Cara Mengatasi Tampilan Aplikasi, Emulator, Games Tidak Center / Terpotong di Windows



25 Juni 2016 Oleh Ted

Sekitar dua hari yang lalu keponakan saya meminta diinstall aplikasi Emulator Playstation 1 di laptop yang menggunakan Windows 10.

Emulator PS1 adalah sebuah aplikasi yang dapat menjalankan game-game Playstation generasi pertama di komputer. Ada beberapa aplikasi sejenis, namun salah satu yang terkenal adalah ePSXe yang saya install.

Setelah selesai dipasang dan di setting dan coba memainkan game, ternyata tampilan gambarnya seperti terpotong dan tidak tepat ditengah. Lebih tepatnya seperti terlalu kebawah dan seperti di zoom.

Saya coba rubah berbagai pengaturan grafik di emulator ePSXe ternyata tidak ada efeknya alias gambar tetap tidak center dan terpotong.

Ternyata eh ternyata, hal ini disebabkan bukan karena settingan di emulator Playstation yang salah, tapi ternyata ada pengaturan di Windows yang perlu dirubah.

Kemungkinan besar tips ini bukan hanya bisa mengatasi tampilan ePSXe yang salah, tapi bisa juga digunakan untuk aplikasi komputer atau game lain yang mengalami problem yang sama.

Sebelum saya infokan solusinya, saya akan beritahu penyebabnya. Hal ini karena settingan scaling / pengaturan pembesaran teks dan tulisan layar yang diatas 100%.

Contohnya Laptop saya menggunakan Windows 10 dan memiliki layar Full HD. Karena ukuran layarnya tidak terlalu besar, sementara resolusi saya atur maksimal (1920x1080 pixel) hal ini menyebabkan tulisan teks di layar menjadi sangat kecil-kecil.

Agar saya bisa membaca tulisannya, maka saya lakukan scaling untuk memperpesar teks hingga 175%. Nah, pengaturan inilah yang menyebabkan tampilan game menjadi seperti "ketarik" atau terlalu zoom dan terpotong.

Cara Mengatasi Tampilan Layar Aplikasi atau Game Terpotong, Tidak Ditengah atau Terlalu Ke Kiri / Ke Kanan.

  • Klik kanan mouse pada ikon aplikasi (dalam hal ini, saya klik kanan di atas ikon ePSXe)
  • Klik Properties
  • Klik Tab Compatibility
  • Centang pada bagian "Disable display scaling on high DPI settings"
  • Klik OK
  • Jalankan aplikasinya lagi > selesai


Note: Tips ini juga bisa diterapkan pada Windows 8, 8.1 atau versi lain yang mendukung.

Sedikit review mengenai ePSXe, emulator ini dapat menjalankan berbagai game Playstation lawas dengan sangat baik dan lancar. Sebagai catatan, tampilan grafiknya akan jauh lebih bagus dan lebih halus dibandingkan jika kita memainkan game-nya langsung menggunakan konsol PS.

Hal ini dikarenakan untuk pemrosesan grafik dilakukan oleh VGA card komputer / laptop yang lebih powerful dibandingkan "vga card" perangkat PlayStasion.

Jika sobat ingin memainkan game PlayStation 2, maka emulator yang direkomendasikan adalah PCSX2. Namun untuk menjalankan emulator ini dibutuhkan graphic card dan spesifikasi komputer yang cukup mumpuni agar dapat menjalankan permainan dengan halus.

Demikianlah informasi cara mengatasi tampilan game atau aplikasi komputer yang tidak pas, tidak enak dilihat, terpotong, terlalu besar, geser kekiri, kekanan, dll. Semoga bermanfaat - salam, gadoga.com



©2009-2017 gadoga.com
Disclaimer | Kebijakan Privasi