Cara Memilih Launcher Android

Menggunakan launcher alternatif akan membuat tampilan handphone Android menjadi tidak membosankan. Namun bila menggunakan lebih dari satu aplikasi Launcher, terkadang pengguna akan kebingungan cara memilih aplikasi launcher yang digunakan. Atau, dalam beberapa kasus, pengguna tidak mengetahui cara untuk menggunakan kembali launcher bawaan dari handphone.

Bila Anda salah satu orang yang mengalaminya berikut kami informasikan cara memilih launcher pada handphone Android:

Pergi ke menu pengaturan aplikasi dengan cara menekan tombol HOME > tombol MENU > pilih settings(Pengaturan) > pilih Applications (Aplikasi) >  Manage Applications (Kelola Aplikasi) > cari dan pilih aplikasi launcher yang saat ini digunakan > pilih clear default (hapus default)

Catatan: Cara ini juga dapat digunakan untuk clear default aplikasi lainnya. Misalnya Anda ingin clear defaultaplikasi Browser, berikut cara untuk melakukannya:

  • Pergi ke Settings (Pengaturan)
  • Klik Applications (Aplikasi)
  • Klik Manage Applications (Kelola Aplikasi)
  • Cari dan klik aplikasi browser yang saat ini digunakan (atau aplikasi apapun yang ingin anda hapus default)
  • Klik clear default (hapus default)

Dengan mengklik clear default, setiap kali pengguna menekan tombol HOME, maka akan ditampilkan pilihan untuk menggunakan launcher-launcher yang terinstall di handphone Android.

Bila Anda tidak memberi tanda centang pada tulisan use by default for this action (gunakan secara default untuk tindakan ini), maka setiap kali menekan tombol HOME akan tersedia pilihan launcher yang ingin digunakan. Namun bila Anda memberi tanda centang, maka setiap kali menekan tombol HOME akan secara otomatis menggunakan launcher sesuai pilihan pengguna (tidak ditampilkan pilihan lagi).

Bila ingin cara yang lebih mudah, Anda dapat menginstall aplikasi Home Smack. Aplikasi ini akan memberi pilihan launcher mana yang ingin digunakan.

Update: Tampaknya aplikasi ini sudah tidak tersedia di Google Play, namun banyak aplikasi lainnya yang sejenis, ketik saja: home switcher di kolom pencarian Play Store.

Berikut tampilan dari HomeSmack:

memilih android launcher

HomeSmack

Bila ingin memilih launcher, Anda hanya cukup menekan seperti gambar panah ke arah bawah. Untuk mengetahui informasi mengenai aplikasi launcher, Anda hanya cukup menekan gambar Android disebelah gambar panah.

Untuk memilih aplikasi launcher yang secara default digunakan, Anda hanya cukup menekan “Select Default” lalu pilih aplikasi launcher dan beri tanda centang pada tulisan use by default for this action.

default android launcher

Memilih Default Launcher Android

Aplikasi HomeSmack selain berguna untuk memilih aplikasi default Android untuk program launcher, juga berguna untuk mengganti aplikasi Android default lainnya. Misalnya untuk menentukan aplikasi default untuk program browser internet seperti gambar dibawah.

mengganti aplikasi default android browser

Pilihan Aplikasi Browser Android

Dengan memilih default browser dengan cara mencentang use by default for this action, maka setiap kali kita mengklik tautan (link), misalnya link yang terdapat pada email, sistem akan secara otomatis membuka aplikasi browser yang sebelumnya telah dipilih atau ditentukan. Bila pilihan “default” tidak dicentang, maka pengguna akan selalu diberi pilihan ingin menggunakan aplikasi browser yang mana.

Demikianlah sekilas informasi mengenai cara mengganti launcher Android atau cara mengganti aplikasi default Android. Semoga bermanfaat. Salam, gadoga.com



Berlangganan (Free):



Copas emoticon: 😁 😃 😂 😅 😇 😈 😉 😊 😌 😍 😒 😓 😔 😳 😖 😘 😛 😡 😭 😱 😤 😎 👍 🙏

Jika dirasa artikel ini berguna, silahkan di share / dibagikan

Kembali ke atas 🚀

©2009-2017 gadoga.com - V.11.09.7
Disclaimer | Kebijakan Privasi