Cara Menghilangkan Efek Pelangi Pada Tempered Glass


Tanggal 2 Januari 2018 Oleh Ted


Sebelum sobat meneruskan membaca artikel ini, saya akan sebutkan tiga hal diawal:

Pertama, kalau sobat sudah memasang temper glass warna, maka sobat tidak bisa melepasnya tanpa merusak temper glass itu. Jadi tutorial ini hanya berlaku untuk tempered glass yang masih baru atau belum dipasang.

Kedua, tergantung dari kualitas temper glass yang digunakan, tips di artikel ini bisa saja tidak berfungsi atau hanya befungsi sedikit saja. Tapi paling tidak bisa mengurangi efek pelangi.

Ketiga, kalau sobat salah melakukan prosedur di artikel ini, bisa saja akan membuat tempered glass yang baru sobat beli jadi rusak. Jadi lakukan jika sobat sudah siap dengan resikonya.

Di artikel ini kami akan ajarkan cara menghilangkan atau setidaknya mengurangi efek pelangi (Rainbow Effect) di tempered glass. Biasanya yang mengalami efek pelangi adalah temper glass berwarna atau yang memiliki sudut melengkung (curved) yang biasa disebut 2.5D & 3D.

Alasan kenapa hal bisa terjadi di temper glass warna adalah karena pada tempered glass warna, bagian yang warna bening atau transparan itu sebenarnya tidak menempel ke layar handphone. Yang nempel ke layar ponsel itu hanya bagian-bagian di pinggir-pinggirnya saja.

Hal ini menyebabkan di bagian tengah atau bagian transparannya terdapat celah yang sangat-sangat tipis yang menyebabkan terciptanya refleksi atau efek pelangi.

Istilah ilmiah untuk efek pelangi atau rainbow effect ini adalah newton rings. Tercipta karena refleksi antar dua bidang yang sangat berdekatan. Info lebih lengkap tentang newton rings sobat bisa baca di Wikipedia.

Untuk mengatasi hal ini, kita akan memperbesar jarak celah agar tidak terjadi efek pelangi dengan menambahkan double tape atau isolasi bolak balik.

Pada tempered glass bawaan sebenarnya sudah ada semacam double tape tapi tipis. Sekarang kita akan ganti pakai yang lebih tebal.

Pertama-tama kita akan hilangkan lem double tape bawaanya. Bisa pakai minyak kayu putih, bisa juga pakai aseton atau kalau saya cukup pakai cairan pencuci piring. Hanya saja kalau pakai cairan pencuci piring, proses menghilangkan lem-nya akan cukup makan waktu.

Sebenarnya kita tidak perlu hilangkan lem bawaannya juga tidak masalah, hanya saja saya menyarankan kita lakukan hal ini karena kalau sobat tidak menghilangkan lem bawaannya, akan sangat-sangat sulit untuk melepaskan tempered glass warna. Sedangkan kalau kita hilangkan lem bawaan dan menggantinya dengan double tape kertas, kita akan mendapatkan keuntungan selain dapat menghilangkan efek pelangi, tapi selain itu juga kita akan lebih mudah untuk lepas pasang tempered glass tanpa perlu merusaknya.

Satu hal yang pasti, jangan gunakan benda tajam untuk menghilangkan bekas lem, karena bisa bikin lecet temper glass. Setelah lem bawaan sudah kita hilangkan, sekarang kita bisa pasang double tape kertas. Sobat bisa beli di toko buku terdekat. Kita pasang di sekeliling-nya lalu setelah itu tinggal dirapihkan pakai gunting.



Setelah itu tinggal kita pasang tempered glass-nya. Lakukan prosedur seperti biasa. Untuk respon sentuhannya masih terasa cukup responsif walaupun kita gunakan double tape yang lebih tebal. Kalau sobat masih bingung bisa menonton videonya dibawah ini:


Demikianlah informasi mengenai cara menghilangkan / mengurangi efek pelangi / rainbow effect pada tempered glass berwarna. Semoga berguna




Berlangganan (Free):



Copas emoticon: 😁 😃 😂 😅 😇 😈 😉 😊 😌 😍 😒 😓 😔 😳 😖 😘 😛 😡 😭 😱 😤 😎 👍 🙏

Jika dirasa artikel ini berguna, silahkan di share / dibagikan

Kembali ke atas 🚀

©2009-2017 gadoga.com - V.11.09.7
Disclaimer | Kebijakan Privasi