Cara Ganti Tali Arloji Fortuner C831 Compass



13 Juni 2016 oleh Ted.

Pada saat awal saya membeli jam tangan digital Fortuner Kompas Tipe C831 sekitar dua tahun yang lalu sempat khawatir karena model talinya tidak terlalu umum dan juga sepertinya tidak bisa diganti strap / kalepnya.

Kenapa dulu saya pikir tidak bisa diganti talinya? Karena tidak ada pin yang sepertinya bisa dibuka atau baut yang bisa diputar.

Update: Kalau model jam tangan sobat berbeda dengan seperti dibawah, silahkan klik link berikut ini untuk bongkar pasang tali arloji milik sobat.

Ternyata, sekitar beberapa hari yang lalu, tali jam tangan saya putus



Berhubung saya cukup menyukai jam tangan ini (dan tidak disangka ternyata lumayan awet juga ), akhirnya saya coba lah cari spare paret tali karet untuk Jam Fortuner Compass ini.

Ternyata, tak disangka-sangka ada yang jual (online). Bukan spesifik untuk merk Fortuner sih, tapi ditulis tali jam universal untuk jam merk Q&Q, DIGITEC, SKMEI, TEC, Dll. Saya cuma lihat foto dan spesifikasinya ternyata sama persis!

Kalau saya lihat jam tangan yang dijual secara online memang ada beberapa model yang walaupun bentuk casingnya beda, tapi tali yang digunakan sama atau mirip-mirip.

Setelah talinya saya terima, ternyata ujung penguncinya ada tulisannya: Q&Q. Dalam hati, wah lumayan nih naik kelas Karena di casingnya tidak ada tulisan merk Fortuner, jadi kalau ujungnya ada tulisan Q&Q, orang bisa berpikir kalau jam saya adalah merk Q&Q (padahal bukan )

Catatan: Daya tahan baterai arloji digital ini ternyata cukup baik (mengingat ada fitur kompasnya). Setelah dipakai 2 tahun, minggu kemarin baru diganti baterainya. Baterainya adalah tipe CR2025, sangat mudah didapatkan di toko-toko jam.

Ok, sekarang masuk ke bagian bagaimana cara mengganti tali jam tangan digital Fortuner Kompas C831. Mungkin bisa juga digunakan untuk merk jam tangan lain yang memiliki bentuk kalep karet dan pin yang mirip-mirip.

Ternyata tidak sesulit yang saya bayangkan. Saya berikan gambarnya dulu baru nanti dijelaskan prosedurnya dibawah.



1. Potong Ujung Tali Menggunakan Cutter

Menggunakan cutter, potong / kupas ujung tali jam tangan agar bisa terlihat besi pin

2. Lepas Pin Besi Menggunakan Tang

Menggunakan tang untuk menjepit ujung kiri kanan pin, tarik sampai pin besi terlepas. Jam tangan ini tidak menggunakan pin berulir, jadi langsung tarik dengan cara diputar kiri kanan.

3. Lem Ujung Pin Menggunakan Lem UHU / Aica Aibon

Untuk memasangnya tinggal lakukan prosedur kebalikannya lalu lem ujung pinnya mennggunakan lem UHU, Aica Aibon, Castol atau yang sejenis lainnya. Ada kemungkinan sobat harus memotong karet di ujung talinya kalau pin kurang panjang / ujungnya tidak nongol.

Catatan Penting: JANGAN gunakan lem cair (misalnya super glue / power glue / lem korea). Karena lem ini sifatnya keras, cepat kering dan karena cair bisa meleber kemana-mana yang bisa merusak case atau tali jam tangan. Dengan Menggunakan Lem UHU atau yang sejenis, jika ada kelebihan lem bisa dibersihkan dengan mudah karena tidak langsung kering.

Selesai



Demikianlah informasi cara mengganti tali jam tangan Fortuner C831 Compass. Semoga bermanfaat . Salam - gadoga.com

Artikel terkait: ☀ Cara Kalibrasi Arloji Fortuner Kompas C831



Berlangganan (Free):



Copas emoticon: 😁 😃 😂 😅 😇 😈 😉 😊 😋 😌 😍 😒 😓 😔 😳 😖 😘 😛 😡 😱 😤 😎 👍 🙏

Jika dirasa artikel ini berguna, silahkan di share / dibagikan

Kembali ke atas 🚀

©2009-2017 gadoga.com - GIG17
Disclaimer | Kebijakan Privasi