Cara Membersihkan Tali Jam Karet Yang Kotor



13 Mei 2016 Oleh Ted

Tali atau Strap Arloji yang kotor membuat tampilannya kurang OK untuk dilihat. Apalagi jika tali yang digunakan adalah berwarna (bukan hitam). Nah, pada artikel kali ini akan diajarkan bagaimana caranya membersihkan kalep jam tangan yang terbuat dari bahan karet agar bersih dan "mengkilat" lagi.

Sebelumnya, silahkan lihat hasil pembersihan yang dilakukan pada foto dibawah ini:



Mudah-mudahan sobat bisa mellihat perbedaannya. Tapi kalau tidak terlihat, percaya saja kepada saya, it works!

Lalu, bagaimana caranya bersihkan noda yang membadel di tali jam? Caranya sangatlah mudah, cukup gunakan minyak kayu putih, tinggal teteskan di tissue lalu gosok-gosok di tali/strap/kalep/gelang jam tangan. Beres.

Saya menggunakan minyak kayu putih cap Lang. Bukannya promosi, tapi karena saya mencobanya pakai merk ini dan selain itu paling mudah didapatkan. Kemungkinan pakai merk lain juga bisa, yang penting minyak kayu putih.

Beberapa catatan sebelum melakukan tips diatas:

  • Coba gosok-gosok di bagian kecil di belakang tali jam tangan untuk mengetahui apakah minyak kayu putih akan merusak tali jam (misalnya membuat pudar warna tali, dsb). Kalau tali baik-baik saja, baru gosok di bagian luarnya untuk menghilangkan kotoran.
  • Jika di strap arloji anda memiliki tulisan dari sablon (misalnya tulisan Chrono, 1/100s, Water resist, Twin sensor, dsb), ada kemungkinan akan terhapus / hilang tulisannya jika di gosok terlalu keras. Tapi dalam kasus saya, tulisan tersebut tidak hilang, tergantung kualitas sablonan / cetakannya.
  • Kalau terkena noda pulpen, apalagi sampai masuk ke dalam / tembus, maka sangat sulit sekali dihilangkan atau hampir bisa dibilang mustahil. Kalau sudah begini, sepertinya harus terima nasib saja Tapi kalau masih di permukaan, coba teteskan minyak kayu putih sedikit lalu di gosok-gosok pakai penghapus pensil, mudah-mudahan bisa hilang bekas pulpennya.
  • JANGAN gunakan cairan keras seperti aseton, karena bisa merusak tali jam.
  • DO WITH YOUR OWN RISK. Alias resiko tanggung sendiri ya sobat, cara diatas berhasil bagi saya, belum tentu berhasil buat sobat

Cerita dibalik kenapa saya menulis artikel ini (skip saja kalau sedang terburu-buru ). Saya memiliki sebuah jam Casio seri G-Shock GA-400, jam ini menurut saya memiliki tampilan cukup keren. Hanya saja tali jam-nya mudah sekali kotor.

Hanya beberapa bulan penggunaan saja talinya sudah bercak disana-sini (lihat foto diatas), seperti "terkelupas". Karena alasan itulah akhirnya saya mengganti talinya dengan yang non original. Selang beberapa waktu saya menggunakan tali KW terasa agak kurang nyaman karena tidak selembut tali aslinya.

Akhirnya saya cari-cari lagi tali aslinya dan ketemu. Melihat kondisi tali yang kotor, saya iseng-iseng mengambil minyak "ajaib" a.k.a M. Kayu Putih yang biasa digunakan untuk membersihkan sisa lem stiker, menghapus spidol dll.

Ternyata, tali yang tadinya kotor bisa menjadi bersih kembali. Berhasil.. berhasil.. Horeee....

Ya begitulah ceritanya - ga penting sih, sekian dan terima kasih salam - gadoga.com




Berlangganan (Free):



Copas emoticon: 😁 😃 😂 😅 😇 😈 😉 😊 😌 😍 😒 😓 😔 😳 😖 😘 😛 😡 😭 😱 😤 😎 👍 🙏

Jika dirasa artikel ini berguna, silahkan di share / dibagikan

Kembali ke atas 🚀

©2009-2017 gadoga.com - V.11.09.7
Disclaimer | Kebijakan Privasi