Hal Yang Harus Kamu Lakukan Jika Punya Akun BBM + Cara Mengatasi Jika Lupa Password (locked / Terkunci)



09 Juni 2016 Oleh Ted

Pada artikel ini akan diajarkan bagaimana caranya mengatasi akun BlackBerry ID / BBM yang locked / terkunci / tidak bisa masuk karena lupa password atau kalau sudah terlalu banyak melakukan percobaan dan gagal.



Saya juga akan memberi tips bagaimana jika seandainya anda lupa sandi dan sebelumnya tidak membuat security question / no password recovery question has been set / "tidak ada pertanyaan pemulihan kata sandi disetel".

Selain itu, saya akan juga memberitahukan hal yang sangat penting atau harus kamu lakukan jika memiliki akun BBM. Jika sobat tidak melakukan hal yang saya sarankan dan suatu saat lupa password BBM (ini sangat sering terjadi), maka ada kemungkinan sobat tidak bisa mengakses BBID yang sama selamanya atau secara permanen!

Artikel ini saya buat setelah ada pertanyaan yang masuk ke gadoga.com. Dibawah ini adalah pertanyaanya:

"Saya mau tanya, wktu itu saya lupa password bbm, lalu saya mau coba reset password dgn menggunakan "forgot password" trnyata email sy wktu itu lupa saya verifikasi utk bbm, lalu akhirnya sy mncoba2 password sy. Setelah saya ingat passnya dan ingin mncoba lg, trnyata akun bbm sy sdh k lock. Jika saya membuat akun baru, apakah kontak2nya dapat kembali?? Dan apa perlu saya hapus bb account sy yg prtama? Saya baca d blogspot lain ad yg menuliskan bahwa bbm account dpt dhapus lalu nanti bs login lg. Tp saya kurang paham mengenai caranya. 
Tolong dijawab ya kak, terima kasih"

Sebelumnya saya akan memberitahukan jenis-jenis "locked" yang berlaku pada BlackBerry ID / BBID / BBM.

Terkunci atau lockout pada perangkat

Hal ini terjadi jika sobat salah memasukkan password sebanyak 10 kali di smartphone Android, iPhone, Windows Phone atau di hp BlackBerry.

Jika hal ini terjadi, maka sobat harus menunggu selama 15 menit setelah itu akan diberi satu kali kesempatan untuk login atau sign in menggunakan password yang benar. Jika salah lagi, maka sobat tidak bisa sign in dan harus menunggu 15 menit lagi.

Lockout / Terkunci dari akun server BlackBerry

Hal ini terjadi jika sobat mencoba sign in melalui website:

https://blackberryid.blackberry.com/bbid/login/

Lalu salah memasukkan password sebanyak 10 kali. Jika sudah begitu, maka akun sobat akan terkunci secara permanen di server.

Untuk mengatasi hal ini, maka harus melakukan reset password (akan diajarkan dibawah).

Namun, walau terkunci di akun server, sobat masih bisa sign in melalui perangkat smartphone / tablet.

Terkunci dari "Forgot Password"

Jika pengguna salah memasukkan security question sebanyak 10 kali, maka tidak akan bisa menggunakan fitur "Forgot Password" (Reset Sandi) selama 15 menit. Setelah 15 menit pengguna akan diberi kesempatan 1 kali untuk memasukkan security question yang benar. Jika salah, maka akan terkunci selama 15 menit lagi.

Hal yang sangat penting harus kamu lakukan jika memiliki akun BBM / BBID

Saya sangat menyarankan jika sobat belum melakukan hal dibawah ini, maka kerjakan sekarang juga jangan ditunda-tunda atau akan menyesal kemudian.

1. Ingatlah Password BBM anda

He he, sepertinya sepele, tapi sering dilupakan orang. Gunakan password yang sulit diketahui orang lain tapi mudah sobat ingat

2. Ingatlah Email + Password Yang Digunakan Untuk Mendaftar Akun BBM

Banyak orang yang tidak perduli alamat email yang digunakan untuk sign in akun BBM miliknya. Padahal jika suatu saat ingin berganti handphone atau perangkat dan ingin kontaknya tetap ada / tidak hilang, maka alamat email yang dipakai haruslah sama dengan sebelumnya.

Jika sobat tidak mengetahui email yang digunakan saat ini, berikut cara mengetahuinya di perangkat Android:

  • Buka BBM lalu klik di bagian kiri atas yang gambar tiga garis
  • Klik Settings
  • Diatas akan ada info BBID atau alamat email yang sobat gunakan.

Selain itu, pastikan email yang digunakan tetap aktif dan sobat mengingat kata sandi / password emailnya.

3. Pastikan Email Yang Digunakan Sudah Terverifikasi / Terkonfimasi + Sudah Membuat Security / Recovery Question

Hal ini penting agar sobat bisa melakukan reset password jika lupa. Berikut caranya:

  • Buka https://blackberryid.blackberry.com/bbid/login/ melalui browser komputer atau bisa juga di smartphone
  • Masukkan Username dan Password > klik sign in
  • Nanti akan terlihat status akun sobat, apakah email sudah terkonfirmasi, apakah sudah ada pertanyaan keamanan (Password Recovery Question, dll). Lihat gambar dibawah
  • Jika Email Status: Not Confirmed, maka sobat harus klik: Confirm My Email > klik done (sobat akan log out)
  • Setelah itu buka email yang digunakan (oleh karena itu sangat penting menggunakan email yang masih aktif dan sering digunakan) > cari email dari donotreply@blackberry.com dengan subject Confirm your BlackBerry ID email address > klik link / tautan yang ada pada email > sobat akan diminta untuk memasukkan password BBM > klik Submit
  • Setelah itu buka lagi https://blackberryid.blackberry.com/bbid/login/ lalu login. Jika Email berhasil terkonfirmasi, maka akan tertulis Email Status: Confirmed
  • Setelah itu pada bagian Password Recovery klik: Edit
  • Sobat akan diminta untuk memasukkan Password BBM, Password Recovery Question: (ini sobat yang tentukan), Answer: (jawaban dari pertanyaan yang sobat buat). Contoh:
    • Password: 123456 (ini password BBM sebelumnya)
    • Password Recovery Question: Nama mantan pacar yang ga bisa dilupain (baper mode:ON ). Ini pertanyan sobat yang buat sendiri, bebas boleh apa saja.
    • Answer: Natasha (jawaban dari pertanyaan yang dibuat sebelumnya)
    • Klik Save
  • Kalau sudah selesai semua, klik Done.


Keterangan:

  1. Status Email: Not Confirmed (belum terkonfirmasi)
  2. Klik untuk mengkonfirmasi email (akan dikirim ke alamat email yang tertera di username sebelahnya)
  3. Klik untuk Edit / membuat Password Recovery Question

 

Cara Mengatasi Akun BlackBerry / BBM Terkunci Karena Lupa Password

  1. Menggunakan browser komputer / Perangkat, buka: http://id.blackberry.com/bbid.html
  2. Klik: Reset Sandi
  3. Masukkan Username / Email Sobat
  4. Ketik Captcha > Klik Submit
  5. Nanti akan muncul pertanyaan keamanan (password recovery question) > isi jawabannya lalu klik OK untuk mengirimkan email. Jika tidak muncul tahap ini, berarti email langsung dikirimkan.
  6. Buka Email yang digunakan untuk BBID / BBM > cari email dari donotreply@blackberry.com atau bbidpw-donotreply@blackberry.com dengan judul: How to change your BlackBerry ID password > klik Link / tautan yang ada di email
  7. Akan muncul halaman web untuk mereset password > Masukkan Jawaban Password Recovery Question > Ketik Password yang baru > klik Submit
  8. Selesai, sobat bisa login menggunakan password yang baru

Sekarang yang menjadi kendala adalah, bagaimana jika email sobat belum terkonfirmasi dan belum membuat pertanyaan keamanan dan juga belum konfirmasi email?

Jika sobat belum melakukan verifikasi, maka ketika melakukan reset Password dengan cara diatas akan muncul pesan:

"No Password Recovery Question Has Been Set" / "tidak ada pertanyaan pemulihan kata sandi disetel"

Hmm... kalau sudah begini kasusnya memang agak sulit dan saya tidak bisa menjamin keberhasilannya, tapi tidak ada salahnya dicoba sebagai usaha terakhir untuk mengembalikan akun BBM anda.

Cara Reset Password BBM / BBID Tanpa Recovery Question (pertanyaan pemulihan)

Dengan sangat menyesal, saya mengatakan bahwa tidak ada cara yang saya ketahui untuk melakukan reset Password tanpa menjawab Recovery Question (pertanyaan pemulihan).

Lalu bagaimana jika sudah begini kejadiannya? Jika kasusnya sudah sampai locked seperti kasus pertanyaan yang masuk ke gadoga.com diatas, maka satu-satunya cara adalah menunggu selama 15 menit dan setelah itu coba masukkan kembali password yang mungkin benar.

Jadi intinya, sobat harus mencoba mengingat passwordnya atau kemungkinan sandinya. Jangan pesimis terlebih dahulu, tarik nafas dalam-dalam, minum teh dulu biar tenang lalu coba ingat-ingat.

Memang kuncinya adalah kesabaran, karena jika salah password, maka sobat harus menunggu 15 menit lagi agar bisa mendapat 1 kesempatan lagi. Jadi, gunakan satu kesempatan itu sebaik-baiknya. Isilah password dengan tebakan terbaik sobat.

Jika, setelah ditunggu selama 15 menit ternyata tidak muncul pilihan untuk login atau masih terkunci, coba Clear Data aplikasi BBM-nya terlebih dahulu. Caranya:

  • Buka Settings / Pengaturan Ponsel Anda
  • klik Application / Aplikasi
  • Klik Semua / All
  • Cari Aplikasi BBM
  • Klik Klik: Clear Data / Hapus Data
  • Buka lagi aplikasi BBM lalu coba login / sign in ulang

Jika tetap tidak muncul juga atau dalam dalam beberapa kasus muncul pesan: Untuk alasan keamanan, anda terkunci selama 40 ribu sekian menit seperti dibawah:

"BlackBerry ID Locked. You have exceeded the maximum number of attempts to verify your password. For security reasons, you have been locked out for 48384957 minutes"

Jika ini yang terjadi, maka yang perlu sobat lakukan adalah mengganti tanggal di perangkat kamu menjadi dua tahun kedepan. Sebelumnya matikan dulu pengaturan tanggal otomatis di perangkat kamu. Caranya:

  • Masuk ke Settings / Pengaturan
  • Klik Date & Time / Tanggal & Waktu
  • Matikan / jangan centang tulisan Automatic Date & Time / Tanggal & Waktu Otomatis
  • Klik Set date / Atur Tanggal
  • Set dua tahun kedepan (misalnya sekarang thun 2016, maka atur jadi tahun 2018) > OK
  • Coba login lagi.

Jika pada akhirnya sobat menyerah karena tidak juga ingat passwordnya, maka tidak ada cara lain dan sobat harus membuat BlackBerry ID yang baru. Dan kali ini, ingatlah email, konfirmasikan dan setting pertanyaan keamanannya (Security / Recovery Question) seperti cara yang sudah dijelaskan diatas artikel.

Jika sudah benar-benar terkunci, maka kontak dari akun BBM yang lalu tidak bisa dikembalikan (restore) atau hilang semuanya.

Tidak perlu berkecil hati, mungkin ada sisi positifnya juga dengan memiliki BlackBerry ID / Akun BBM yang baru. Jadinya sobat tidak perlu delete contact orang yang sebenarnya ingin di delcon tapi segan dan bisa add contact yang benar2 ingin di tambahkan saja.

Demikianlah informasi cara mengatasi jika lupa Password Akun BBM / BlackBerry ID. Semoga bermanfaat - salam, gadoga.com

Artikel Terkait lainnya:




Berlangganan (Free):



Copas emoticon: 😁 😃 😂 😅 😇 😈 😉 😊 😌 😍 😒 😓 😔 😳 😖 😘 😛 😡 😭 😱 😤 😎 👍 🙏

Jika dirasa artikel ini berguna, silahkan di share / dibagikan

Kembali ke atas 🚀

©2009-2017 gadoga.com - V.11.09.7
Disclaimer | Kebijakan Privasi