Cara ke Pasar Senen Naik Kereta


Tanggal 22 Juni 2017 Oleh Ted

Berhubung menjelang lebaran dan mungkin ada yang mau mudik dari stasiun Senen, maka kali ini kami akan menginfokan cara menuju ke stasiun Pasar Senen dengan KRL / Kereta Listrik yang sekarang lebih dikenal dengan nama Commuter Line.

Catatan: Stasiun Pasar Senen akan beberapa kali kami singkat jadi PS.


Kalau ini adalah kali pertama sobat naik KRL, disarankan baca artikel berikut:

Cara ke Pasar Senen Dari Bogor, Depok dan sekitarnya

Berlaku juga untuk yang mau naik KRL ke Senen dari daerah berikut:

  • Nambo, Gunung Putri, Cibinong, Pondok Rajeg
  • Cilebut, Bojong Gede, Citayam, Pondok Cina, Lenteng Agung, Pasar Minggu, Kalibata, Cawang, Tebet

Untuk ke Stasiun Pasar Senen dari daerah Depok, Bogor dan semua stasiun yang berada di bagian selatan sebelum St. Manggarai dapat dilakukan dengan 3 cara berikut:



Alternatif #1:
(Garis Warna Hijau)

Ini adalah alternatif yang paling murah dan mudah, tapi bisa jadi yang paling lambat. Sobat perhatikan Gambar 1 diatas. Alternatif pertama adalah yang ditandai oleh garis warna hijau. Berikut cara naik kereta dari Bogor, Depok ke pasar Senen:

  1. Sobat bisa langsung naik / menunggu kereta jurusan Bogor - Tanah Abang - Jatinegara (Tujuan akhir stasiun Jatinegara).
  2. Setelah itu sobat turun di Stasiun Gang Sentiong
  3. Dari St. Gang Sentiong, sobat sebrangi rel dan naik kereta jurusan baliknya (bebas mau naik kereta jurusan apa saja, karena St. Psr Snen hanya beda 1 stasiun). Setelah itu turun di St. Psr. Snn.

Catatan:

  • Kenapa harus turun di Gang Sentiong? Karena KRL dari arah Bogor / Depok TIDAK BERHENTI di Stasiun Pasar Senen. Tapi, kalau dari arah Jatinegara, tetap berhenti di PS. Jadi kita perlu "putar balik" agar bisa turun di Psr Snn.
  • Kalau sobat mau mudik naik kereta luar kota dari St. Psr Snn, maka sebaiknya jalan dari rumah 3 jam sebelum jam keberangkatan. Hah, 3 jam? Lama banget? Kenyataannya adalah, naik kereta dari Bogor, Depok dan sekitarnya ke PS memakan waktu yang cukup lama. Hal ini dikarenakan kita tidak bisa langsung turun di PS (mesti ke Gg Sentiong dulu). Dan nunggu kereta balik di Sentiong saja bisa menghabiskan waktu sampai lebih dari 30 Menit. Belum lagi kalau keretanya tertahan, dll. Memang kenyataannya sih, biasanya tidak sampai 3 jam, tapi lebih baik menunggu dari terlambat.

Kesimpulan:

  • Alternatif nomor #1 tidak disarankan kalau lagi buru-buru
  • Kalau seandainya sudah terlanjur naik kereta jurusan ini dan rasa-rasanya waktu sudah mepet. Sobat bisa turun di Stasiun Kemayoran lalu sambung naik moda transportasi yang lain (ojek, taksi, bajai, dll). Jadi, perhatikan jam. kalau waktu yang tersisa hanya sekitar 30 menitan, maka segera turun di Kemayoran.
  • Cara #1 cocok bagi yang punya waktu luang banyak dan tidak mau repot (paling mudah).

Alternatif #2:
(Garis warna merah)

Kembali perhatikan Gbr.1. Garis merah adalah alternatif kedua. Saya mendapatkan info #2 ini dari website capangker.com (sebelumnya saya tidak pernah berpikir utk pakai alternatif ini). Cara ini bisa jadi adalah yang tercepat diantara kedua alternatif naik kereta dari Depok / Bogor ke Pasar Senen. Berikut instruksinya:

  1. Sobat naik kereta jurusan Jakarta Kota.
  2. Turun di Stasiun Gondangdia (memiliki jarak paling dekat ke PS).
  3. Sambung naik bajai, ojek atau taksi ke Stasiun Pasar Senen.

Catatan:

  • Cara ini tercepat karena KRL jurusan Jakarta Kota banyak (sering lewat) dan juga pemberhentiannya paling sedikit
  • Estimasi Biaya Naik Ojek / Bajai sebesar 25-30 ribuan (saat artikel ini ditulis, tergantung tawar menawar juga), Taksi (kalau jalan lagi sepi) Sekitar 30 ribuan. Kalau pakai Ojek / Transportasi Online bisa lebih murah.
  • Kalau naik bis / angkutan umum dari Gondangdia (kalau tidak salah) naik bis Kopaja nomor P20 arah pasar senen. Tapi sekali lagi, saya belum pernah tes naik Kopaja P20 jadi tdk bisa jamin. Selain itu, trayek P20 adalah memutar, jadi tidak langsung ke St. Psr Snn. Jadi, tidak disarankan naik bis kalau lagi buru-buru.

Kesimpulan:

  • Kalau lagi mepet waktunya, disarankan pakai metode #2. Turun di Gondangdia lalu sambung naik ojek, taksi / bajaj.

Alternatif #3:
(garis warna biru)

Cara ini sedikit merepotkan, tapi bisa jadi alternatif yang murah selain metode #1. Berikut caranya:

  1. Naik kereta lalu turun di Stasiun Manggarai. (Bisa naik KRL jurusan Jakarta Kota / Jatinegara / Tanah Abang - bebas apa saja, yg penting pilih jurusan yang berhenti di St. Manggarai).
  2. Dari Manggarai pindah ke kereta jurusan St. Jatinegara - Bekasi
  3. Turun di St. Jatinegara lalu sambung kereta jurusan Psr. Senen (biasanya yang lewat PS adalah kereta tujuan Depok / Bogor)
  4. Turun di Sts. Pasar Senen.

Catatan:

  • Cara #3 mungkin bisa sedikit lebih cepat dari cara #1. Hanya saja agak repot karena harus transit / turun kereta dua kali baru sampai tujuan.
  • Cara #3 bisa menghabiskan waktu 2 jam lebih dari stasiun Bgr / Dpk ke Senen dengan perhitungan kasar sbb: waktu menunggu kereta saja bisa menghabiskan 1 jam (20 menit di St. Awal, 20 menit di St. Manggarai, 20 menit di St. Jatinegara), belum lagi waktu perjalanannya, kalau kereta terlambat, dsb.

Kesimpulan:

  • Alternatif #3 umumnya lebih cepat dibanding cara #1. Tapi tetap tidak disarankan bagi pemula yang masih jarang naik kereta dan belum hapal jalur2 menunggu kereta. Dan juga tidak disarankan bagi yang tidak punya waktu banyak.

Cara ke Stasiun Pasar Senen dari Tangerang



Untuk cara ke stasiun pasar senen naik krl dari Tangerang ada dua alternatif yang hampir mirip.

Catatan: berlaku juga untuk wilayah Tanah Tinggi, Batu Ceper, Poris, Kali Deres, Rawa Buaya, Bojong Indah, Pesing & Grogol.

Alternatif #1 (Garis Warna Merah):

  • Naik kereta jurusan Duri
  • Transit di stasiun Duri, sambung KRL jurusan Jatinegara
  • Turun di stasiun Gang Sentiong
  • Pindah jalur rel lalu naik kereta yang ke arah stasiun Duri - Tanah - Bogor / Depok abang lalu turun di St. Pasar Senen.

Catatan:

  • Dari Arah Duri - Jatinegara, kereta TIDAK BERHENTI di stasiun Pasar Senen. Tapi kalau dari arah Jatinegara - Duri (sebaliknya), kereta berhenti di St. Psr Snn.
  • Waktu yang diperlukan hanya untuk "putar balik" (turun di Sentiong lalu balik ke Senen) adalah antara 20-50 menit. Sangat tidak disarankan kalau sobat sedang tidak punya waktu / mepet.

Alternatif #2 (Garis Warna Hijau):

  • Naik kereta jurusan Duri, setelah itu sambung KRL jurusan Jatinegara.
  • Turun di Stasiun Kemayoran
  • Sambung naik moda transportasi lain seperti transportasi online, ojek, taksi, bajai, dll.

Catatan: Cara ini lebih cepat dibandingkan Alternatif pertama.

Cara Naik KRL ke Pasar Senen dari Serpong

Catatan: Cara ini berlaku juga untuk sobat yang tinggal di daerah Palmerah, Kebayoran, Pondok Ranji, Jurangmangu, Sudimara, Rawa Buntu, Cisauk, Cicayur, Parung Panjang, Cilejit, Daru, Tenjo, Tigaraksa, Cikoya & Maja.



  1. Naik kereta jurusan Tanah Abang
  2. Sambung kereta jurusan Jatinegara. Setelah itu sobat punya dua pilihan:
    1. Turun di Stasiun Kemayoran lalu sambung naik Taksi, Ojek, Bajai atau transportasi online menuju St. Psr Senen. (Cara ini lebih cepat).
    2. Turun di St. Gang Sentiong lalu ganti kereta untuk balik ke St. Pasar Senen. Hal ini dikarenakan dari arah Tnh Abang - Jatinegara, kereta TIDAK BERHENTI di St. Senen. Tapi kalau dari arah sebaliknya Jatinegara - T. Abng, kereta berhenti. Akan memakan waktu 25-50 menit lebih LAMA jika dibanding metode sebelumnya (turun di St. Kemayoran).

Cara Naik KRL dari Bekasi ke Pasar Senen

Catatan: berlaku juga untuk sobat yang tinggal di Klender, Buaran, Cakung & Kranji.



  • Sobat naik kereta jurusan Jatinegara - Kota. Lalu Turun di St. Jatinegara.
  • Transit / sambung ke kereta jurusan Pasar Senen - Depok / Bogor, setelah itu turun di St. Pasar Senen.

Catatan: Sebenaranya ada kereta KRL yang tujuan Kota tapi lewat Psr Snn. Tapi keretanya sangat jarang. Intinya, saat sobat turun di St. Jatinegara, tanya saja sama petugasnya kereta mana yang paling lebih dulu berangkat yang menuju St. Pasar Senen.


Demikianlah informasi cara naik Kereta KRL Commuter Line dari Depok, Bogor, Tangerang, Bekasi, Serpong ke Stasiun Pasar Senen. Semoga bermanfaat 😊


Catatan: Ditulis berdasarkan pengalaman dan sesuai dengan waktu artikel ini ditulis. Perubahan stasiun pemberhentian di masa depan bisa saja dimungkinkan. Misalnya barangkali di waktu yang akan datang, KRL dari Bogor / Depok bisa berhenti St. Psr Snn. Atau malah bisa jadi di masa depan KRL sama sekali tidak diijinkan berhenti di Senen. Intinya, coba cek ulang melalui website resmi Commuter Line untuk update trayek dan jalur kereta.

-cara ke terminal stasiun pasar senen naik krl kereta commuter line-



Berlangganan (Free):



Copas emoticon: 😁 😃 😂 😅 😇 😈 😉 😊 😌 😍 😒 😓 😔 😳 😖 😘 😛 😡 😭 😱 😤 😎 👍 🙏

Jika dirasa artikel ini berguna, silahkan di share / dibagikan

Kembali ke atas 🚀

©2009-2017 gadoga.com - V.11.09.7
Disclaimer | Kebijakan Privasi