Cara membuat fokus kamera smartphone agar menghasilkan foto yang lebih baik

Catatan: Tips berikut ini ga penting2 banget, tapi ternyata masih banyak yang belum tahu, makanya saya iseng2 kasih tau

Hingga artikel ini ditulis, masih jarang smartphone yang memiliki fitur manual focus di kameranya. Manual fokus adalah kondisi dimana pengguna dapat mengatur jarak fokus objek yang akan di foto. Berfungsi agar hasil foto tidak buram atau sesuai dengan yang diinginkan. Beberapa ponsel yang memiliki fitur manual fokus adalah ZTE Nubia (namun saya lupa seri nubia yang mana) dan satu lagi adalah Nokia Lumia (lagi2 saya lupa seri berapa, kalau ga salah Lumia 1020).

Kalau masih bingung apa fungsi fokus kamera, saya berikan contoh:

Misalnya ada dua objek dalam bidang tangkapan kamera, satu objek berada di depan dan satu objek di belakang, dengan menggunakan manual fokus, Anda dapat mengatur mau objek yang di depan yang buram (tapi dibelakang terlihat jelas) atau sebaliknya (yang di depan jelas, dibelakang buram). Nah, kalau smartphone jaman ini biasanya memiliki fitur auto focus. Fungsinya untuk mengatur jarak fokus secara otomatis, namun terkadang hasilnya tidak sesuai dengan yang diharapkan.

Walau rata2 ponsel pintar tidak memiliki fitur manual fokus dimana kita dapat mengatur jarak fokus seenak udel kita, tapi mayoritas mendukung yang namanya touch focus. Sesuai namanya (touch = sentuh), maka untuk menentukan titik fokus dilakukan dengan menyentuh layar handphone di titik dimana ingin fokus. Perhatikan contoh gambar dibawah:

Misalnya ada buah jam tangan yang akan di foto, satu di depan dan satu dibelakang. Saya ingin jam tangan yang di depan terlihat lebih fokus dibanding yang belakang, maka saya hanya perlu menyentuh (pada layar hp) jam tangan yang berada di depan, maka kamera akan memusatkan fokusnya di arloji yang didepan dan arloji yang dibelakang terlihat tidak terlalu jelas (buram).

 



Kalau ingin memfokuskan pada arloji yang dibelakang, maka tinggal di klik saja pada titik fokus yang diinginkan (lihat gambar dibawah)



Arloji dibelakang terlihat jelas, yang depan terlihat buram (bandingkan dengan foto sebelumnya)

Lebih lanjut, Pada beberapa tipe ponsel, seperti misalnya ASUS Zenfone, terdapat fitur untuk mengunci fokus (Lock Focus). Fungsinya agar titik fokusnya tidak berubah-ubah (menon aktifkan fitur auto fokus). Untuk mengaktifkan fitur ini cukup dengan cara menyentuh dan tahan (selama kurang lebih 3 detik) titik fokus dilayar. Dengan melakukan metode ini pada umumnya bukan hanya titik fokusnya namun juga pengaturan white balance dan pengaturan exposure ikut terkunci. Saat fitur ini aktif, walau Anda merubah posisi objek atau ponsel, atau misalnya merubah pencahayaan, titik fokus maupun pengaturan warnanya tidak akan berubah. Berguna bagi Anda yang ingin mendapatkan efek fotografi tertentu.



Demikianlah cara membuat hasil foto kamera ponsel lebih fokus, semoga bermanfaat. Salam - gadoga.com



Berlangganan (Free):



Copas emoticon: 😁 😃 😂 😅 😇 😈 😉 😊 😋 😌 😍 😒 😓 😔 😳 😖 😘 😛 😡 😱 😤 😎 👍 🙏

Jika dirasa artikel ini berguna, silahkan di share / dibagikan

Kembali ke atas 🚀

©2009-2017 gadoga.com - GIG17
Disclaimer | Kebijakan Privasi