Cara Ganti Baterai CASIO MQ24 & MQ76

25 April 2015 oleh Ted

CASIO MQ24 merupakan arloji analog (menggunakan jarum jam). Biasa dijual dengan harga dibawah 200 ribu rupiah atau setidaknya 200 ribu lebih sedikit (saat artikel ini ditulis) membuat jam tangan original ini laris manis di pasaran.

CASIO MQ76 adalah arloji yang memiliki desain mirip dengan MQ24 namun dengan harga sedikit mahal. Desain penutup baterai kedua tipe ini memiliki bentuk yang mirip dan cara mengganti baterai jam-nya pun sama.

Casio MQ24 dan MQ76 memiliki desain penutup jenis snap on atau tidak menggunakan baut. Karena belum menggunakan baut, maka kedua jam ini tidak bisa dipakai untuk berenang.

Cara Mengganti Baterai Arloji CASIO MQ24 / MQ76:

Alat-alat yang dibutuhkan adalah obeng kecil dan juga alat pembuka case. Kalau tidak punya alat buka casing, bisa pakai benda lain yang mirip.

1. Lepas Tali Jam

Untuk memudahkan, disarankan tali jam dilepas dahulu dengan cara menekan pin pengunci tali kearah dalam menggunakan obeng kecil. Sebelum itu, letakkan semacam kain tanpa bulu, atau benda apapun yang lembut di bawah arloji untuk mencegah kaca jam menjadi baret.

Catatan: Tahap melepas tali jam sebenarnya tidak harus dilakukan. Lepas tali jika mengalami kesulitan dalam membuka casing belakang.



2. Buka case / tutup belakang

Untuk membuka case belakang jam CASIO MQ24 atau MQ76 sangatlah mudah, namun banyak yang belum tahu caranya.

Yang harus Anda lakukan cukup congkel di bagian ujung tutup baterai yang ada sela-nya (lihat gambar dibawah).



Perhatian: Jangan menggunakan pisau dapur untuk mencongkel. Karena pisau dapur biasanya tipis dan mudah patah.

3. Ganti Baterai Jam

Setelah tutup belakang terbuka, ganti batre arloji dengan cara mencongkel / menggeser pengunci baterai seperti gambar dibawah. Hati-hati jangan sampai obeng mengenai kumparan atau benda yang berbentuk tabung karena hal tersebut bisa merusak mesin jam.

Catatan: Baterai untuk jam tangan CASIO tipe MQ24 & MQ76 adalah tipe SR626SW (biasanya buatan SONY). Anda tidak harus menggunakan baterai merk SONY, hanya saja pastikan tipenya sama (seri 626) dan batre tersebut adalah yang original, bukan KW.



Untuk memasang baterai jam yang baru tinggal lakukan langkah sebaliknya, yaitu geser pengunci baterai ke arah bawah > pasang baterai yang baru > pastikan baterai sudah dalam posisi yang pas.

Sebelum Anda memasang tutup belakang, perhatikan ada karet seal yang berguna untuk mencegah air masuk. Pastikan karet tersebut sudah pas pada posisinya, yaitu terletak di dalam alur seal atau semacam got / selokan dan tidak ada satu bagian karet pun yang berada diluar jalur.

Bila sudah, case belakang bisa ditutup dengan cara ditekan saja menggunakan tangan dan setelah itu tinggal pasang tali jam-nya.

Demikianlah cara mengganti baterai jam tangan CASIO MQ24 dan MQ76, semoga bermanfaat - Salam, gadoga.com



Berlangganan (Free):



Copas emoticon: 😁 😃 😂 😅 😇 😈 😉 😊 😌 😍 😒 😓 😔 😳 😖 😘 😛 😡 😭 😱 😤 😎 👍 🙏

Jika dirasa artikel ini berguna, silahkan di share / dibagikan

Kembali ke atas 🚀

©2009-2017 gadoga.com - GIG17
Disclaimer | Kebijakan Privasi