Cara memburamkan / Blur / Sensor Video



07 Desember 2016 oleh Ted

English version: How to Blur a Video - Shotcut Tutorial

Pada tutorial kali ini saya akan mengajarkan caranya mem blur atau memburamkan video menggunakan aplikasi Shotcut Video Editor. Aplikasi ini gratis dan bisa di download di https://www.shotcut.org/download/

Tutorial ini berguna kalau misalnya sobat ingin membuat video tapi ada data-data yang ingin diburamkan, misalnya alamat email, password atau ingin menyensor (blur) muka orang, dsb. Untuk melakukan hal ini terbilang mudah dan bisa dibilang semua orang bisa melakukannya asal mau belajar. Langsung saja, berikut caranya:



Tenang-tenang, ga perlu bingung lihat gambar diatas, dicoba saja dulu nanti pasti bisa mengerti.

Pertama kita buka aplikasi Shotcut.

Setelah itu klik open file lalu buka file video yang mau digunakan.

Drag and drop video di bagian timeline. Caranya klik kiri mouse, tahan lalu geser ke bagian timeline.

Catatan: Kalau bagian timeline tidak muncul, klik "View" lalu klik "Timeline"

Klik kanan di bagian timeline > klik add video track (atau bisa juga dengan mengklik tombol Ctrl + Y)

Buka lagi video yang sama lalu letakkan diatas video yang tadi

Pilih pada waktu berapa kita ingin mulai blur dengan cara klik pada bagian di timeline. Tekan tombol "S" di keyboard untuk memotong video. Klik pada bagian video yang mau dibuang lalu klik kanan dan pilih: "Lift"

Setelah itu klik Filter. (klik View > "Filter" kalau tidak muncul). Klik tanda plus > klik pada bagian video filter lalu cari: crop. Atur bagian yang mau di crop / di potong

Setelah itu klik lagi tanda plus di bagian filter > pilih size & Position > kita atur agar posisinya pas di bagian yang mau kita blur / buramkan.

Klik lagi tanda Plus (+) > pilih blur > lalu atur width dan height / tingkat blurnya

Selesai > tinggal klik export > export file > klik nama yang dinginkan, klik Save. Sekarang kita tinggal menunggu komputer untuk meng-encode video-nya. Atau dalam bahasa sederhana, kita tinggal tunggu file-nya jadi / selesai tersimpan. Lama penyimpanan file-nya tergantung spesifikasi PC/Laptop yang digunakan dan berapa besar / lama filenya. Makin bagus spek komputernya, makin cepat pula file selesai di proses.

Sebagai catatan, hampir semua aplikasi video editor membutuhkan komputer / laptop / PC dengan spesifikasi yang lumayan. Kalau compie sobat spesifikasnya tidak terlalu bagus, masih bisa kok mengedit video menggunakan aplikasi Shotcut. Hanya saja saat dijalankan dua video secara bersamaan, akan terlihat seperti kurang lancar atau patah-patah (tersendat). Tapi tidak perlu khawatir, ketika sudah di export / di simpan file videonya, hasilnya akan normal atau lancar.

Jika sobat masih bingung, bisa menonton videonya dibawah ini:

Demikianlah informasi cara memburamkan / blur / sensor video menggunakan aplikasi Shotcut, semoga berguna



Agar sobat tidak ketinggalan info dan tips berguna lainnya, ikuti media sosial kami (free):

Jika dirasa artikel ini berguna, silahkan di share / dibagikan


©2009-2017 gadoga.com
Disclaimer | Kebijakan Privasi