Mengatasi Xiaomi Mi Repeater / Extender Yang Bermasalah



7 Oktober 2016 Oleh Ted

Jika sobat mengalami kesulitan untuk mendapatkan sinyal Wi-Fi, maka alat ini bisa menjadi solusinya untuk menguatkan sinyal Wi-Fi.

Nama alatnya adalah Xiaomi Mi Wifi Range extender,sebagian menyebutkan dengan nama repeater atau Wi-Fi amplifier. Sistem kerjanya alat ini diletakkan di tempat yang cukup berjarak dari router / sumber internet wifi, lalu menangkap sinyal Wi-Fi dan memancarkannya lagi dengan jarak yang lebih jauh, seperti "estafet" sinyal wifi lah.

4 Kelebihan dari alat ini (dibanding alat sejenis lainnya):

  1. Bentuknya kecil
  2. Harga relatif terjangkau (sekitar 100 ribuan)
  3. Bisa pakai power bank untuk menyalakan alat ini.
  4. Performanya cukup baik. Saya pernah membeli repeater dengan harga dua kali lipat lebih mahal tapi performanya masih kalah dibandingkan Xiaomi Repeter / Amplifier ini.

Tapi, bukan berarti alat ini tidak memiliki kekurangan. Salah satu problem yang paling ditemui adalah susah setting atau pengaturan awalnya. Khususnya jika tidak menggunakan router Xiaomi (pakai router merk lain).

Nah, pada artikel kali ini saya tidak akan mengajarkan bagaimana cara settingnya karena sudah banyak yang membahasnya. Tapi kali ini saya akan lebih khusus memberi tips bagaimana jika Xiaomi Wifi Extender / Amplifier / Repeater sobat mengalami problem atau tidak bisa terkoneksi dengan router.

Walau begitu, secara sekilas saya akan infokan cara pengaturannya sebagai berikut:

  1. Colok Xiaomi Wi-Extender ke Charger USB lalu pasang ke soket listrik (atau bisa juga dicolok ke Power Bank)
  2. Install Aplikasi Mi Home di ponsel Android atau di iPhone
  3. Buka aplikasi Mi Home > Sign In Akun Miui (buat baru kalau tidak punya) > tunggu sampai mendeteksi Xiaomi Wifi Repeater > di klik
  4. Setelah itu akan muncul pilihan Router Wi-Fi yang mau disambungkan > pilih salah satu lalu masukkan passwordnya
  5. Tunggu proses upgrade atau update setting selesai
  6. Kalau sukses, lampu di alat ini akan berubah jadi biru dan muncul jaringan baru dengan tambahan nama "Plus" Di belakangnya. Misalnya kamu menggunakan jaringan bernama "wifi-ku", setelah terkoneksi dengan alat ini, nanti akan muncul jaringan baru yang bernama "wifi-ku_plus". Untuk passwordnya sama dengan jaringan yang lama.

Kalau sobat masih bingung cara settingnya, cari saja di Google: "cara setting xiaomi wifi extender", pasti banyak yang kasih tutorialnya, baik tulisan atau via Youtube.

Ok, sekarang ke problem yang umum ditemui, yaitu biasanya adalah lampu kedip2 kuning terus, tidak terdeksi sama sekali oleh aplikasi Mi Home atau bisa juga lampu sudah biru tapi tidak bisa internetan. Berikut cara mengatasinya:

1. Aplikasi Mi Home Tidak Mendeteksi Alat Xiaomi Mi Wifi Repeater / Extender / amplifier.

Jika sobat mengalami hal ini, keluar dari aplikasi Mi Home, reset Xiaomi Extendernya, lalu lakukan prosedurnya ulang.

Jika masih tidak bisa, pada bagian region (Language and Locale), pilih: Mainland China > ulangi prosedurnya.

Jika tetap tidak bisa, maka sobat perlu menginstall aplikasi Mi Home versi yang lama. Saya sendiri mengalami hal ini, sudah dicoba berulang-ulang tetap tidak bisa, bahkan di aplikasi Mi Home tidak muncul pilihan alat-alatnya sama sekali (kosong).

Setelah menginstall aplikasi Mi Home versi yang terdahulu (Versi Lama), baru bisa terdeteksi dan terkoneksi ke Mi Wi-Fi Repeater.

Maaf saya tidak bisa kasih link aplikasi versi lamanya karena terkadang link tidak aktif, sobat bisa mencarinya dengan mudah di internet, ketikkan saja di Google: mi home old version > nanti akan muncul beberapa versi yang lama.

Atau sobat bisa bertanya di forum Miui apakah ada versi yang lama. Saya sendiri sukses terkoneksi saat menggunakan Mi Home veri 3.7.15.

Catatan: Jika menginstall di luar dari Google Play Store memang tidak terjamin keamanannya, jadi Do With Your Own Risk. gadoga.com tidak bertanggung jawab atas resiko yang mungkin ada.

2. Tidak Bisa Tersambung Ke Router

Biasanya indikator di Mi Wifi Repeaternya entah kedip-kedip warna kuning terus, kedip-kedip warna biru atau sudah warna biru tapi tidak bisa selesai setting (Connection Time Out).

Solusi untuk masalah ini sama semua, yaitu adalah coba berulang-ulang sampai sukses terhubung. Memang sepertinya konyol, tapi kenyataannya seperti itu, saya sendiri mengalaminya dan beberapa orang lain juga mengalaminya.

Kalau saya problemnya adalah, sudah terkoneksi, lampu sudah warna biru (tidak kedip-kedip) tapi saat setting tidak selesai-selesai dan selalu connection time out. Di pilihan jaringan Wifi sudah muncul "(nama wifi)_plus", tapi tidak bisa terhubung ke internet (no internet / offline).

Berikut caranya:

  1. Buka Mi Home > Pilih Locale: Mainland China
  2. Koneksikan Mi Home dengan Repeater
  3. Setting akan mulai secara otomatis > pilih jaringan wifi yang ingin digunakan > tunggu prosesnya berjalan
  4. Kalau terhenti > pilih "Try Again" > Kalau berhenti lagi, biasanya akan muncul pilihan spt dibawah:
    1. Yellow Light Blinking: klik ini jika lampu Warna kuning di Mi Repeaternya berkedip
    2. Blue Light Blinking: klik ini jika lampu Warna biru di Mi Repeaternya berkedip
    3. Blue Light On: Klik ini jika lampu warna biru menyala terus
  5. Ulangi beberapa kali kalau gagal terus.
  6. Jika masih tidak bisa, reset alat Mi Extender / repeaternya dengan cara menekan tombol reset (pakai besi / obeng kecil) selama bebeberapa detik (lihat gambar dibawah cara resetnya) > setelah itu ulangi lagi langkah pertama. Begitu terus sampai sukses terkoneksi.


Mungkin ada yang bertanya, memangnya bisa kalau dicoba berulang-ulang dengan melakukan hal yang sama? apa bedanya? Hmm.. seperti yang saya sebutkan sebelumnya, memang sepertinya solusi yang "konyol", tapi nyatanya bisa berfungsi. Dan saya tidak sendirian, beberapa teman yang lain juga ada yang mengalami hal yang sama dan solusinya hanya dengan mencobanya berkali-kali. Ada yang dua kali sudah berhasil, ada yang 5 kali, saya sendiri mencoba 10 kali baru bisa.

Tips ini juga bisa mengatasi kalau lampu kuning kedip2 terus, atau kalau dulu di awal gampang settingnya, tapi setelah diulangi lagi kok susah (ada yang kejadian setelah mati lampu jadi ga bisa terkoneksi lagi ke Routernya dan saat coba setting gagal terus) > bisa dicoba cara ini alias reset lalu setting ulang, kalau gagal, ulangi lagi. Intinya harus sabar dan coba terus.

Saya tidak tahu bagaimana sistem / caranya alat Xiaomi wifi Amplifier / repeater ini bekerja / melakukan pengaturan, tapi karena ini harus terhubung ke internet, mungkin dibutuhkan koneksi ke server Xiaomi, jadi MUNGKIN gagal karena kondisi server Xiaomi-nya yang lagi down, dan baru bisa sukses ter-setting saat aplikasi ini sudah tersambung dengan server Xiaomi.

Saya tidak tahu apakah benar seperti ini kejadiannya atau tidak (harus terkoneksi ke server Xiaomi baru bisa ter-setting). Saya berpikir "mungkin" seperti ini karena: pertama, kita harus menggunakan aplikasi Mi Home untuk setting alat ini. Dan kedua, kita harus login akun Miuinya. Tapi jika ini memang benar -kita harus konek ke server xiaomi dulu baru bisa setting- sebenarnya membuat saya sedikit "curiga", jangan-jangan data jaringan wifi saya bisa terbaca oleh Xiaomi

He he, sekali lagi, saya tidak tahu, mungkin yang lain ada yang bisa memberi info, kenapa kita harus pakai aplikasi Mi Home? padahal kalau repeater atau router biasanya kan bisa langsung setting melalui ip address yang diketikkan di browser? Yah, mungkin sayanya saja yang paranoid

Demikianlah informasi cara mengatasi problem Xiaomi Mi Repeater / extender / amplifier yang tidak bisa tersetting / terkoneksi ke router. Semoga bermanfaat

Mau selalu dapat tips & trik, tutorial dan review terbaru? , dan juga Channel YouTube kami. Tujuannya biar kamu gampang menemukan gadoga.com, mungkin suatu saat kamu akan membutuhkannya Gratis kok sob! Jangan lupa juga untuk share artikel ini, mungkin bisa berguna untuk yang lain.



©2009-2017 gadoga.com
Disclaimer | Kebijakan Privasi