Cara Mengatasi Arloji Tidak Bunyi Alarm, Tidak Bisa Dipencet, Ada tulisan: Open, dll



09 Juli 2016 Oleh Ted

Pada artikel kali ini akan diajarkan tips untuk mengatasi beberapa masalah pada arloji / jam tangan digital seperti berikut:

  • Alarm jam tidak ada suaranya atau bunyinya
  • Lampu tidak menyala
  • Ada tulisan: "Open" pada layar jam (Biasanya terjadi pada jam Casio Pro Trek atau G-Shock)
  • tombol tidak bisa dipencet atau tidak ada respon


Banyak yang mengatakan kalau jam digital sudah rusak maka tidak mungkin bisa diperbaiki lagi. Pada beberapa kasus mungkin ada benarnya, tapi jangan cepat-cepat dulu menarik kesimpulan, jangan-jangan masih bisa diperbaiki dengan cara sederhana seperti dibawah ini.

Semua masalah diatas sebenarnya penyebabnya sama semua yaitu karena:

Ada bagian dari mesin jam tangan digital yang tidak menempel dengan sempurna ke penutup case arloji

Maksudnya apa? Jika sobat mengalami tulisan "Open" di layar jam, atau semua tombol tidak bisa berfungsi, alarm tidak bunyi dan dalam beberapa kasus lampu arloji tidak menyala, maka kemungkinan ada semacam per (pegas) atau bagian besi dari mesin jam yang seharusnya menyentuh tutup belakang (case) jam tapi ternyata tidak. Biasanya ini terjadi setelah mengganti baterai jam tangan.



Beberapa penyebab bagian mesin tidak menempel beserta solusinya:

1. Kurang Tinggi / Kurang Bengkok

Mungkin saja bagian yang harus menempel itu tidak cukup panjang atau cukup tinggi untuk dapat menyentuh tutup belakang.

Solusi: Bengkokkan atau kalau itu adalah sebuah per / pegas, coba ditarik sedikit sampai cukup panjang atau cukup tinggi sampai menempel case. Tapi lakukan dengan sangat hati-hati, jangan sampai patah atau putus.

Jika dirasa bahwa semua bagian pasti menempel, maka tidak perlu dilakukan apa-apa, coba cek penyebab lainnya.

Catatan: Khusus jika alarm atau beeper arloji tidak berbunyi, maka pastikan sobat tidak terbalik memasang tutup belakang. Pastikan per alarm menempel pada bagian speaker jam (lihat garis hijau pada gambar diatas).

2. Kotor

Bisa saja karena kotor (terhalang kotoran) maka bagian besi (metal) dari mesin tidak menempel dengan baik di case tutup belakang. Penyebabnya bisa saja karat, bisa juga substansi lain.

Saya pernah mengalami tombol arloji digital tidak bisa dipencet sama sekali karena di dalam mesinnya ada lapisan silikon yang meleber ke tutup belakang dan kemudian bertindak sebagai isolator.

Solusi: Bersihkan dengan baik kotoran di tutup case dan bagian mesinnya. Jika sudah terlihat seperti berkarat bisa di amplas sedikit. Jangan amplas terlalu dalam, cukup sampai bersih saja.

3. Tertutup sesuatu / ada yang bagian yang berpindah

Untuk jam tangan Casio G-Shock atau Pro Trek atau jam tahan banting lainnya, biasanya pada bagian mesin ada semacam karet / plastik pelindung tambahan yang terdapat di dalam case. Fungsi pelindung ini tentu agar lebih tahan benturan ekstrem.

Terkadang seseorang memasang pelindung dalam tersebut kurang tepat, terbalik atau menutupi sebagian atau semua bagian besi yang seharusnya menempel.

Solusi: Pastikan pelindung yang di dalam dipasang dengan baik, tidak terbalik dan juga semua bagian besi (metal) dan pegas spring / per tidak terhalangi. Biasanya pelindung memiliki lubang yang didesain khusus agar besi / per bisa keluar dan tidak tertutup.

Jika pelindung sudah dipasang dengan baik, tapi tetap masih ada tulisan "Open" dan tombol tetap tidak bisa dipencet, maka kemungkinan ada bagian di penutup belakangnya yang berpindah posisi.

Note: Maksud dari tulisan "Open" adalah: Arloji memberitahukan bahwa tutup belakangnya masih terbuka. Tapi kalau dalam kasus ini, jam tangan tetap mendeteksi case terbuka walau sudah ditutup karena ada bagian yang tidak menempel pas.

Jika sobat memiliki jam Casio Pro trek, maka coba lihat di mesinnya, selain ada per untuk speaker alarm, biasanya akan ada dua per lainnya yang harus menempel pada bagian berbentuk oval di tutup case. Nah, terkadang mungkin karena sudah lama, terkena guncangan, dll, bagian yang bentuknya oval di tutup case itu bergeser / berpindah tempat yang menyebabkan tidak menempel pas pada kedua per.

Solusinya adalah memindahkan bagian oval di tutup belakang ke posisi yang tepat sehingga kedua per itu bisa menempel dengan sempurna terhadap bagian besi berbentuk oval itu.



Tambahan:

Terkadang untuk per / pegas / spring untuk fungsi alarm bisa terlepas / hilang. Jadi, jika pada bagian speaker alarm saat dilihat sepertinya tidak ada yang bersentuhan dengan bagian mesin, berarti per-nya hilang. Sobat bisa mengakalinya dengan memasng besi atau per yang mirip2.

Pada beberapa tipe jam, ada seperti per kecil di bagian atas bawah jam yang mudah sekali hilang tapi sebenarnya per itu tidak berhubungan dengan mesin jam. Per itu fungsinya hanya untuk memudahkan membuka tutup belakang saja, jika hilang maka tidak perlu diganti. Dan jika tombol tidak bisa dipencet, dsb, itu tidak ada hubungannya dengan per kecil itu. Contoh per tsb ada pada Gambar 2 diatas pada bagian yang diberi kotak warna kuning Bisa terlihat bahwa per tersebut tidak ada hubungannya dengan mesin.

Untuk masalah lampu jam tangan yang tidak menyala, redup, kadang menyala kadang mati, dsb, memang kadang disebabkan oleh masalah yang sama seperti diatas. Tapi keseringan yang terjadi sayangnya adalah karena memang masa pakai lampu tersebut sudah habis atau memang sudah rusak (setidaknya saat ini saya tidak tahu cara memperbaikinya). Jadi, kalau sudah melakukan tips diatas tapi lampu tidak menyala, maka sebaiknya direlakan saja.

Demikianlah informasi cara mengatasi jam tangan yang tidak bisa dipencet sama sekali, alarm tidak bunyi, ada tulisan "open" di layar, dsb. Semoga bermanfaat - salam, gadoga.com




Berlangganan (Free):



Copas emoticon: 😁 😃 😂 😅 😇 😈 😉 😊 😌 😍 😒 😓 😔 😳 😖 😘 😛 😡 😭 😱 😤 😎 👍 🙏

Jika dirasa artikel ini berguna, silahkan di share / dibagikan

Kembali ke atas 🚀

©2009-2017 gadoga.com - V.11.09.7
Disclaimer | Kebijakan Privasi