CARA MENGKONEKSIKAN BLUETOOTH SPEAKER KE PONSEL ANDROID

26 Oktober 2015 Oleh Ted

Saat ini banyak sekali Bluetooth speaker yang dijual. Mulai dari yang harganya 100 ribuan sampai jutaan rupiah. Pada artikel kali ini saya akan mengajarkan bagaimana caranya menyambungkan Bluetooth Speaker ke ponsel Android anda. Caranya sangat mudah dan sebenarnya bisa diterapkan di ponsel dengan sistem operasi lainnya (BlackBerry, ios / iPhone, dsb), paling cuma beda sedikit di pengaturan ponselnya.



Untuk contoh kali ini saya menggunakan Speaker Bluetooth yang murah berharga tidak lebih dari 150 ribu namun ternyata memiliki kualitas suara yang lumayan, jauh lebih baik dibanding speaker bawaan HP pastinya.

Catatan: Bluetooth terkadang saya singkat menjadi BT biar tidak kepanjangan nulisnya

Berikut cara konek speaker Bluetooth ke ponsel Android

1. Nyalakan Bluetooth Speaker

Pada umumnya saat baru dinyalakan, perangkat ini sudah dalam mode Bluetooth dan mengeluarkan suara "Bluetooth Mode".

Jika saat pertama bukan di mode Bluetooth, misalnya saat baru nyala ada di mode Radio FM, maka anda perlu berpindah ke mode BT atau ke pairing mode. Cara berpindah ke mode lain bisa dibaca pada kertas manual yang tertera di kardus speaker.

Sayangnya, untuk speaker BT yang murah meriah seringkali tidak disertai oleh buku petunjuk. Namun saya perhatikan rata-rata cara pengoperasiannya mirip-mirip bahkan banyak yang sama.

Speaker BT milik saya memiliki tiga tombol seperti gambar dibawah.



Ketiga tombol tersebut memiliki fungsi sebagai berikut:

  1. Tombol + : Saat mode musik, klik untuk berpindah ke lagu selanjutnya. Klik dan TAHAN untuk mengeraskan volume
  2. Tombol - : Klik untuk berpindah ke lagu sebelumnya. Klik dan TAHAN untuk mengecilkan volume
  3. Tombol Play / Pause / tombol MENU: Klik untuk menjalankan atau menghentikan musik. Klik dan tahan selama dua detik untuk berganti mode. Tekan dan tahan selama 5 detik untuk mematikan perangkat.

Jadi, kalau speaker Bluetooth anda saat ini tidak dalam mode BT, maka yang perlu dilakukan adalah tekan dan TAHAN tombol menu selama 2-3 detik untuk berpindah ke mode BT.

Tapi kalau kamu sudah dalam mode Bluetooth, maka kamu tidak perlu melakukan apa-apa lagi.

Kebanyakan orang tidak mengetahui caranya berpindah ke menu dan menahan tombol menu selama lebih dari 5 detik sehingga bukannya ganti mode, malah mati perangkatnya.

2. Pairing dengan ponsel Android anda

Untuk pairing, buka Settings / Pengaturan di ponsel. Setelah itu klik pada tulisan Bluetooth > klik untuk nyalakan BT

Pada umumnya setelah BT dinyalakan, handphone akan seecara otomatis mencari perangkat BT lain yang siap untuk di pairing. Tunggu hingga nama speaker BT anda muncul di bagian: Available Devices (Perangkat yang tersedia) lalu tinggal di klik.

Jika Speaker Bluetooth anda tidak ditemukan, matikan speakernya lalu nyalakan lagi, setelah itu klik "Search for device" (cari perangkat) di hp anda.



Setelah anda mengklik nama speaker Bluetooth yang dimiliki, tunggu proses pairing / penyambungan selesai. Jika sukses maka dibawah nama perangkat BT akan ada tulisan: "Connected" (tersambung) seperti gambar dibawah:



Selesai. Jika sudah terkoneksi (connected), maka anda bisa mendengarkan musik, nonton video, dll dengan menggunakan speaker Bluetooth. Mudah sekali bukan Semoga bermanfaat, salam - gadoga.com




Berlangganan (Free):



Copas emoticon: 😁 😃 😂 😅 😇 😈 😉 😊 😋 😌 😍 😒 😓 😔 😳 😖 😘 😛 😡 😱 😤 😎 👍 🙏

Jika dirasa artikel ini berguna, silahkan di share / dibagikan

Kembali ke atas 🚀

©2009-2017 gadoga.com - GIG17
Disclaimer | Kebijakan Privasi