Cara mengatasi suara dan gambar tidak sinkron saat memutar video di Android

Tanggal 25 September 2013

Berikut pertanyaan yang masuk ke gadoga.com:

Yance: kl ace2 bs putar vidio b msuat tab (mp4 628×280)mslhx kl putar d samsung gio sy biasax gambar ama suarax ngak pas biasax suarax duluan.

Terkadang saat memutar video atau film di ponsel atau tablet Android antara suara dan gambarnya tidak sinkron. Jadi terkadang suaranya jalan lebih dulu baru diikuti oleh suaranya yang tertinggal satu detik atau lebih. Atau bisa juga kebalikannya, suara lebih dulu baru diikuti oleh gambar yang terlambat. Hal ini tentu saja sangat membuat tidak nyaman untuk menonton film di Android. Untuk mengatasinya, baca terus artikel berikut.

Kondisi ini disebabkan oleh prosesor ponsel atau tablet Android yang kurang kuat untuk memutar video tersebut, biasanya dialami oleh perangkat Android yang masih menggunakan prosesor single core (satu inti).

Resolusi video 628×280 pixel seperti disebutkan diatas tidak terlalu besar dan seharusnya masih kuat dijalankan di Samsung Galaxy Gio. Jika tidak sinkron, selain karena prosesor bisa disebabkan hal berikut:

  • Proses encoding video yang kurang baik
  • Bitrate Audio yang tinggi (lebih mengutamakan kualitas audio dibanding video)
  • Decoder pada ponsel kurang baik atau tidak cocok dengan file yang diputar.

Catatan: encoding secara sederhana adalah proses merubah sebuah “kode komputer” ke dalam sebuah format khusus dengan tujuan untuk membuat sebuah file lebih efisien untuk disimpan atau untuk dikirimkan (transfer). Sedangkan decoding adalah proses kebalikannya, yaitu proses untuk merubah sebuah file menjadi kode-kode komputer/karakter yang dapat dibaca oleh sebuah aplikasi.

Jadi misalnya ada Data Video, agar mudah untuk disimpan atau dikirim, maka data video tersebut di encode menjadi sebuah file video (misalnya mp4) > agar video bisa dilihat, maka perlu di decode dulu.

Apabila ada pertanyaan: “Kenapa Android saya tidak lancar memutar video, sedangkan teman saya lancar? padahal kecepatan processor kita sama dan sama-sama single core?

Hal ini dikarenakan pada beberapa tipe Android sudah disertakan hardware decoder yang efeknya dapat memperlancar pemutaran video. Jadi, walau kecepatan prosesor sama, tapi bisa saja perangkat satunya sudah dilengkapi decoder video yang lebih baik.

Jika ponsel Android Anda kurang lancar saat digunakan memutar video atau antara suara dan gambar tidak serasi, bisa diatasi dengan cara menginstall aplikasi Video Player yang memiliki fitur software decoder, misalnya MX Playeryang akan kami bahas dibawah ini.

Berikut caranya:

1. Install Aplikasi MX Player buatan J2 interactive. Aplikasi ini bisa di download melalui Google Play Store

2. Buka aplikasinya, apabila setelah diinstall ada keterangan diperlukan download codec tambahan, ikuti saja petunjuk di layar lalu download codec-nya.

3. Saat memutar video, klik pada layar sekali, lalu klik tulisan H/W pada bagian kanan atas layar, setelah itu klikS/W Decoder (Software decoder), lihat gambar dibawah.

MX Player

MX Player

Dengan menggunakan S/W Decoder, biasanya akan lebih lancar pada saat memutar video, tapi biasanya akan lebih boros baterai. Walau begitu, pada beberapa ponsel Android terkadang malah terbalik, pada saat menggunakan H/W Decoder (Hardware) malah lebih lancar.

Demikianlah tips cara mengatasi suara dan gambar video tidak berbarengan saat diputar di Android. Apabila setelah menggunakan MX Player masih tetap tidak lancar, mungkin sudah saatnya untuk mempertimbangkan mencari ponsel / tablet Android yang memiliki processor lebih baik. Salam, gadoga.com.



Berlangganan (Free):



Copas emoticon: 😁 😃 😂 😅 😇 😈 😉 😊 😌 😍 😒 😓 😔 😳 😖 😘 😛 😡 😭 😱 😤 😎 👍 🙏

Jika dirasa artikel ini berguna, silahkan di share / dibagikan

Kembali ke atas 🚀

©2009-2017 gadoga.com - GIG17
Disclaimer | Kebijakan Privasi