Cara Mengganti Berbagai Model Tali Jam Tangan


2 Mei 2017 Oleh Ted

Pada artikel kali ini akan diajarkan bagaimana caranya melepas / bongkar pasang tali / kalep / strap jam tangan beberapa model / jenis yang berbeda.


1. Model Pin / Pen Menggunakan Per (Pegas)

Model ini yang paling umum digunakan pada banyak jam tangan atau arloji. Pen / pin besi berguna untuk mengaitkan tali arloji ke badan / case body jam tangan. Di dalam pen terdapat per atau pegas sehingga pin bisa memanjang dan memendek. Silahkan lihat gambar dibawah:



Untuk melepasnya, gunakan obeng minus kecil. Pin ini memiliki semacam "gerigi" yang berguna untuk menyangkutkan ujung obeng minus. Sobat tinggal tekan saja pin kearah bawah sehingga pen memendek dan terlepas. Untuk memasangnya adalah kebalikannya.

Tips:

Beberapa tali jam tangan karet untuk arloji digital ukurannya sangat presisi dan terkadang agak sulit dipasang. Bahkan karena sulit dipasang, ada orang yang mengira tali yang baru dibeli ukurannya tidak pas, padahal sebenarnya karena tidak tahu cara pasangnya saja.

Untuk memasang tali jam tangan yang menggunakan pen per / pegas, kita harus memasukkan satu pin terlebih dahulu ke lubangnya. Setelah masuk, baru masukkan pin satunya lagi dengan cara menekan kebawah. Saat memasukkan pin satunya, saya tidak terlalu memusingkan posisi lubangnya pas atau tidak, saya hanya mendorong sekuat-kuatnya dengan sudut kurang lebih 45 derajat. Biasanya setelah itu langsung masuk ke lubangnya.



Catatan:

1. Pen / Pin ini ukurannya beda-beda, tidak semua sama

2. Untuk pen pegas ini ada beberapa kualitas. Kalau yang bagus terbuat dari bahan stainless steel, lebih tahan karat dan juga biasanya lebih tebal. Kalau yang murah terasa tipis, ringkih dan mudah karatan. Kalau seandainya sobat mau beli pen per, disarankan minta yang bagus.


2. Pen Besi Solid

Untuk yang model kedua adalah model yang paling sering bingung orang. Saya sendiri pernah mengalami kebingungan saat melihat jenis kalep / strap jam tangan model ini. Kalau dilihat dari bawah, tidak terlihat ada pinnya, bahkan dari atas pun tidak terlihat, bahkan terlihat seperti tali arlojinya menyatu dengan case / body jam tangan, seakan-akan tidak bisa dilepas.

Atau terkadang ada yang pakai baut, tapi saat bautnya dilepas, talinya tidak bisa dicopot. Hal ini karena memang pin-nya harus dilepas dulu. Silahkan sobat lihat foto dibawah.



Jika sobat tidak bisa melihat pen dari bawah, lihat dari samping case jam tangan. Kalau terlihat seperti ada titik besi, itu adalah pin besinya. Untuk melepasnya sobat cukup dorong saja dengan besi kecil lainnya sampai pen-nya keluar. Untuk memasangnya tinggal kebalikannya, di dorong lagi sampai pin-nya masuk lagi.

Tips:

Kalau pin besi-nya hilang atau lupa simpan dimana, sobat bisa menggunakan kawat / bisa juga besi dari klip kertas yang ukurannya mirip-mirip dengan pen aslinya. Kalau seandainya tidak terlalu pas, tidak masalah, sobat tinggal lem / rekatkan saja agar besinya tidak keluar-keluar / lepas dari tali jam tangan. Gunakan lem seperti Aica Aibon atau Lem UHU, dan semacamnya (lem yang elastis).

JANGAN gunakan lem super glue, dsb karena cair dan kalau sudah kering keras, sangat rawan merusak case / body jam tangan maupun tali arlojinya. Kasih Lem ke talinya saja ya sobat, jangan ke body jam-nya. Nanti kalau mau ganti tali tinggal di potong / dirusak saja tali yang lama.

3. Model Baut

Kalau tali sobat menggunakan baut, cara bongkarnya ya tinggal di putar saja pakai obeng.

  • Kalau mau melepas / mengendurkan tali jam tangan, putar baut ke arah kiri (berlawanan arah jarum jam).
  • Kalau mengencangkan / memasang tali jam tangan, putar baut ke arah kanan (searah jarum jam berjalan).


4. Lain-Lain

Terkadang ada juga jam tangan / arloji digital maupun analog dengan harga terjangkau yang tidak menggunakan pen model per, model besi solid dan bukan juga model baut yang bisa dibongkar pasang. Tapi mereka menggunakan besi pantek dan seakan-akan tidak bisa dilepas. Untuk contohnya bisa baca artikel berikut: Cara pasang tali jam tangan Fortuner Compass.

Rekomendasi Tempat Penjualan (Beli) Tali Jam Tangan

Dibawah ini adalah dua toko yang menjual tali / strap / kalep / gelang arloji yang gadoga.com rekomendasikan:

Kalau sobat masih bingung, silahkan menonton videonya di atas. Terima kasih sudah mampir

-cara ganti bongkar pasang tali kalep strap karet gelang jam tangan / arloji-



Berlangganan (Free):



Copas emoticon: 😁 😃 😂 😅 😇 😈 😉 😊 😋 😌 😍 😒 😓 😔 😳 😖 😘 😛 😡 😱 😤 😎 👍 🙏

Jika dirasa artikel ini berguna, silahkan di share / dibagikan

Kembali ke atas 🚀

©2009-2017 gadoga.com - GIG17
Disclaimer | Kebijakan Privasi