Cara Mematikan Layar Android Tanpa Menekan Tombol Power

Tanggal 30 September 2013

Tombol yang paling sering ditekan pada ponsel Android tentu saja adalah tombol Power atau tombol On/Off atau disebut juga tombol Lock Screen. Tombol ini berfungsi untuk mematikan dan menghidupkan ponsel dan juga untuk mengunci layar.

Mengingat begitu seringnya tombol ini sering ditekan maka ada kemungkinan tombol ini akan cepat menjadi rusak, apalagi saat ini banyak sekali ponsel Android merk baru yang menurut saya build quality dari ponsel / tabletnya terlihat ringkih (hal yang wajar untuk menekan harga jual).

Untuk mengurangi resiko tombol power rusak, maka pada kesempatan ini gadoga.com akan menginformasikan cara mematikan layar android tanpa perlu menekan tombol on/off.

Untuk melakukannya, Anda harus menginstall aplikasi bernama Screen Off and Lock buatan Katecca. Aplikasi ini bisa diunduh melalui Google Play Store.

Setelah diinstall, buka aplikasinya > akan muncul pertanyaan “Activate Device Administrator?” (lihat gambar dibawah) > klik activate.

tidak-bisa-uninstall-aplikasi-android

Setelah itu Anda tinggal memindahkan ikon aplikasi Screen Off and Lock ke home screen Anda dan setiap mengklik ikon tersebut, layar akan mati dan terkunci tanpa perlu menekan tombol power.

screen-off-and-lock-android

Catatan: Untuk memindahkan ikon ke halaman awal caranya: tekan dan tahan ikon aplikasinya > tunggu sampai ikon aplikasi seperti “melayang” > geser ikon aplikasi ke tempat yang diinginkan.

Kustomisasi Screen Off and Lock

Anda dapat mengatur tampilan pada saat layar Anda mati, misalnya diatur agar pada saat layar padam gambarnya seperti TV jaman dahulu atau efek-efek lainnya.

Caranya sebagai berikut:

1. Klik Ikon “screen Off and Lock configuration”

2. Klik “Delay device Locking”

mematikan-layar-android-tanpa-tombol-power

3. klik “Screen Off animation” lalu pilih efek yang ingin digunakan, misalnya pilih “TV Static”

4. Tekan Preview untuk melihat efeknya seperti apa, kalau sudah selesai, klik tombol BACK

Anda dapat juga mengatur suara yang terdengar saat layar mati dan juga apakah bergetar (vibrate), cara mengaturnya sama seperti diatas.

Jika layar kembali menyala setelah dimatikan

untuk mengatasi permasalahan ini, centang tulisan “Delay Device Locking” > jika tidak ingin menggunakan animasi pada saat layar padam, pada bagian Screen Off Animation, pilih “Disable”.

Jika ponsel Anda menggunakan sistem operasi Android Ice Cream Sandwich atau Jelly Bean dan mengalami masalah layar menyala kembali, centang tulisan “Use Relock Workaround 1″ > kalau tidak bisa, centang “Use Relock Workaround 2″

screen-off

Cara Uninstall aplikasi Screen Off and Lock

1. Buka aplikasi Screen Off and Lock Configuration

2. klik “Remove device administrator and uninstall application” > klik uninstall / hapus

Demikianlah cara mematikan layar ponsel atau tablet Android tanpa perlu memencet tombol on/off. Walau untuk menyalakan layar tetap harus menekan tombol Power, tetapi setidaknya pekerjaan tombol tersebut hanya setengahnya saja 



Berlangganan (Free):



Copas emoticon: 😁 😃 😂 😅 😇 😈 😉 😊 😌 😍 😒 😓 😔 😳 😖 😘 😛 😡 😭 😱 😤 😎 👍 🙏

Jika dirasa artikel ini berguna, silahkan di share / dibagikan

Kembali ke atas 🚀

©2009-2017 gadoga.com - V.11.09.7
Disclaimer | Kebijakan Privasi