Cara Ambil Western Union di Kantor Pos


15 April 2017 Oleh Ted

Jika sobat memiliki akun Google Adsense atau YouTube dan dipasangkan iklan, maka salah satu cara pembayarannya adalah melalui Western Union (WU). Nah, pada artikel kali ini akan kami ajarkan cara mencairkannya atau mengambilnya jadi duit rupiah melalui Kantor Pos.

Ini tidak terbatas penghasilan dari Google saja ya, caranya sama saja kalau mau mengambil uang yang dikirimkan lewat WU (misanya kiriman dari saudara / keluarga di luar negeri, dsb).


Hal yang dibutuhkan:

  1. Data-data pengiriman uang melalui Western Union (detilnya dijelaskan nanti)
  2. Punya minimal tiga jari tangan (karena nanti ada proses cap tiga jari ).
  3. KTP + SIM yang masih aktif + Foto Copynya. Alamat yang tertera di KTP dan SIM ini harus dalam KOTA YANG SAMA dengan lokasi kantor pos.

Langkah 1: Pastikan data Westen Union-nya lengkap

Kalau sobat mengambil uang dari Google (YouTube, dsb), tinggal login ke akun Adsense lalu lihat di bagian pembayaran / payment. Kalau terima dari orang lain, data-data yang perlu sobat ketahui adalah sbb:

  1. Nama Lengkap Pengirim Uang
  2. Alamat pengirim
  3. Nomor MTCN (Money Transfer Control Number)

Diantara ketiga data diatas, yang terpenting adalah MTCN. Itu adalah semacam "password" untuk mencairkan atau mengambil uang di Western Union.

Langkah 2: Foto Copy KTP dan SIM

Dibutuhkan dua identitas diri yang masih aktif, yaitu KTP DAN SIM. Jadi tidak bisa hanya pakai KTP saja atau SIM saja, harus ada dua-duanya dan cukup di foto copy satu kali.

Selain itu, Kantor Pos (KP) bisa mencairkan uang dari WU jika alamat KTP dan SIM yang digunakan berada dalam satu kota yang sama dengan lokasi Kantor Pos. Misalnya mau ambil di KP cabang Jakarta Barat, maka SIM & KTP-nya harus berada di wilayah Jakarta Barat.

Kalau beda kota, misalnya alamat KTP di Bandung lalu mau ambil di Jakarta, maka hal tersebut tidak bisa dilakukan.

Langkah 3: Datang ke Kantor Pos + Isi Form

Sobat harus datang ke KANTOR Pos, bukan ke Agen pos. Biasanya kalau agen pos tidak mau terima pencairan Westen Union. Jadi kalau dari pengalaman, yang terima WU hanyalah kantor cabang / pos yang cukup besar.

Sesampainya disana, silahkan sobat ambil formulir Form Penerimaan Uang (To Receive Money Form) Western Union lalu isikan data-data sebagai berikut:

  1. Data diri sobat, seperti Nama, Jenis Kelamin, alamat, tempat tanggal lahir, pekerjaan, kewarganegaraan, nomor telepon & tanda tangan
  2. Data pengirim yaitu Nama & Alamatnya
  3. Jumlah uang yang akan diterima. Tuliskan sesuai dengan mata uang yang digunakan. Misanya kalau dikirim dengan US Dollar, maka tulis saja nominalnya dengan tepat dalam satuan USD (tidak perlu di konversi ke Rupiah).
  4. Nomor MTCN (Money Transfer Control Number)

Yang lucu adalah, di Form penerimaan tersebut tidak ada kolom untuk menuliskan MTCN, jadi sobat bisa tulis di bagian mana saja di form itu, biasanya saya tulis di dekat nama pengirimnya / di dekat jumlah nominal uang.

Kalau seandainya lupa / takut salah, MTCN tidak perlu ditulis dulu, biasanya nanti ditanyakan oleh petugas pos-nya. Dibawah adalah contohnya:



Langkah 4: Taruh Form + Ambil Uang

Setelah sobat isi form-nya, tinggal serahkan saja ke petugas (atau taruh di tumpukan antrian), setelah itu sobat tunggu dipanggil dan nanti disuruh tanda tangan lagi dan disuruh cap tiga jari (udah kaya mau ambil ijazah ). Setelah itu langsung dikasih uangnya dalam satuan Rupiah. Mudah bukan

Selain di kantor pos, sobat juga bisa mengambil di Bank lokal yang menerima Westen Union. Lihat saja kalau ada plang WU, berarti bisa ambil di Bank tersebut. Prosedur cairinnya kurang lebih sama saja, hanya perlu data diri + KTP /SIM yang masih aktif, data pengirim + MTCN lalu isi formulir. Mudah kok sobat, tidak sesulit yang dibayangkan orang.

Anyway, Kalau di Indomaret, walaupun kebanyakan memajang plang WU, tapi belum pernah saya ketemu satu pun Indomaret yang bisa melayani penerimaan WU. Kalau ditanya, biasanya jawab lagi offline lah, belum bisa terima lah, dsb. Entah kenapa begitu, kan seharusnya kalau memang tidak terima ya ga usah di pajang plang-nya Kalau sobat pernah ambil di Indomaret, mungkin bisa share pengalamannya di kolom diskusi dibawah. Semoga bermanfaat

-cara mencairkan mengambil uang westen union di kantor pos-



Berlangganan (Free):



Copas emoticon: 😁 😃 😂 😅 😇 😈 😉 😊 😋 😌 😍 😒 😓 😔 😳 😖 😘 😛 😡 😱 😤 😎 👍 🙏

Jika dirasa artikel ini berguna, silahkan di share / dibagikan

Kembali ke atas 🚀

©2009-2017 gadoga.com - GIG17
Disclaimer | Kebijakan Privasi