Cara Memeriksa Nomor Resi Di Website JNE


26 April 2016 Oleh Ted

Jika sobat belanja secara online, setelah barang dikirim oleh penjual biasanya sobat akan diinformasikan nomor resi. No tersebut berguna untuk melacak status barang kiriman sudah sampai mana, dsb.

Untuk jasa pengiriman / ekspedisi ada bermacam-macam, salah satu yang terkenal adalah JNE. Pada artikel kali ini kami akan mengajarkan caranya memeriksa nomor resi untuk melihat status kiriman sobat sudah sampai mana, kapan dikirim, kenapa tidak sampai-sampai, dsb.

Website JNE yang tampilan baru saat ini lebih sulit untuk mengecek nomor resi. Kadang bisa, kadang gagal. Bingung? Wajar kok, banyak juga yang bingung (dan banyak juga yang komplain ).

Note: Nomor resi sering juga dibilang nomor kiriman atau no AWB (Air Waybill).

Update 17 Juni 2016:

Mungkin karena banyak yang komplain (mungkin loh ya) kalau cara mengecek resi di website JNE terlalu sulit, hari ini saat mau tracking kiriman, ternyata sudah berbeda caranya dari sebelumnnya (kali ini lebih mudah). Berikut caranya:

  1. Buka www.jne.co.id > dibawah tulisan Trace & Tracking, ketikkan nomor resi / awb. Contoh: SUBAS1234567.
  2. Ketikkan angka yang ada di foto. Catatan: Kalau tidak muncul foto atau gambar, klik tulisan "refresh".
  3. Klik Tracking



Note: Setelah muncul status kirimannya, sobat bisa mengklik pada nomor resi / AWB untuk melihat informasi lebih detilnya lagi.


Begini cara cek resi di website JNE (Sebelumnya - tidak dipakai lagi):

  1. Buka website http://www.jne.co.id/ lalu Lihat dibagian kiri ada tulisan: Trace & Tracking > Ketik nomor resi anda (misalnya DPKAI1234567)
  2. Setelah itu klik Tracking
  3. Akan muncul form captcha > klik / centang pada kotak disamping tulisan "I'm not robot" Setelah itu tunggu sampai muncul tanda centang.
  4. Klik Tracking sekali lagi



Nah, yang suka menjadi kendala adalah, pada point ke tiga diatas. Saat di klik "I'm not robot", yang muncul bukan tanda centang tapi malahan 9 foto dalam kotak-kotak ukuran 3x3.

Akibatnya tombol Tracking tidak bisa ditekan. Berikut cara mengatasinya:

Note: lakukan langkah 1-2, yaitu kunjungi www.jne.co.id > ketik nomor resi > klik tracking > nanti akan muncul gambar seperti dibawah:



Nah, disini sobat dituntut untuk dapat mengerti sedikit bahasa Inggris. Kalau tidak mengerti bisa menggunakan Google Translate untuk menterjemahkan.

Jadi ketika sobat meng klik kotak "I'm not robot" akan muncul 9 buah foto seperti gambar di atas. Tugas sobat adalah mengklik satu atau beberapa foto yang sesuai dengan tulisan perintah diatasnya.

Pada contoh diatas, ditulis: "Select all images with a cactus" Itu artinya kita disuruh untuk mencari semua foto yang ada gambar kaktusnya. Sobat tinggal klik satu atau beberapa gambar yang menampilkan kaktus > setelah itu klik Verify > klik tracking lagi.

Kalau seandainya salah, maka 9 fotonya akan berubah dan perintahnya akan berubah juga. Misalnya nanti akan disuruh untuk mencari air, pohon atau lainnya.

Jadi, kuncinya sobat harus bisa mengerti apa perintahnya > klik foto-foto yang sesuai > verify > klik tracking lagi.

Kalau tidak bisa bahasa Inggris, maka mau tidak mau harus buka kamus. Secara online bisa melalui https://translate.google.com/.

Untuk penjelasan dari status pengiriman bisa dibaca pada artikel: Penjelasan status pengiriman JNE klik disini.




Berlangganan (Free):



Copas emoticon: 😁 😃 😂 😅 😇 😈 😉 😊 😌 😍 😒 😓 😔 😳 😖 😘 😛 😡 😭 😱 😤 😎 👍 🙏

Jika dirasa artikel ini berguna, silahkan di share / dibagikan

Kembali ke atas 🚀

©2009-2017 gadoga.com - V.11.09.7
Disclaimer | Kebijakan Privasi