Cara Ganti Bearing SkateBoard Dengan Mudah

19 Januari 2016 Oleh Ted

Jika anda memiliki skateboard / long board dan merasa bahwa rodanya sudah berjalan tidak begitu lancar atau anda baru saja membeli roda skate tapi belum beserta dengan bearing-nya, maka anda harus melakukan bongkar pasang bearing pada roda skateboard.

Ternyata untuk mengganti bearing (laher) pada roda skateboard (wheels) sangatlah mudah, tidak perlu alat khusus dan bisa dibilang anak SD pun bisa melakukannya

Alat yang diperlukan hanyalah kunci pas untuk membuka mur (lock nut) pada truck.

Tahap 1: Buka Mur (lock nut) Pengikat Roda Skate board

Untuk membuka mur, caranya dengan memutar ke arah kiri (berlawanan arah jarum jam). Kalau skateboard saya yang menggunakan truck merk Slant, locking nut / mur-nya berukuran kunci nomor 13.

Tahap 2: Lepas Satu Buah Bearing

Setelah mur terlepas, keluarkan spacer (semacam ring kecil) dan simpan jangan sampai hilang.

Dalam satu roda skateboard menggunakan dua buah bearing.

Untuk melepas bearing, tarik roda ke atas, tapi jangan sampai roda terlepas. Posisikan roda sampai kira-kira ujung besi dari truck "nyangkut" di salah satu bearing saja.

Setelah itu miringkan roda skateboard ke arah kiri atau kanan. Jadi ujung besi truck digunakan sebagai pencongkel.



Tahap 3: Lepas bearing satunya lagi

Setelah satu bearing terlepas, balik roda skateboard lalu lakukan seperti tahap kedua untuk melepas bearing yang berada di sisi satunya.

Tahap 4: Bersihkan / ganti bearing roda skateboard

Setelah bearing terlepas, bersihkan bearing dari kotoran yang mengganggu. Sebaiknya gunakan cairan khusus pembersih bearing, bisa juga menggunakan citrus oil. Tapi bila tidak ada, bisa menggunakan minyak kayu putih.

Tahap 5: Lumasi / kasih oli bearing

Untuk hal ini juga sebaiknya gunakan oli yang memang diciptakan khusus untuk bearing. Bisa dicari di toko seperti Ace Hardware, dsb. Sekedar saran, untuk bearing yang sudah tua, jangan menggunakan cairan oli seperti WD40, karena kemungkinan di bearing yang sudah tua memiliki sedikit / banyak karat. Kalau disemprot WD 40 yang memiliki kemampuan menghancurkan karat justru akan sekalian "menghancurkan" bearing-nya.

Tahap 6: Pasang kembali bearing Pada Skateboard Wheels.

Untuk memasangnya sangat mudah, tinggal masukkan bearing ke dalam Truck setelah itu masukkan roda skateboard lalu tekan roda ke arah bawah sampai bearing terpasang kuat.

Lakukan hal serupa untuk bearing satunya. Terkadang antara satu bearing dengan yang lain ada semacam pipa penghubung (terletak di tengah-tengah kedua bearing). Jika ada pipa tersebut, jangan lupa untuk dipasang. Karena bearing akan lebih awet dan kuat jika ada pipa di tengahnya.

Tapi jika dari bawaannya tidak ada, maka tidak perlu dipasang.



Tahap 7: Kencangkan mur / locking nut secukupnya

Setelah bearing terpasang dengan baik pada roda skatboard, maka anda tinggal mengencangkan mur pengikat dengan cara memutar ke arah kanan (searah jarum jam). Jangan lupa untuk memasang spacer / ring besi sebelum lock nut.

Mur tidak perlu dipasang sampai kencang sekali, karena kalau dikencangkan justru roda tidak akan berjalan dengan baik.

Yang perlu diperhatikan adalah, anda harus menggunakan jenis locking nut atau mur yang dapat mengunci sendiri. Jangan menggunakan mur biasa karena sangat berbahaya dan bisa terlepas sendiri.

Demikianlah tips cara mengganti laher / bearing pada roda skatboard (wheels). Semoga bermanfaat - salam, gadoga.com




Berlangganan (Free):



Copas emoticon: 😁 😃 😂 😅 😇 😈 😉 😊 😌 😍 😒 😓 😔 😳 😖 😘 😛 😡 😭 😱 😤 😎 👍 🙏

Jika dirasa artikel ini berguna, silahkan di share / dibagikan

Kembali ke atas 🚀

©2009-2017 gadoga.com - GIG17
Disclaimer | Kebijakan Privasi