Mengatasi Indovision / Okevision / Top TV Gambar & Suaranya Macet-Macet Spt DVD Rusak

7 Maret 2016 Oleh Ted

Apakah anda pernah mengalami sedang menonton Indovision, Okevision atau Top TV tapi tiba-tiba gambarnya jelek, putus-putus, suaranya juga tersendat-sendat, seperti menonton DVD rusak?

Padahal kemarin semuanya baik-baik saja dan tidak ada trouble sama sekali. Dan lebih aneh lagi, hal ini terjadi hanya di beberapa channel saja. Jadi ada channel yang rusak ada juga yang masih berfungsi dengan normal dan baik.

Dibawah ini adalah cara mengatasi Indovision, Okevision atau Top TV yang gambar dan suaranya "berantakan" tersendat-sendat (putus-putus) seperti DVD / VCD bajakan. Cara ini mungkin bisa diterapkan pada TV berlangganan lainnya yang masih menggunakan dekoder + antena parabola.

Cara 1: Matikan Dekoder

Yang perlu dicoba pertama kali adalah mematikan dekoder (Set top box) pada saat masih menyala dengan cara mencabut kabel power (adaptornya).

Lebih jelas caranya sebagai berikut:

  • Nyalakan Dekoder
  • Tunggu sampai menampilkan siaran
  • Saat sudah menyala, cabut kabel power sehingga dekoder mati karena tidak ada power listrik
  • Setelah itu biarkan selama 30 detik
  • Pasang kembali adaptor / power listrik
  • Nyalakan dekoder lalu tunggu loading

Fungsi dari cara ini adalah untuk mereset pengaturan dekoder ke dalam settingan yang optimal.

Cara 2: Pastikan tidak ada yang menghalangi parabola

Masalah Okevision, Indovision atau TOP TV tampilannya rusak seperti DVD / VCD Bajakan kemungkinan besar disebabkan karena ada yang menghalangi parabola.

Kalau sebelumnya tidak ada masalah tapi kenapa sekarang menjadi trouble, maka kemungkinan besar hal tersebut dikarenakan ada tanaman / pohon yang tumbuh dan menutupi parabola. Atau bisa juga ada bangunan baru atau mungkin layangan nyangkut

Dalam kasus saya, masalah gambar Okevsion menjadi rusak adalah karena ada pohon yang menghalangi.

Mungkin ada yang bilang, bukankah katanya Indovision, Okevision dan Top TV katanya tahan cuaca dan badai, tapi kenapa hanya terhalang tanaman yang tidak terlalu lebat saja bisa membuat tampilannya kacau?

Well, sebenarnya itu adalah hal yang terlintas di pikiran saya, sehingga saya tidak kepikiran bahwa ketutupan dahan pohon (tidak terlalu besar) akan menyebabkan masalah ini. Namun kenyataannya memang seperti itu.

Jadi, apa yang harus dilakukan?

Pastikan tidak ada yang menghalangi parabola anda dalam posisi vertikal / tegak lurus keatas.

Kalau depan belakang ada tembok tidak terlalu jadi masalah, yang penting dalam posisi tegak lurus bebas dari hambatan.

Setelah dahan pohon yang menutupi parabola milik saya dipangkas, tampilan gambarnya langsung jernih dan berfungsi baik seperti sedia dulu kala.

Note: "Jernih" dalam arti lancar gambar dan suaranya. Karena saya berlangganan Okevision, maka tidak ada saluran dalam kualitas HD (High Definition), jadinya ya dalam kondisi paling prima sekalipun, gambarnya hanya sekualitas VCD dan tidak bisa sebagus gambar DVD



Cara 3: Cek Kabel-Kabel Yang Menghubungkan Dekoder ke TV

Walaupun kemungkinan besar bukan disebabkan oleh perkabelan, tapi tidak ada salahnya anda cek sambungan dan kualitas kabel-kabel yang digunakan.

Periksa apakah terpasang dengan baik, apakah ada yg putus (mungkin diigit harimau tikus) atau karena ketarik, getas, dsb.

Jika masalah anda karena tampilan TV-nya tidak berwarna, bisa membaca artikel klik disini.

Cara 4: Telpon teknisi Indovision / Okevision / Top TV

Kalau cara pertama sampai ketiga tidak bisa menyelesaikan masalah, maka mau tidak mau anda perlu menghubungi customer service yang bersangkutan. Gratis kok.

Hal ini juga diperlukan misalnya kalau anda ingin memindahkan posisi antena parabola. Misalnya karena ada bangunan baru yang menghalangi parabola (kan ga mungkin bangunannya yang dibongkar, pasti parabolanya yang di "relokasi")

Sebagai informasi, sebelum saya mengetahui bahwa 90% penyebab Indovision, Okevision, Top TV tampilannya jelek seperti DVD rusak dikarenakan parabola yang terhalang sesuatu, saya sempat mencoba mengutak atik pengaturan sistem dekodernya.

Seperti mengganti locking ke satelit yang berbeda, dll. Tetapi hasilnya tidak terlalu signifikan. Memang saat locking ke satelit tertentu sepertinya mendingan (atau mungkin hanya sugesti saja he he) tapi intinya adalah, bermain-main di pengaturan sistem tidak terlalu banyak berpengaruh, malah ada resiko anda tidak bisa terkait dengan satelit yang menjadikan tidak muncul gambar sama sekali.

Oleh karena itu, saya tidak menyarankan untuk utak-atik pengaturan sistem dekodernya.

Demikianlah informasi cara mengatasi gambar Indovision, Okevision atau TOP TV yang jelek seperti gambar DVD / VCD rusak / bajakan. Semoga bermanfaat - Salam, gadoga.com




Berlangganan (Free):



Copas emoticon: 😁 😃 😂 😅 😇 😈 😉 😊 😌 😍 😒 😓 😔 😳 😖 😘 😛 😡 😭 😱 😤 😎 👍 🙏

Jika dirasa artikel ini berguna, silahkan di share / dibagikan

Kembali ke atas 🚀

©2009-2017 gadoga.com - GIG17
Disclaimer | Kebijakan Privasi