Cara Membuat Cinemagraph Pakai Aplikasi Gratisan



02 November 2016 Oleh Ted

Saat ini bisa dibilang lagi cukup ngetrend yang namanya cinemagraph. Apakah itu? Yaitu sebuah "foto" yang spesial. Kenapa dibilang spesial? karena kalau foto biasanya hanya diam saja / statis, beda dengan cinemagraph yang mana ada sebagian dari foto itu yang bergerak.

Hal ini menyebabkan keindahan dari sebuah foto menjadi lebih unik lagi karena ada elemen yang bergerak sedikit. Jadi seperti perpaduan antara foto dengan video.

Untuk jenis file cinemagraph biasanya berbentuk GIF (Graphics Interchange Format) dan gerakannya berulang-ulang. Kalau sobat penasaran betapa kerennya "foto" jenis ini, search saja di YouTube banyak yang keren-keren.

Kalau sobat cari tutorial membuat cinemagraph di internet, hampir semuanya mengajarkan pakai aplikasi Photoshop yang mahal itu (kecuali ngebajak ), selain itu caranya juga cukup ribet.

Nah pada artikel ini saya akan mengajarkan caranya dengan lebih mudah (hanya beberapa klik langsung jadi) dan terlebih lagi, pakai aplikasi gratisan, jadi ga perlu keluarin uang mahal atau nambah-nambahin dosa ngebajak Adobe Photoshop Langsung saja berikut tahapannya:

1. Download aplikasi Instagiffer

Aplikasi ini sebenarnya adalah aplikasi untuk merubah video menjadi bentuk gif (video to gif converter). Sobat bisa mendownloadnya melalui link berikut:

http://instagiffer.com/

2. Rekam Video

Video yang ideal untuk dijadikan cinemagraph adalah yang stabil, disarankan untuk merekam pakai tripod / pegangan agar kamera / video cameranya tidak bergerak. Selain itu, lebih mudah kalau di belakang (atau di depan) objek yang ingin kita buat bergerak itu tidak ada objek lain yang juga bergerak.

3. Buka aplikasi Instagiffer



Secara garis besar, untuk membuat cinemagraph menggunakan aplikasi video to gif converter Instagiffer adalah sebagai berikut:

  1. Klik Load video lalu pilih video yang mau dirubah jadi sinematografi
  2. Pada bagian Start Time > pilih titik mulai video
  3. Pada bagian Length (sec) > untuk menentukan berapa lama file GIF / cinemagraph akan berlangsung (dalam hitungan detik)
  4. Pada bagian Frame Size > pilih ukuran resolusi file hasilnya nanti. Sebagai contoh, kalau pilih 50, maka hasilnya akan 50% dari resolusi file video yang dipakai
  5. Untuk membuat cinemagraph, klik Open Effects Panel lalu klik Configure yang terletak disamping tulisan "Cinemagraph"
  6. Setelah itu akan muncul layar baru > pada bagian brush size akan menentukan besarnya kuas > gambar di bagian mana yang ingin bergerak > klik Done. Catatan: kalau ingin yang tadi digambar adalah bagian yang diam, sementara yang lainnya yang bergerak, maka klik Invert.
  7. Setelah itu di bagian kanan akan terlihat frame per frame foto yang akan dijadikan file GIF, kita bisa menyisipkan gambar, bisa juga menghapus foto (frame) yang tidak diinginkan dan juga bisa crop / memperkecil bagian foto dengan cara menggeser kotak merah yang ada di foto.
  8. Kalau sudah selesai semuanya, klik "Create GIF!"

Pengaturan lainnya:

  • Quality: mengatur kualitas hasil akhirnya. Semakin besar nilainya akan semakin bagus gambarnya tapi ukurannya juga semakin besar
  • Brightness: mengatur tingkat kecerahan
  • Playback Rate: Mengatur kecepatan gerakan, apakah mau dipercepat atau diperlambat
  • Captions: Untuk menambah tulisan.

Sebenarnya masih ada efek-efek lainnya yang bisa ditambahkan menggunakan aplikasi Instagiffer, misalnya membuat gerakannya jadi maju mundur, dll. Silahkan sobat eksplorasi sendiri.

Demikianlah informasi cara membuat cinemagraph secara mudah tanpa menggunakan aplikasi Adobe Photoshop. Kalau sobat masih bingung atau ingin melihat contoh hasilnya bisa menonton videonya dibawah ini:



Jika dirasa artikel ini berguna, silahkan di share / dibagikan



Berlangganan (Free):



Copas emoticon: 😁 😃 😂 😅 😇 😈 😉 😊 😋 😌 😍 😒 😓 😔 😳 😖 😘 😛 😡 😱 😤 😎 👍 🙏

Jika dirasa artikel ini berguna, silahkan di share / dibagikan

Kembali ke atas 🚀

©2009-2017 gadoga.com - GIG17
Disclaimer | Kebijakan Privasi