Tips Mencegah Kaca Arloji Tergores


23 April 2016 Oleh Ted

Jam tangan atau arloji, khususnya yang digital dengan harga dibawah 700 ribu rupiah masih banyak yang menggunakan kaca jam tangan berjenis akrilik.

Jenis kaca ini relatif mudah tergores, walaupun hanya dipakai dalam kegiatan sehari-hari yang tidak terlalu ekstrim.

Bagaimana cara mengetahui layar arloji sobat menggunakan akrilik / plastik atau dari kaca (glass)? Cara paling ampuh yaitu dengan membaca spesifikasi jam tangan yang dibeli. Tapi tidak semua arloji menyertakan informasi bahan pembuat layar jam

Oleh karena itu ada cara kedua yang cukup mudah, yaitu dengan cara mengetuk2 dengan kuku jari dan mendengarkan suaranya. Kalau bunyinya "tik tik" berarti kemungkinan itu terbuat dari kaca dan lebih tahan gores karena memiliki tingkat kekerasan permukaan lebih tinggi (tapi getas).

Kalau bunyinya lebih ke "dep dep", berarti kemungkinan itu terbuat dari plastik / akrilik.

Sebagai informasi, empat buah jenis kaca jam yang biasa digunakan adalah 1. Akrilik, 2. Mineral Glass, 3. Kaca Biasa, 4. Sapphire Glass. Untuk penjelasan mengenai jenis2 kaca jam mungkin akan saya jelaskan di lain artikel.

Kalau sobat baru saja membeli jam tangan baru, maka dibawah ini ada beberapa tips agar arloji sobat kacanya tidak cepat tergores, khususnya bagi kamu yang memiliki jam dengan kaca akrilik / plastik. Boleh dilakukan boleh tidak, tapi jangan menyesal kemudian

Note: saya bilang kaca jam maksudnya adalah layar jam, bukan berarti itu terbuat dari kaca

Tips #1 agar layar / kaca jam tangan tidak tergores / baret:

Ini adalah tips yang paling ampuh sejagat raya, dan pasti berhasil! Caranya adalah: arlojinya jangan digunakan, alias disimpan di lemari, atau boleh juga dipajang di etalase. Dijamin kaca jam tidak akan gores!

Tips #2: Hati-hati dalam pemakaian

Jika kalian sedang akan melakukan olahraga, khususnya yang sering bergesekan seperti panjat dinding, basket, bola, dsb, maka sebaiknya jam tangannya di copot terlebih dahulu.

Selain itu saat tidur sebaiknya jam dilepas, karena kaca jam tangan bisa tergesek2 dengan bantal, guling atau kasur yang bisa menyebabkan baret / tergores.

Tips #3: Lindungi dengan isolasi bening

Tips ini saya lakukan setiap baru membeli jam tangan, khususnya yang kaca-nya seperti sangat mudah tergores dan posisinya muncul ke luar / tidak terlindungi dengan casing arloji.

Saya perhatikan banyak sekali jam Casio yang posisi layarnya sangat rentan goresan, misalnya Casio F91W, A178, CA53W, dan masih banyak lagi.

Nah, bagaimana caranya biar kaca jam tangan awet? mudah saja, tinggal dilapisi dengan isolasi bening. Kalau permukaannya lebar, pakai lakban bening. Tinggal potong lalu tempel, beres



Secara estetika tidak akan merusak penampilan kok. Hanya terlihat kalau diperhatikan, tapi kalau pemasangannya rapi dari jauh tidak akan terlihat. Dibawah ini adalah foto sebelum dan sesudah dipasang "anti gores"



Memang setelah dipakai beberapa lama ada kemungkinan isolasinya sedikit menjadi buram karena tergores2 atau bisa juga kena panas jadi agak menguning. Tapi bila itu terjadi tinggal ganti saja isolasinya, beres dan mudah.

Kalau bisa menggunakan isolasi yang cukup bermerek, jangan yang terlalu murah. Kalau yang murah biasanya akan meninggalkan residu bekas lem di layar jam. Tapi bila itu terjadi, jangan khawatir, bekas lem bisa dibersihkan dengan minyak kayu putih.

Sebagai informasi, saya pernah mencoba menggunakan layar anti gores ponsel untuk melindungi kaca jam tangan. Tapi ternyata lapisan tersebut sangat mudah copot jika dipasang di layar arloji.

Waktu dulu masih SMP, saya juga pernah mencoba melapisi layar dengan menggunakan kutek wanita warna bening : JANGAN COBA-COBA! itu akan merusak layar jam jadi gak karuan dan tidak bisa dibersihkan (kalau pakai aseton malah memperparah).

Satu hal yang saya kurang mengerti adalah, untuk jam tangan yang berharga murah dan bukan merk terkenal, biasanya layarnya malah sudah ditempeli semacam plastik pelindung atau bisa dibilang "isolasi" untuk melindungi kaca jam.

Justru arloji dengan merk terkenal seperti Q&Q dan CASIO di layarnya tidak ada perlindungan apa-apa. Biasanya hanya ada plastik pelindung yang berguna untuk melindungi saat pengiriman saja. Namun sangat mudah terlepas saat digunakan sehari-hari.

Mungkin ini adalah trik marketing, kalau jam kurang terkenal biasanya lebih cepat rusak, jadi mau tidak mau harus beli baru lagi. Tapi kalau jam berkualitas, secara mesin mungkin akan awet, tapi kalau kaca sudah baret-baret biasanya akan seperti "menyuruh" konsumen beli yang baru lagi.

Nah, kalau kaca jam-nya sudah saya beri isolasi seperti diatas, paling tidak kaca jam tangan saya akan lebih awet dan bisa menunda beli yang baru lagi (kecuali keburu bosan ).

Demikianlah info atau tips untuk mencegah agar kaca jam tangan tidak mudah tergores. Semoga bermanfaat salam - gadoga.com




Berlangganan (Free):



Copas emoticon: 😁 😃 😂 😅 😇 😈 😉 😊 😌 😍 😒 😓 😔 😳 😖 😘 😛 😡 😭 😱 😤 😎 👍 🙏

Jika dirasa artikel ini berguna, silahkan di share / dibagikan

Kembali ke atas 🚀

©2009-2017 gadoga.com - GIG17
Disclaimer | Kebijakan Privasi