Tips Xiaomi / Miui: Mengatasi Notifikasi Telat / Tidak Masuk & Widget Error



15 Oktober 2016 Oleh Ted

Kalau kamu punya ponsel Xiaomi (Redmi) atau yang menggunakan OS MIUI dan mengalami masalah dimana terlambat dapat notifikasi dari media sosial misalnya dari BBM, WhatsApp, Line, Facebook, Twitter, dsb dan baru masuk notifnya saat kamu buka aplikasinya, maka pada artikel ini saya akan berikan tips yang mungkin bisa mengatasi masalah tersebut. Tips ini juga bisa dipakai untuk mengatasi widget yang error, tidak update atau tidak berfungsi dengan baik

Penyebab masalah ini adalah karena fitur penghemat baterai dan juga fitur security / keamanan auto start yang dimiliki oleh ponsel Xiaomi (OS MIUI) yang membuat aplikasi-aplikasi yang seharusnya selalu standby / berjalan di background (di latar) menjadi terhenti kalau fitur ini dinyalakan.

Nah, pada artikel kali ini, saya akan mengajarkan bagaimana caranya mematikan fitur battery saver (penghemat baterai) dan juga fitur "task killer" built in ponsel Xiaomi.

Kalau saya sendiri mengalami masalah dimana widget baterai saya tidak update alias tidak menunjukkan persentase baterai secara aktual. Tapi seperti sudah disebut sebelumnya, tips ini juga berguna untuk mengatasi telat dapat notifikasi dari BBM, dari Facebook, Twitter, Instagram, Path, dari game, dll. Begini tips cara mengatasinya.

Note: Khusus untuk tips nomor 1 dan 2, saya melakukannya di ponsel yang menggunakan MIUI Versi 8. Saya tidak tahu apakah menu ini ada di MIUI versi 7 kebawah (atau 8 keatas). Jadi, kalau ponsel sobat tidak memiliki menu seperti tips nomor 1 dan 2, maka tidak perlu dilakukan dan bisa langsung membaca tips nomor 3.

Tips 1: Matikan Fitur Battery Saver

  1. Buka Setting
  2. Klik battery & perfomance
  3. Klik Power
  4. Klik Battery saver
  5. Setelah itu di set Off / dimatikan

Kalau saya pribadi, fitur battery saver (penghemat baterai) selalu saya set off karena lebih sering menyulitkan dibandingkan berguna. Dan untuk penghematan baterainya juga tidak terlalu siginifikan / terlalu berpengaruh. Tapi ini pengalaman saya pribadi ya, tiap orang bisa beda2 pengalamannya.

Tips 2: Jangan batasi aplikasi yang berjalan di background

  1. Buka Setting
  2. Klik Battery & perfomance
  3. Klik Manage apps battery usage > Klik OFF agar ponsel tidak membatasi aplikasi yang berjalan di background.

Tapi untuk tips nomor dua ini, ada efek negatifnya. Yaitu kalau di set OFF semua, maka semua aplikasi dapat berjalan di belakang (background) / ada aplikasi yang bisa jalan tanpa kita mengetahuinya, dan ini akan membuat boros baterai atau menghabiskan kuota internet.

Oleh karena itu, untuk tips nomor 2, kita bisa juga memilih hanya mengijinkan aplikasi-aplikasi yang kita inginkan selalu jalan (sehingga bisa selalu dapat notifikasi), sementara aplikasi lainnya kita larang untuk berjalan di latar / background. Begini caranya:

  1. Buka setting
  2. Klik battery & perfomance
  3. Klik manage apps battery usage > klik ON
  4. Klik Choose Apps > Cari aplikasi yang sobat inginkan agar selalu berjalan. Misalnya kalau sobat sering mengalami notifikasi terlambat dari aplikasi WhatsApp, maka cari aplikasi WA lalu klik "No Restriction"

Tips 3: Ijinkan aplikasi melakukan autostart

Tampaknya pengaturan default (awal) dari ponsel Xiaomi / MIUI adalah tidak mengijinkan aplikasi dapat berjalan secara otomatis (auto start:off) kecuali pengguna mengaktifkannya.

Jadi kalau ada aplikasi yang ditutup oleh sistem ponsel, misalnya karena kurang RAM, maka aplikasi tersebut tidak bisa menyala kembali, kecuali pengguna mengklik / menyalakan aplikasi itu lagi.

Hal inilah yang menyebabkan sobat telat atau tidak mendapat notifikasi / info dari aplikasi yang sudah tertutup. Bingung? Saya kasih contoh.

Pengaturan awal / default handphone Xiaomi / OS MIUI adalah auto start = OFF, jadi:

  • Misalnya kamu lagi buka Facebook > lalu kamu keluar dari aplikasi FB > setelah itu aplikasi FB tidak dapat aktif lagi secara otomatis, karena sistem tidak mengijinkan hal itu terjadi.
  • Akibatnya kamu tidak akan dapat info notifikasi dari Facebook (karena aplikasinya benar-benar berhenti / OFF)

Nah, untuk mengatasi hal ini bagaimana caranya? Kita harus setting agar auto start = ON. Ini yang akan terjadi kalau kita setting ON:

  • Misalnya lagi main FB lalu kamu menutupnya atau bisa juga sistem yang menutupnya (karena kekurangan RAM, dsb) > walau begitu, aplikasi FB bisa berjalan lagi secara otomatis jika diperlukan, karena sistem mengijinkan hal itu terjadi.
  • Hasilnya, kamu akan dapat notifikasi yang diperlukan.

Bagaimana cara mengaktifkannya?

  1. Cari aplikasi Security (aplikasi ini adalah aplikasi bawaan hp Xiaomi
  2. Klik Permisions
  3. Klik Autostart, pilih aplikasi yang kamu inginkan selalu menyala. Misalnya kamu ingin selalu dapat notifikasi dari Facebook, maka tinggal cari aplikasinya lalu klik ON.

Kalau sobat sering mengalami keterlambatan dari notif BBM atau aplikasi lainnya (path, Twitter, Instagram, dll), maka tinggal cari aplikasinya lalu klik ON / geser panel sampai warna biru seperti gambar dibawah.



Catatan: Untuk OS MIUI 7, 6, atau 5 kemungkinan ada sedikit beda metode penulisannya, tapi intinya sama saja. Seingat saya untuk OS dibawah MIUI 8 caranya seperti dibawah:

  1. Buka aplikasi Security
  2. Klik Permisions
  3. Klik Auto Start Management
  4. Klik Add Auto Start Apps
  5. Cari aplikasi yang sobat inginkan selalu aktif / selalu dapat notifikasi > klik Allow

Yang perlu diingat adalah, pilihlah aplikasi yang sobat benar2 butuhkan notifikasinya. Jangan semuanya di aktifkan / di allow / diperbolehkan autostart. Kenapa jangan semua? karena kalau semua aplikasi dapat berjalan secara otomatis akan membuat lebih boros baterai dan juga membuat ponsel lebih lemot / lambat (karena semuanya akan aktif). Jadi, pilihlah aplikasi yang benar2 sobat butuhkan untuk selalu dapat notifikasi.

Demikianlah info cara mengatasi notifikasi atau pesan yang terlambat masuk dari BBM, WA, FB, dll di ponsel Redmi / Xiaomi / OS MIUI. Kalau masih bingung, sobat bisa melihat videonya dibawah:

Mau selalu dapat tips & trik, tutorial dan review terbaru? , dan juga Channel YouTube kami. Tujuannya biar kamu gampang menemukan gadoga.com, mungkin suatu saat kamu akan membutuhkannya Gratis kok sob! Jangan lupa juga untuk share artikel ini, mungkin bisa berguna untuk yang lain.



©2009-2017 gadoga.com
Disclaimer | Kebijakan Privasi