Cara Mengaktifkan Fitur USB OTG Di Ponsel Oppo



17 September 2016 Oleh Ted

Cukup banyak orang yang berpikir bahwa ponsel Oppo miliknya tidak bisa menggunakan fitur USB OTG. Hal ini karena saat mengghubungkan flash disk ke hp miliknya ternyata tidak terbaca.

Kenyataannya, beberapa tipe handphone Oppo sebenarnya mendukung fitur USB OTG, namun tidak seperti HP pada umumnya yang mana saat dicolok perangkat USB langsung terdeteksi, di HP Oppo perlu ada pengaturannya terlebih dahulu.

Salah satu jenis yang tidak langsung plug & play adalah Oppo F1s, termasuk yang seri plus. Dibawah ini adalah cara mengaktifkan fitur USB OTG pada ponsel Oppo, mungkin tampilannya sedikit berbeda tergantung versi software yang digunakan, tapi kurang lebih caranya sama saja.

Versi 1:

  1. Buka Settings / Pengaturan
  2. Klik More (Lainnya) > Scroll ke bawah lalu klik di bagian OTG Connection (Koneksi OTG)


Versi 2:

  1. Buka Settings
  2. Klik Additional Settings (pengaturan tambahan) > klik OTG Connection


Beberapa Catatan

Jika dalam waktu 10 menit fitur OTG tidak digunakan, maka secara otomatis sistem akan mematikan / menonaktifkannya. Jadi kalau mau pakai, kita harus mengulangi prosesnya lagi.

Saya sendiri tidak tahu kenapa pihak Oppo memberlakukan cara seperti ini, karena sedikit menyulitkan (tidak bisa langsung colok). Mungkin untuk keamanan, mungkin agar tidak terjadi konflik dengan fitur yang lain, saya tidak tahu alasan pastinya.

Untuk informasi lebih lengkap mengenai cara menggunakan fitur USB OTG dapat membaca artikel ini: Cara menggunakan USB OTG pada smartphone

Jika sobat tidak bisa menemukan menu diatas, berarti kemungkinan ponsel Oppo sobat tidak support atau tidak bisa menggunakan USB OTG Tapi pada beberapa tipe, walau tidak bisa membaca USB Flash Disk, terkadang masih bisa digunakan untuk menyambungkan keyboard atau mouse

Demikianlah tutorial cara aktifin OTG Connection pada ponsel Oppo, Semoga bermanfaat

Mau selalu dapat tips & trik, tutorial dan review terbaru? , dan juga Channel YouTube kami. Tujuannya biar kamu gampang menemukan gadoga.com, mungkin suatu saat kamu akan membutuhkannya Gratis kok sob!



©2009-2017 gadoga.com
Disclaimer | Kebijakan Privasi