Cara Mengatasi SMS yang Berubah Menjadi MMS pada Android Samsung Galaxy

Tanggal 19 Maret 2012

Sudah ada beberapa orang yang bertanya melalui kolom komentar gadoga.com mengenai kenapa saat mengirimkan SMS lebih dari 3 SMS (480 karakter), format SMS akan berubah menjadi MMS. Tidak hanya saat Anda mengetik saja, ketika Anda menerima SMS lebih dari 480 karakter dan ingin meneruskan (forward) ke orang lain, pesan akan dikonversi menjadi MMS.

Kejadian ini pada umumnya dialami oleh pengguna Samsung Galaxy dari berbagai seri. Hal ini tentu saja akan sedikit merepotkan bila Anda ingin mengirimkan SMS yang panjang kepada teman atau kerabat.

Agar pesan SMS tidak berubah menjadi MMS, Anda dapat melakukan beberapa hal, yaitu:

  • Persingkat isi pesan atau kata-kata yang digunakan agar SMS tidak lebih dari 480 karakter (3 SMS). Tentu saja proses ini memiliki kelemahan, selain tidak praktis, selain itu bila kata-katanya terlalu disingkat, bisa menimbulkan kebingungan bagi si penerima SMS.
  • Cara yang kedua adalah dengan mengirim SMS sebanyak dua kali atau lebih. Anda dapat saja menulis SMS maksimal sebanyak 480 karakter lalu mengirimnya, setelah itu tulis SMS berikutnya. Cara ini tentu saja akan membuat tampilan SMS cukup berantakan di sisi penerima dan belum tentu diterima secara berurutan
  • Cara ketiga, dan cara ini yang saya anjurkan adalah dengan menginstall aplikasi SMS atau Messaging buatan pihak ketiga, misalnya GO SMS Pro atau Handcent SMS. Dengan kedua aplikasi tersebut, Anda dapat mengirimkan SMS lebih dari 3 halaman tanpa masalah (saya pernah mencobanya sampai 12 halaman).

Untuk Mendownload GO SMS Pro atau Handcent SMS, silahkan kunjugi Android Market yang saat ini sudah berubah nama menjadi Play Store. Walau ada embel-embel “pro”, namun aplikasi ini gratis, Anda hanya akan dikenakan biaya data/pulsa saat mendownload aplikasinya. Bila sudah menggunakan paket internet unlimited, maka tidak ada biaya tambahan sama sekali.

Apabila Anda tidak tahu cara menginstall aplikasi Android, silahkan membaca artikel: Tiga Cara Install Aplikasi Android.

Demikianlah artikel cara menulis SMS lebih dari tiga halaman tanpa merubahnya menjadi MMS pada handphone Android, khusunya HP Samsung Galaxy. Semoga bermanfaat 

©2009-2015 gadoga.com
Disclaimer | Kebijakan Privasi