Cara Mengetahui Sisa Kuota Internet Android

Tanggal 7 April 2012

Tidak dipungkiri bahwa tablet maupun handphone Android banyak menggunakan koneksi internet. Apabila Anda adalah salah satu pengguna acang (gadget) ini, maka sebaiknya selalu memantau sudah berapa banyak penggunaan internet atau berapa banyak data yang sudah di unduh (Download) dan di unggah (upload). Hal ini semata-mata dilakukan untuk mencegah membengkaknya tagihan telepon atau pulsa yang habis secara tiba-tiba.

Untuk memantau pemakaian internet dapat menggunakan aplikasi 3G Watchdog, Netcounter atau aplikasi sejenis lainnya. Apabila Anda ingin mengetahui aplikasi mana saja yang menggunakan internet dapat menggunakan aplikasi Traffic Monitor (baca: cara mengetahui aplikasi yang menggunakan internet).

Pada artikel kali ini saya akan menginformasikan cara mengetahui sisa kuota atau besarnya pemakaian internet menggunakan aplikasi 3G Watchdog sebagai contoh. Saya pilih aplikasi ini karena cukup akurat dan hanya sedikit menggunakan daya CPU. Berikut caranya:

  • 1. Cari dan install aplikasi 3G Watchdog dari Android Market (Google Play)
  • 2. Buka aplikasinya lalu lakukan sedikit pengaturan dengan cara klik settings (bergambar seperti roda gigi)

Gambar 1. Settings 3G Watchdog

  • 3. Masukkan Quota (kuota)  dan jangka waktu yang diinginkan. Sebagai contoh, jika Anda menggunakan paket internet 500 MB untuk satu bulan, maka tulis 500 di kolom quota lalu klik dan pilih “MB” disebelah kolom. Setelah itu masukkan angka 1 di kolom “per” dan pilih “Month(s)” (bulan). Catatan: Jika menggunakan paket internet harian, maka pilih Day(s), jika mingguan, pilih Week(s). (lihat Gambar 2)
  • 4.Setelah itu pilih dari kapan Anda ingin melakukan penghitungan, caranya klik tanggal disebelah tulisan “Last Started On” (terakhir dimulai pada), lalu pilih tanggal yang diinginkan

    Gambar 2. Pengaturan kuota internet

  • 5. Bagian “Alerts” (peringatan) berfungsi sebagai pengingat bila pemakaian internet sudah hampir mencapai batas yang ditentukan. Untuk menentukan kapan saatnya Anda perlu diingatkan, isi angka 1-99% di sebelah kolom tulisan “Warn me Over” (ingatkan pada). Sebagai contoh, jika Anda mengisi 90, maka pada saat pemakaian internet mencapai 90% quota (Sekitar 450 MB bila kuotanya 500MB), akan muncul notifikasi yang memperingatkan bahwa kuota hampir tercapai. Bila “Vibrate” dicentang, maka handphone akan bergetar bila sudah mencapai 90% kuota.
  • 6. Anda dapat melakukan pengaturan untuk menonaktifkan internet secara otomatis bila sudah mencapai kuota tertentu. Caranya centang tulisan “Auto-disable Mobile data” (Otomatis matikan 3G) > pilih “Via 3G Watchdog” jika Anda menggunakan Android dengan OS 2.3 keatas, jika menggunakan OS Froyo kebawah, maka harus install aplikasi APNdroid atau JuiceDefender terlebih dahulu > setelah itu cukup isi kolom Anda ingin mematikan koneksi internet setelah mencapai berapa % kuota.
  • 7. Update Frequency merupakan pengaturan seberapa cepat tulisan keterangan penggunaan internet di update. Semakin tinggi frekuensinya, maka akan semakin menguras baterai.
  • 8. Notification icon (Ikon notifikasi) merupakan pengaturan untuk menampilkan ikon 3G Watchdog pada notification panel handphone Android. Pilihannya ada “never visible” (jangan tampilkan), “Always visible” (selalu tampilkan) dan “Visible if 3G active” (tampilkan jika 3G Aktif / akan menampilkan ikon hanya jika koneksi internet aktif). Jika Anda mengatur “Always visible”, maka setiap kali menarik panel notifikasi akan muncul jumlah pemakaian internet seperti gambar dibawah.
    mengetahui pemakaian internet android

    Gambar 3. Informasi Pemakaian Internet pada panel notifikasi

  • 9. Widget merupakan pengaturan tampilan Widget 3G watchdog. Centang data-data yang ingin ditampilkan
  • 10. Language: Pengaturan bahasa interface (antar muka). Bahasa Indonesia didukung pada beberapa menu. Agar penggantian bahasa memiliki efek, Anda harus klik OK lalu restart (dimatikan lalu dinyalakan) handphone Androidnya terlebih dahulu. Week Begins On: pengaturan untuk perhitungan data perminggu dihitung mulai dari hari apa.
  • 11. Pengaturan pada menu Advance: Centang “Increase Priority” untuk mencegah aplikasi 3G watchdog mati secara tiba-tiba saat memori RAM handphone rendah. Centang “Use pre-Froyo traffic counting interface” bila Anda merasa pengukuran penggunaan internet yang ditunjukkan kurang akurat. Bila hasilnya sudah akurat, maka jangan centang tulisan ini.
  • 12. Setelah semuanya sudah diatur, tekan tombol OK yang terletak di bawah layar.

3G Watchdog dapat menampilkan pemakaian internet jika aplikasi tersebut aktif, jadi aplikasi ini tidak dapat mengetahui berapa banyak penggunaan internet sebelum aplikasi ini terinstall. Untuk mengetahui pemakaian internet sebelumnya, silahkan menghubungi layanan pelanggan provider telepon untuk menanyakan caranya. Setelah mengetahuinya, Anda dapat menambahkan pemakaian sebelumnya ke dalam perhitungan pemakaian internet kedepan.

Contoh: Anda mendaftar paket internet 500 MB, lalu saat menginstall 3G Watchdog, pemakaian internet sebelumnya sudah mencapai 100 MB. Untuk memasukkan pemakaian sebelumnya dapat dilakukan dengan cara masuk ke aplikasi > tekan tombol MENU > klik Set Quota Counters..(Atur penghitung Kuota) > Masukkan 100 MB atau jumlah pemakaian internet pada kolom “received” (diterima) > klik Set.

Demikianlah cara mengetahui sisa kuota internet Android



Berlangganan (Free):



Copas emoticon: 😁 😃 😂 😅 😇 😈 😉 😊 😌 😍 😒 😓 😔 😳 😖 😘 😛 😡 😭 😱 😤 😎 👍 🙏

Jika dirasa artikel ini berguna, silahkan di share / dibagikan

Kembali ke atas 🚀

©2009-2017 gadoga.com - V.11.09.7
Disclaimer | Kebijakan Privasi