Cara Menambah Kontak Dari Gmail di PC & Android


16 April 2016 Oleh Ted

Jujur saja hingga saat ini saya belum menguasai 100% fitur yang ada pada Gmail. Mungkin kemahiran saya pakai Gmail hanya sekitar 25%. Saya tidak mengerti (dengan baik) fungsi label, folder, dsb.

Kalau boleh memilih, saya ingin email yang sangat sederhana saja. Yaitu folder inbox, outbox, sent items, dan spam. itu saja cukup.

Saya tahu, fitur2 tersebut sebenarnya untuk memudahkan karena banyak sekalli email yang masuk dari promosi, jejaring sosial, dsb. Dan sebenarnya Gmail cukup pintar atau canggih dalam memilah email masuk ke kategori apa.

Pada artikel kali ini saya tidak akan membahas mengenai labeling, dsb (karena saya juga ga gitu paham he he), tapi saya akan membahas satu fitur yang penting bagi anda pengguna Gmail, yaitu: cara menambahkan kontak ke akun Google anda langsung dari Gmail.

Fungsi utama dari menambahkan kontak adalah agar email dari pengirim tidak terfilter (tersaring) dan masuk ke folder SPAM atau terblokir dan akhirnya anda tidak menerima email tersebut.

Misalnya anda melamar pekerjaan di suatu perusahaan, misalnya di PT. Pertamina, maka ada baiknya anda menambahkan email dari PT. Pertamina itu ke dalam akun Google anda. Kenapa? Karena sebuah perusahaan besar biasanya akan mem-broadcast pengumuman melalui email kepada ribuan pelamar secara serentak. Karena Pertamina mengirimkan email serupa / isinya sama dalam jumlah banyak secara bersamaan, hal ini biasanya oleh sistem Gmail (atau email umumnya) akan di deteksi sebagai SPAM.

Jika anda tidak menambahkan email dari PT.Pertamina ke dalam kontak, maka email pemberitahuan tersebut mungkin akan masuk ke folder SPAM yang akibatnya anda akan melewatkan pemberitahuan dari perusahaan. Tapi kalau kontak emailnya sudah disimpan, maka pasti akan masuk ke folder inbox.

Baca juga: ☀ Cara Mencari email yang belum terbaca di Gmail.

Cara Menambahkan Daftar Kontak Dari Gmail Menggunakan Komputer (PC / Laptop):

Buka aplikasi browser internet, (Firefox / Chrome / Internet Explorer) ketikkan: gmail.com dan tekan enter > anda akan dibawa ke halaman login > masukkan username dan password gmail / akun Google anda.

Setelah itu pilih salah satu email yang mau ditambahkan ke dalam kontak.

Kalau emailnya sudah terbuka, maka anda tinggal perlu melakukan langkah dibawah ini:

  1. Klik panah kecil kebawah yang terletak di bagian kanan atas email (lihat gambar dibawah)
  2. Tinggal klik "Add ....(nama pengirim email)... to Contact List (Tambahkan .... ke dalam daftar kontak). Selesai, dengan begitu saja anda sudah menambahkan alamat email ke dalam kontak / akun Google anda. Mudah bukan
  3. Kalau ingin memastikan apakah sudah benar-benar ter save / tersimpan, klik panah kecil disamping tulisan Gmail di kiri atas, lalu klik Contacts > cari nama email yang baru saja di save.



Cara Menambahkan Kontak Dari Aplikasi Gmail di Android.

Jika anda adalah pengguna ponsel, tablet atau tv box Android, maka berikut cara add contact:

  1. Buka aplikasi Gmail lalu Klik pada salah satu email yang ingin ditambahkan ke dalam kontak / akun Google
  2. klik pada satu huruf di samping pengirim email (lihat gambar)
  3. Klik gambar orang dengan tanda + yang ada di kanan bawah lalu ikuti prosedur penambahan kontak di Android seperti biasa.



Semoga bermanfaat - salam, gadoga.com




Berlangganan (Free):



Copas emoticon: 😁 😃 😂 😅 😇 😈 😉 😊 😌 😍 😒 😓 😔 😳 😖 😘 😛 😡 😭 😱 😤 😎 👍 🙏

Jika dirasa artikel ini berguna, silahkan di share / dibagikan

Kembali ke atas 🚀

©2009-2017 gadoga.com - V.11.09.7
Disclaimer | Kebijakan Privasi