Cara MEngatasi Dispenser Tidak Keluar Air

01 Mei 2015 Oleh Ted

Jadi ceritanya saya baru saja beli dispenser merk COSMOS tipe CWD 1300 untuk diletakkan di toko. Saat baru datang, saya langsung merakitnya dan memasang galon. Setelah terpasang lalu dicoba untuk membuka kran ternyata airnya tidak keluar



Setelah dicoba beberapa kali lalu saya menarik kran ke arah atas dan didiamkan beberapa saat, baru keluar airnya. Dan setelah air berhasil keluar, saya coba untuk menekan tuas kran ke arah bawah dan air tetap bisa keluar dengan lancar. (Sebenarnya sih tarik atas atau kebawah sama saja, cuma efek placebo saja )

Tapi hal ini tidak berlaku untuk kran air panas di sebelahnya. Kran air panas tidak bisa ditarik keatas dan sudah dicoba dibiarkan beberapa saat juga tetap tidak keluar.

Sempat terpikir bahwa produk yang saya miliki ini adalah produk cacat dan mesti di tukar atau garansi. Tapi sebelum melakukan hal tersebut, saya coba satu hal dulu yaitu dengan meniup keran airnya. Caranya, tekan keran pada posisi terbuka lalu tiup dari ujung keran sampai airnya mengalir.

Ternyata dengan cara sederhana tersebut, air dispenser yang tadinya "mampet" jadi bisa lancar dan mengalir. Hal ini bisa terjadi karena ada vakum (hampa udara) di dalam tabung air panasnya yang menyebabkan air tidak jalan dan tiupan angin memecah kevakuman tersebut.

Perhatian: Sebelum meniup keran, pastikan kondisi dispenser tidak menyala dan tidak ada air panas yang tersisa di tabung dan sebaiknya jangan meniup kalau Anda baru saja makan jengkol, pete dan sebangsanya karena bisa membuat bau tak sedap

Selain ditiup, ada cara kedua yang bisa dilakukan, yaitu pada saat pasang galon pertama kali, posisikan kran dalam posisi terbuka, sehingga tidak ada udara yang terperangkap / vakum.

Review Dispenser Cosmos CWD-1300

Saya membeli dispenser ini dengan harga Rp. 509.000,- di Carrefour Depok. Yang membuat dispenser ini lebih mahal dibanding model yang lain adalah karena dilengkapi dengan fitur air dingin. Kalau yang kisaran harga 200 ribuan hanya air normal (tidak dingin).

Menurut promosi dan stiker yang tertempel di badan dispenser bisa menghasilkan air dingin hingga 10 derajat Celcius dan air panas hingga 96 derajat celcius.

Bagaimana kemampuan memproduksi air dingin dispenser terjangkau ini? Saat dites memang airnya terasa lebih dingin dibanding air biasa, namun tidak sedingin air yang ditaruh di dalam kulkas ataupun dispenser yang ukuran besar (yang harganya 1 juta lebih). Memang saya pribadi sudah menduga hal ini sebelum membeli, tapi bisa dibilang lumayan lah untuk mengobati kehausan saat cuaca panas dan masih mending dibanding air biasa.

Bagaiamana kemampuan air panasnya? Untuk kemampuan air panasnya bisa dibilang cukup baik, ada tombol "Extra Hot" apabila Anda butuh panas lebih (katanya sih kalau mau buat kopi tubruk). Selain itu, kapasitas tangki panas (hot tank) yang di klaim mencapai 1 L (1000ml) cukup membantu untuk membuat beberapa cangkir kopi atau teh tanpa harus menunggu pemanasan ulang.

Kran Air Panas Dispenser Cosmos CWD-1300 memiliki fitur pengaman anak-anak (Child lock). Berfungsi agar kalau ada anak kecil yang tidak sengaja memencet kran hot water, airnya tidak akan keluar.

Agar air keluar Anda harus menyatukan tuas atas dan bawah (dicubit), setelah itu baru tekan kran ke arah bawah.



Demikianlah tips untuk mengatasi air dispenser tidak keluar dan sedikit review dispenser Cosmos CWD-1300. Kalau dengan cara diatas tidak berhasil, maka perlu dilakukan tindakan lebih lanjut seperti membongkar dispenser lalu membersihkan saluran air dari benda-benda yang mungkin saja menyumbat. Semoga berguna, salam - gadoga.com



Berlangganan (Free):



Copas emoticon: 😁 😃 😂 😅 😇 😈 😉 😊 😌 😍 😒 😓 😔 😳 😖 😘 😛 😡 😭 😱 😤 😎 👍 🙏

Jika dirasa artikel ini berguna, silahkan di share / dibagikan

Kembali ke atas 🚀

©2009-2017 gadoga.com - V.11.09.7
Disclaimer | Kebijakan Privasi