Cara Mengganti Nomor Kombinasi Gembok Travel TSA002



05 Desember 2016 Oleh Ted

Saya membuat artikel ini biar tidak lupa dan barangkali bisa berguna buat yang lain. Kali ini saya akan membahas bagaimana cara merubah nomor kombinasi dari gembok tas travel dengan kode TSA002.

TSA002 sendiri bukanlah merk gembok ini, jujur saja saya lupa ini merk apa karena sudah lama belinya. Dulu dapat di Ace Hardware. Tapi saya rasa cara dibawah ini bisa digunakan untuk beberapa tipe gembok kombinasi.

Begini caranya:

  1. Saat baru pertama beli, biasanya kode awalnya adalah 000
  2. Putar pengunci ke arah kiri sebanyak 90 derajat, lalu tekan kebawah
  3. Setelah itu -sambil tetap ditekan- ganti nomor kombinasi sesuai yang dimau, misalnya 219 (bebas pilih nomor sendiri)
  4. Lepaskan penguncinya dan selesai, kini nomor kombinasi sudah berganti jadi 219.

Mungkin tidak semua jenis gembok harus diputar ke kiri, ada juga yang perlu diputar ke kanan perhatikan apakah ada lubang yang memungkinkan untuk pengunci bisa ditekan kebawah.

Kalau bingung bisa melihat videonya dibawah:

Sebagai tambahan informasi, gembok ini memiliki logo Travel Sentry. Yaitu logo yang dikenal oleh TSA (singkatan dari Transportation Security Administration) atau petugas pengecekan barang dan tas di bandara yang mengetahui bahwa jika ada gembok dengan logo Travel Sentry, maka mereka dapat membukanya menggunakan alat khusus tanpa merusak gembok tersebut.



Setiap petugas bandar udara di dunia memiliki hak untuk memeriksa dan membuka tas jika dirasa tas tersebut mencurigakan. Kalau kita menggunakan gembok biasa dan ternyata tas kita perlu dibuka, maka petugas akan merusak gembok tersebut. Dan setelah diperiksa, tidak akan digembok lagi alias tas kita yang tadinya digembok jadinya tidak tergembok.

Beda halnya jika kita menggunakan gembok dengan logo Travel Sentry. Petugas akan memiliki kunci khusus untuk dapat membuka gembok kita tanpa merusaknya. Setiap gembok perlu kunci yang berbeda tergantung tipenya. Nah, kode TSA002 itu artinya untuk membuka gembok ini perlu alat (misalnya) nomor 002. Jadi petugasnya sudah tau harus pakai kunci yang mana. Setelah diperiksa, maka petugas akan kembali mengunci tas atau bagasi kita dan gembok tetap utuh.

Demikianlah informasi cara mengganti nomor kombinasi gembok dengan kode TSA002. Semoga bermanfaat





Agar sobat tidak ketinggalan info dan tips berguna lainnya, ikuti media sosial kami (free):

Jika dirasa artikel ini berguna, silahkan di share / dibagikan

©2009-2017 gadoga.com - P13
Disclaimer | Kebijakan Privasi