available/Nama pengguna tidak tersedia”, berarti alamat email tersebut telah digunakan oleh orang lain, Anda harus memilih nama yang lain atau klik “touch for suggestions / sentuh untuk melihat saran” lalu pilih salah satu nama yang disarankan > setelah itu klik “Try Again/Coba Lagi”

cara membuat akun google

3.2.3. Masukkan Password/kata sandi yang Anda inginkan (pilih sendiri) pada kolom password / Sandi, ulangi password yang sama pada kolom “ReType password/Ketik Ulang Sandi” (untuk memastikan Anda tidak salah ketik Password), setelah itu klik tanda panah di kanan bawah (next).

3.2.4. Anda akan diminta untuk memasukkan Recovery Information/Informasi pemulihan yang berguna saat Anda lupa password email Anda. Klik “Choose a security question/Pilih Pertanyaan keamanan” lalu pilih salah satu pertanyaan yang Ada, misalnya: “First phone number?” (nomor telepon pertama?). Setelah itu isi nomor telepon pertama anda pada kolom “Answer/Jawaban”. Pada bagian “recovery email address/Alamat email pemulihan” diisi oleh alamat email Anda yang lain, namun bila tidak punya di kosongkan saja. Setelah itu klik panah kanan bawah.

cara-bikin-email-google

3.2.5. Klik “Join Google+/Gabung Google+” jika ingin mendaftar pada Google+ atau klik “Not Now/tidak sekarang”untuk melewatinya. Setelah itu klik tombol kanan bawah sampai selesai.

3.2.6. Bila muncul gambar captcha (lihat gambar dibawah), ketik ulang tulisan yang muncul seperti pada gambar

apa-itu-captcha

pada contoh diatas, gambarnya menunjukkan tulisan “byeli” dan kita harus mengetikkannya ulang dibawah. lalu klik next (panah di kanan bawah)

3.2.7. Tunggu hingga akun Anda selesai dibuat

3.2.8. Apabila Anda berencana melakukan pembelian di Play Store menggunakan kartu kredit > klik Set Up Credit Card > lalu ikuti langkah-langkah yang ditunjukkan pada layar. Bila tidak memiliki kartu kredit atau tidak ingin memasukkan data kartu kredit, klik “Not Now/Tidak sekarang”

4. Download aplikasi atau game dari Play Store

Setelah selesai membuat akun, Anda sekarang sudah bisa langsung mendownload aplikasi atau game melalui Play Store.

Contoh: Anda ingin download games, maka yang harus Anda lakukan adalah klik kategori “Games” / Permainan> tunggu loading beberapa saat, setelah itu Anda dapat menggeser layar ke kanan atau kekiri untuk mencari game yang Anda inginkan. Aplikasi Game / Permainan ada yang gratis ada juga yang berbayar. Kalau yang gratis ada tulisannya “free” / Gratis, kalau yang berbayar ada tulisan harganya.

Klik pada game yang ingin Anda install, lalu klik “Install / Pasang” > setelah itu tinggal tunggu sampai selesai.

cara-download-aplikasi-android-play-store

Setelah selesai, aplikasi game akan muncul pada daftar aplikasi (App Drawer).

Apabila Anda ingin mencari game dengan genre tertentu, bisa dengan cara melakukan pencarian. Caranya klik ikon pencarian (search) yang terletak di kanan atas (gambarnya seperti lup / kaca pembesar), setelah itu ketikkan kata kuncinya. Misalnya ingin mencari game bola, maka tinggal ketikkan: football game pada kolom pencarian lalu klik tombol Search pada keyboard > tunggu beberapa saat sampai muncul daftar game bola > klik pada salah satu game yang ingin Anda install lalu klik “Install / Pasang”

cara-install-aplikasi-android

Catatan: Walau aplikasi tertulis gratis, namun untuk download atau mengunduhnya tetap dikenakan tarif data yang besarnya sesuai dengan tarif masing-masing operator telepon. Lebih jelasnya bisa dibaca pada artikel: “Aplikasi Android katanya gratis, tapi kok pulsa habis?”

Demikianlah tutorial cara download aplikasi Android melalui Google Play Store, semoga bermanfaat


©2009-2017 gadoga.com
Disclaimer | Kebijakan Privasi