Cara Membuat Warna Foto Lebih Tajam & Menarik



06 Januari 2017 Oleh Ted

English Version: How to make Photo / Picture Look Better Like a Pro

Kali ini kita akan belajar bagaimana caranya membuat warna foto menjadi lebih hidup / lebih tajam / menarik. Kita tidak akan menggunakan aplikasi yang mahal seperti Photoshop, tapi kita akan menggunakan aplikasi gratisan, yaitu paint.net.

Mungkin bisa berguna buat sobat yang mau berprofesi jadi wedding photographer (fotografi pernikahan) tanpa modal banyak dan juga jujur (tanpa perlu bajak aplikasi Photoshop). Contoh hasilnya bisa dilihat dibawah ini. Foto ini diambil menggunakan kamera handphone, bukan kamera digital apalagi DSLR:



Saya akan menulis garis besarnya disini, sedangkan kalau masih kurang mengerti dan butuh penjelasan lebih detil beserta workflow-nya bisa melihat video yang kami buat (ada di bagian akhir artikel).



1. Install aplikasi

Yang pertama kali harus dilakukan adalah menginstall aplikasi paint.net, bisa diunduh / di download melalui situs http://www.getpaint.net/index.html

2. Duplicate Layer

Setelah itu sobat buka gambar / foto yang ingin warnya diedit / dibuat lebih menarik. Lihat di bagian "Layers" lalu klik ikon "Duplicate layer" (gambar dua kotak kecil).

Catatan: Kalau tab Layers tidak muncul, tekan tombol: F7

3. Atur warna, tingkat kecerahan, dll

Setelah itu, klik pada layer yang baru di duplikat lalu fokus pada bagian yang ingin kita tonjolkan / ganti warnanya dan hiraukan elemen lainnya.

Catatan:

  • Apa itu Layer dalam aplikasi photo editor? Adalah semacam lembaran. Kalau kita duplicate layer, berarti kita membuat lembaran foto yang sama dan posisi lembaran itu bisa kita letakkan diatas atau dibawah lembaran yang lain.
  • Dalam contoh ini, kita akan mengedit lembaran / layer yang berada diatas lembaran yang sebelumnya

Misalnya kita ingin membuat warna danau dalam contoh foto diatas menjadi lebih hijau, maka berfokuslah hanya pada bagian danaunya saja. Atur warnanya dengan cara mengklik bagian "Adjustment" lalu bermain-mainlah dengan beberapa tool berikut ini:

  • Brightness / Contrast
  • Curves
  • Hue / Saturation
  • Levels

Sobat perlu mencoba sendiri / utak-atik tool diatas untuk melihat perbedaannya. Tidak perlu perdulikan jika saat kita mengedit warna danau akan membuat tampilan lainnya jadi aneh (misalnya langit jadi ikutan berubah warna jadi hijau). Yang terpenting sobat bisa membuat warna air / danau sesuai dengan keinginan hati sobat.

4. Hapus Bagian Yang Jelek / Terlihat Aneh

Jika pada point ketiga kita hanya fokus pada warna air, sangat lah mungkin hal itu akan menyebabkan bagian lainnya (langit, darat, dsb) terlihat jadi aneh warnanya. Untuk itu kita perlu klik pada bagian layer yang baru di edit lalu hapus bagian yang jelek / terlihat aneh (dalam contoh ini, kita harus hapus semua bagian kecuali danau).

Saat kita menghapus sebagian area di layer / foto yang diatas, maka akan menampilkan foto yang ada dibawahnya. Dalam hal ini saat kita menghapus semua bagian kecuali di area air danau, yang tertampil adalah tampilan foto seperti awal mula, kecuali di bagian air yang sudah berubah warna.

Untuk menghapus bagian lainnya, kita bisa menggunakan Tools Eraser. Klik ikon penghapus (kalau tidak muncul, tekan F5 lalu klik gambar penghapusan), setelah itu lihat di bagian atas pada bagian Brush Width adalah untuk mengatur besar bidang penghapus lalu yang perlu diperhatikan adalah bagian Hardness di set menjadi 0%. Tujuannya agar saat kita menghapus beberapa area, hasilnya akan terlihat lebih natural, tidak terlalu terlihat bedanya.

Untuk lebih mudah mengerti mengenai layer, saya beri contoh, misalnya sobat punya dua foto yang sama dalam bentuk fisik / asli (bukan digital). Lalu foto itu diletakan atas bawah. Pasti foto yang bawah akan tertutupi oleh foto yang berada diatas.

Nah foto yang diatas sobat warnai lagi, misalnya dengan spidol warna hijau. Setelah itu sobat gunting beberapa bagian foto yang diatas lalu ditempelkan dengan foto yang ada dibawahnya. Dengan begitu beberapa bagian foto dibawah akan tertutupi tapi tidak semua bagian karena kita sudah mengguntingnya.

Hasilnya jika dilihat sebagian foto akan terlihat lebih berwarna hijau (bagian yang tertutup foto atas) dan sebagian lagi masih seperti foto yang lama. Masih bingung? mungkin baiknya dicoba dulu baru bisa mengerti he he

5. Ulangi untuk bagian yang lain

Jika sobat sudah puas dengan perubahan warna air danaunya, maka kita hanya perlu ulangi tahapan yang sama. Misalnya kita ingin mengganti warna langitnya, maka lakukan hal berikut:

  1. Duplicate layer foto asli yang belum disentuh (sama seperti meng-copy foto asli)
  2. Klik pada hasil foto duplikat (klik pada foto hasil kopian)
  3. Atur warna langit melalui menu Adjustment (warnai / edit foto yang diatasnya)
  4. Hapus bagian yang jelek / tidak diinginkan. Dengan kata lain, hapus semua bagian foto kecuali area langit. ("gunting" bagian lain lalu tempelkan hanya bagian langitnya saja).

Jika sobat kebingungan atau tidak mengerti sama sekali apa yang saya bicarakan, mungkin bisa melihat video tutorialnya dibawah:

Demikianlah tutorial bagaimana cara membuat tampilan foto terlihat lebih menonjol, warna lebih menarik, lebih tajam dan lebih hidup. Semoga bermanfaat



Jika dirasa artikel ini berguna, silahkan di share / dibagikan



Agar sobat tidak ketinggalan info dan tips berguna lainnya, ikuti media sosial kami (free):

Jika dirasa artikel ini berguna, silahkan di share / dibagikan

©2009-2017 gadoga.com - P13
Disclaimer | Kebijakan Privasi