Cara Buat Foto Bokeh di Android


14 Juli 2017 Oleh Ted

Artikel kali ini akan mengajarkan bagaimana caranya membuat foto bokeh dengan cepat dan mudah menggunakan ponsel / tablet Android.

Apa itu Bokeh? Bagi yang belum tahu, foto Bokeh adalah sebuah foto yang mana memiliki background blur atau latar belakang buram. Bokeh sendiri berasal dari bahasa Jepang yang artinya "buram" atau "mengaburkan" (Eng: blurry).

Berikut caranya, pertama-tama kita download dulu aplikasi yang namanya Snapseed dari Google Play Store. Saat artikel ini dibuat, aplikasi yang digunakan adalah versi 2.17.0.150426010.


Untuk alur prosesnya sobat bisa melihat di foto dibawah ini:



1. Pilih foto yang mau kita edit

Setelah kita buka aplikasinya, kita klik di layarnya lalu kita pilih foto yang mau kita edit. Atau kalau sobat misalnya lagi lihat-lihat gallery lalu ingin edit foto secara cepat. Sobat bisa klik tombol share atau bagikan. Lalu pilih aplikasi Snapseed.

2. Klik tombol Edit lalu pilih "Lens Blur"

Setelah itu kita klik tombol edit yang bentuknya seperti pensil. Kita geser kebawah ke bagian Lens Blur.

3. Atur titik Fokus

  • Sobat akan melihat ada lingkaran.
  • Lingkaran ini untuk menandakan titik fokus blur.
  • Bagian lingkaran dalam adalah bagian yang fokusnya jelas atau tidak blur.
  • Sedangkan bagian lingkaran kedua adalah bagian yang sedikit blur.
  • Dan bagian diluar lingkaran adalah yang akan paling blur / buram atau seperti tidak fokus.
  • Titik lingkaran yang ditengah gunanya untuk menggerakkan lingkaran.

Catatan:

  • Lingkaran ini bisa kita rubah2 bentuknya dengan mencubit layar.
  • Kita tidak harus menyentuh lingkarannya untuk merubah bentuknya. Kita bisa saja mencubit di bagian mana saja di layar untuk mengatur bentuk lingkaran. Ini berguna kalau seandainya layar ponsel kamu kecil.

Biasanya kalau objeknya adalah manusia, saya atur agar lingkaran yang paling fokus itu mencakup bagian badan dan wajah. Sedangkan untuk tangan dan kaki berada di batas lingkaran kedua.

Catatan: kalau objeknya berbentuk panjang (misalnya kereta), sobat bisa mengubah pengaturan titik fokus dari yang bentuknya lingkaran menjadi garis panjang dengan mengklik titik point fokus di menu pengaturan di bawah.

4. Atur Blur Strength, Transition dan Vignette

Dalam mode Lens Blur, kalau kita usap layar keatas atau kebawah akan ada pilihan: Blur Strength, transition dan vignette strength.

  • Blur strength adalah tingkat seberapa buram layarnya. Nilai besarnya blur bisa dilihat di bagian atas layar.
    Untuk mengatur besarnya tingkat buram, kita bisa menggeser ke kiri dan ke kanan layar.
  • Sedangkan Transition adalah untuk mengatur besarnya lingkaran transisi dari bagian yang paling fokus dengan bagian yang sedikit buram (lingkaran kedua). Untuk mengatur besarnya dengan cara menggeser ke kiri dan ke kanan.
  • Sedangkan untuk vignette strength berguna untuk membuat sekeliling foto jadi ada semacam frame yang lebih gelap. Untuk mengaturnya sama, dengan menggeser kekiri dan kekanan layar.

5. Ulangi proses jika dirasa perlu

Kalau sudah melakukan tahap nomor 4, kita klik centang. Dan kita sudah selesai membuat foto bokeh dengan cepat dan mudah. Tapi, kalau hanya sekali jalan, biasanya terlihat kurang natural. Oleh karena itu kita akan proses dua kali biar kelihatan lebih wokeh. Tapi ini tergantung selera juga sih, kalau menurut sobat sekali saja sudah bagus ya ga usah edit dua kali.

Kalau ingin lebih terlihat natural / alami / seperti foto yang diambil dengan kamera DSLR, kita klik edit lagi. Lalu pilih Lens Blur lagi.

Nah, kali ini, lingkaran fokusnya harus dalam bentuk bulat sempurna, jangan dibuat oval / lonjong.

Atur agar lingkaran bagian dalam mencakup badan dan wajah atau bagian utama objek. Sedangkan lingkaran kedua mencakup bagian sekunder objek seperti tangan, kaki. Kalau sudah selesai, kita tekan tombol centang. Mari kita lihat hasilnya seperti dibawah:



Kalau sobat masih bingung, bisa menonton videonya dibawah ini:


-apa itu bokeh, apaan sih, cara buat foto bokeh, edit rubah background blur buram di android, after focus afterfocus, photoshop, snapseed tutorial-




Berlangganan (Free):



Copas emoticon: 😁 😃 😂 😅 😇 😈 😉 😊 😌 😍 😒 😓 😔 😳 😖 😘 😛 😡 😭 😱 😤 😎 👍 🙏

Jika dirasa artikel ini berguna, silahkan di share / dibagikan

Kembali ke atas 🚀

©2009-2017 gadoga.com - V.11.09.7
Disclaimer | Kebijakan Privasi